Jumat, 11 Januari 2019

Review Anime Movie Sen to Chihiro no Kamikakushi : Spirited Away - Isekai Yang Sesungguhnya


Review Anime Movie Spirited Away


 Yo salam ketemu lagi dengan saya anmey21, di kesempatan kali ini saya tetap bakalan review anime move, dan kali ini adalah Sen to Chihiro no Kamikakushi atau bahasa Inggrisnya Spirited Away. Anime ini bikinan studio Ghibli, entah mengapa saya lagi hype banget sama anime anime bikinan Ghibli.

 Setelah kemarin saya sudah singgung tentang anime ini, yang harus saya tonton belakangan karena kemarein saya nonton anime how'l moving castle dulu, jujur ini anime ini paling terkenal dari pada anime lain bikinan studio Ghibli sendiri, jadi mungkin sudah gak asing lagi di telinga kamu semuanya, ok kita langsung saja mereview anime nya.

Alternative : English
Titles. : Spirited Away
Synonyms : Sen and Chihiro's Spiriting Away
Japanese. : 千と千尋の神隠し
Type : Movie
Episodes : 1
Status : Finished Airing
Aired : Jul 20, 2001
Producers : Toho
Licensors : Walt Disney Studios, GKIDS
Studios : Studio Ghibli
Source : Original
Genres : Adventure, Supernatural, Drama
Duration : 2 hr. 5 min.
Rating : PG - Children

 Menceritakan chihiro anak perempuan berumur 10 tahun yg harus pindah daerah dari rumahnya dulu, ketika dalam perjalanan pindah ke rumah barunya chihiro dan kedua orang tuanya tidak sengaja melewati sebuah terowongan yang cukup seram. Seketika kedua orang tuanya langsung ingin memeriksa terowongan tersebut karena mungkin terowongan itu adalah jalan menembus rumah baru mereka.

 Namun dalam hati chihiro merasakan hawa takut, awalnya dia menolak untuk ikut namun pada akhirnya dia ikut juga, setelah sampai di ujung terowongan mereka menemukan sebuah pemandangan yang sangat indah dan seperti tempat pariwisata yang di tinggalkan.

 Kedua orang tuanya masuk terlalu dalam dan menemukan makanan yang enak karena mereka sudah lapar akhirnya mereka memakan makan itu, namun chihiro takut dan tidak memakannya, hari pun mulai gelap dan chihiro bertemu dengan seorang pemuda bernama Haku yang ternyata tinggal di situ dan menyuruh chihiro untuk pergi dari situ.


 Mahluk mahluk aneh pun bermunculan seketika chihiro panik dan langsung menghampiri kedua orang tuanya, namun ternyata kedua orang tuanya telah menjadi seekor babi.


 Tempat apa sebenarnya di situ, mahluk apa yang ada di situ, dan bagaimana chihiro dapat menyelamatkan kedua orang tuanya dari kutukan? Dan apakah chihiro akan selamat? kamu akan tahu setelah menonton anime ini.

" Tema Isekai Yang Imajinatif "



  Anime ini mengangkat tentang tema Isekai atau masuk ke dunia lain, yang tema kayak gini lagi favorit anime sekarang untuk di jadikan dasar cerita, namun anime ini berbeda dengan cerita Isekai sekarang, mungkin bisa di katakan kalau ini adalah cikal bakal sebuah anime isekai.

 Ketika anime sekarang selalu mengangkat masuk ke dunia game tapi disini kita benar benar masuk kedua lain yang luar biasa Imajinatif dan gak pernah saya bayangkan sebelumnya, bakalan ada sebuah anime dengan cerita seperti ini.

 Kenapa saya sebut imajinatif ? Karena dunianya yang begitu indah dan para karakter yang begitu unik.  Lupakan sejenak mahluk seperti goblin, elf, monster raksasa dan lain-lain. Disini kita di suguhkan dengan penampilan mahluk-mahluk unik dan aneh, seperti mahluk halus kaonashi Atau mahluk tanpa wajah, tak lupa pula sang penyihir yubaba dan anaknya yang begitu unik.


 Walaupun cerita berfokus ke karakter chihiro yang harus mengalamatkan kedua orang tuanya dan pergi untuk kembali ke dunia asalnya, di kemas dengan baik, perpindahan alur cerita begitu halus dan sangat enak untuk di ikutin. Dengan durasi yang hanya 2 jam semuanya di kumpulan dan di rangkum dengan rapi tanpa adanya cerita yang gak penting masuk ke dalam cerita anime ini.

" Para Karakter Yang Punya Peran Masing Masing "



 Entah memang ciri khas dari studio Ghibli disengaja atau tidak, kalau setiap karakter di anime garapan mereka selalu saja terasa hidup dan punya peran penting, tak terkecuali di anime ini. Semua begitu penting dari mahluk yang kecil sepeti semut memiliki peran yang sangat penting di anime ini, satu kata luar biasa.


 Satu karakter yang benar benar tak terduga adalah mahluk halus tanpa wajah, yang awalnya hanya diam diam saja. Ternyata memiliki dampak yang cukup besar dalam cerita anime ini, tapi sayang chemistry antara Chihiro dan Haku sedikit kurang ngena namun tetap saja bisa di nikmati dengan enak.

" Art Punya Ciri Khas Sendiri "



 Studio Ghibli udah gak usah di tanya lagi soal art nya yang punya khas sendiri, tapi saya akui Desain yang ada di anime ini benar benar mantap, enak di pandang, pewarnaan yang gak berlebihan namun warna warni.


 Desain makhluk mahluk nya pun tetap unik dan menarik, pemandangan nya juga khas banget, saya yakin kalau saya tunjukkan ke orang yang belum pernah menonton anime ini. Mereka akan bilang kalau anime ini tuh rilisan berkisar tahun 2015 sampai 2018, karena memang anime movie ini seperti bukan rilisan di tahun 2001.

" Musik mantap "



 Untuk openingnya berjudul "Day of the River/Ano hi no kawa" by Joe Hisaishi. Lagu yang mengalun indah begitu syahdu terdengar di telinga saya

 Untuk endingnya dengan judul Itsumo Nando demo (Always with Me)" by Yumi Kimura mungkin alunan instrumen nya terdengar seperti lagu Jepang jadul namun tetap asyik terdengar. Tak lupa backsound/BGM nya yang selalu hadir di momen yang pas, dari senang, sedih, gusar, galau , hingga tegang semuanya mengalun dengan sangat pas.

" kesimpulan "



 Sen to Chihiro no Kamikakushi adalah anime yang wajib di tonton bagi penyuka anime generasi dulu atau pun sekarang, dengan cerita yang mengalir lembut dan halus. Apalagi penuh dengan Imajinasi dan makhluk-makhluk yang unik selalu hadir di anime movie garapan studio Ghibli ini.


 Tak lupa para latar belakang karakter  yang dikembangkan dengan baik dan tanpa ada yang di abaikan, membuat anime ini begitu hidup. Namun sayang chemistry antar couple karakter utamanya yang terjadi kurang nendang bagi saya pribadi.

Ok sepertinya cukup sekian review kali ini dan sampai ketemu lagi di review saya berikutnya salam 21 ^_^  .

+ Kelebihan



+ Art yang ciri khas Ghibli banget
+ Cerita yang mengalir lembut
+ Isekai yang imajinatif
+ Para karakter yang dibangun latar belakangnya dengan baik
+ Anime lama tapi sekilas seperti anime baru
+ BGM Atau musik latar belakang yang memukau

- Kekurangan



- Chemistry yang kurang nendang

"Cocok Untuk"



Para menikmati anime yang gak pilih-pilih

" Tidak Cocok Untuk "



Generasi penggemar anime SAO atau Re:Zero Garis keras

Ditulis Oleh Anmey21

Diedit dan Dipublikasikan oleh Sai Tada

Next

Related