Selasa, 27 Agustus 2019

Review Anime Movie Omoide No Marnie - saling memahami dengan cara yang tidak biasa


Review Anime Omoide No Marnie

 Dari beberapa anime movie ghibli yang sebelumnya sudah saya tonton dan ulas sebelumnya.

 Mungkin film anime jepang yang berjudul omoide no marnie merupakan salah satu karya terbarunya studio ghibli.

 Tayang pada tahun 2014 lalu, dengan durasi 1 jam 43 menit. Lantas apa yang dapat dikisahkan dalam anime ini. ?

 Secara ringkas, omoide no marnie berkisah tentang gadis benama sasaki anna. Berumur 12 tahun.

 Namun nasibnya tidak beruntung karena ia menderita asma.

 Lalu orang tuanya menyarankan tinggal bersama bibinya di sebuah desa di tepi laut. hal itu atas rekomendasi dokter untuk kesehatan nya.

 Anna yang dibesarkan dari orangtua angkat dan keadaan kesehatan nya tidak baik membuat ia merasa tertekan dan depresi.

 Ditambah lagi ia sulit menerima kebaikan dan kasih sayang orang lain telah membuatnya tidak menyukai keberadaan orang sekitarnya.

 Tapi, semuanya mulai berubah ketika anna mulai tertarik dengan sebuah rumah villa dalam keadaan kosong bergaya ala eropa tepat di tepi laut.

 Rumah yang baru ia lihat namun kesan dalam hatinya sudah bukan hal yang asing.

 Dan kedatangan anna di rumah tua ditinggal pemiliknya secara tak terduga mempertemukan nya dengan gadis sebaya bernama marnie.

 Tanpa waktu lama keduanya ditakdirkan bertemu memiliki sebuah hubungan spesial yang sulit dijelaskan.

First Impression: kesal 

 Entah mengapa, saya merasa cukup kesal dengan impressi dari anime ini. Dimana kesan awal kita sudah disuguhkan dengan dilema karakter utama yang terkesan tertutup orang lain.

 Disayangi orangtuanya acuh tak acuh, diperhatikan teman nya malah gak peduli. Dimana anna merasa orang paling tidak beruntung.

 Apalagi ia menyalahkan nasib kepada orangtua kandungnya, mengapa ia ditinggal sendiri hidup di dunia yang tak ia kehendaki.

 Disini siapapun yang menyaksikan akan serba bingung dengan apa yang dirasakan oleh anna. Karena masalah internal.

 Belum lagi ditambah dengan penyakit asmanya sukses menarik simpati. Dan itu membuat saya merasakan 2 hal terhadap anna.

 Antara kesal namun disisi lain turut prihatin.


Petualangan 

 Mulai asyik omoide no marnie ini ketika film nya masuk pada bagian si anna sementara waktu di kampung saudara ibu angkatnya untuk kepentingan kesehatan pernafasan anna yang butuh udara segar.

 Kalau dilihat sekilas sudah ketahuan si anna ini kelihatan tomboy, apalagi dia sifatnya tidak bisa diam dan betah di rumah bibinya yang ia kunjungi.

 Tapi dari perjalanan inilah. Ia secara tak terduga ke tepian pantai dan sekilas melihat rumah tua. Namun hal itu membuatnya terpaku dalam memandang dan rasanya anna tidak merasa asing dengan sebuah rumah tua yang baru ia lihat.

 Sesuatu dari alam bawah sadarnya seakan mengatakan di dalam rumah itu ada bagian kenangan yang sulit saja diterangkan secara logis.

Marnie

 Saya pikir. Dulu film anime ini menggunakan nama karakter utamanya yang membawakan cerita awalnya. Seperti film ghibli yang berjudul kaguya hime no monogatari.

 Namun, tampaknya saya keliru. Ternyata yang bernama marnie ini dapat dipastikan adalah karakter kuncinya ( salah satu karakter utama juga, namun peran nya penting untuk perkembangan anna selaku karakter utama itu sendiri ).

 Dimana peran marnie menentukan sikap dan tindakan anna sewaktu ia berada di desa tepian laut tersebut.

 Walaupun pada awalnya anna hanya tertarik pada karya gambarnya. Dan mengacuhkan beberapa orang dan teman sekitar yang membuatnya tak nyaman.

 Namun semenjak kenal marnie. Anna tanpa sadar telah ditarik dari kehidupan monoton nya. Dan menjalani hal-hal baru yang belum pernah alami sebelumnya.
 
 Dan itu lambat laun membuat gadis berambut pendek tersebut mendapat sebuah inspirasi dari orang yang baru ia kenal.

Persahabatan

 Kalau umumnya setelah seseorang kenalan dan lumrah menjadi teman.

 Tapi yang menarik. Kedekatan anna dan marnie yang jumpa secara tak terduga telah melompati 1 tahap menjadi sahabat.

 Bukan hanya tentang cara memahami satu sama lain. Namun lebih dalam soal itu.

 Dimana seakan sebuah ikatan misterius telah menjadi satu bagian tubuh.

 Jika ada bagian tubuh yang sakit. Maka bagian tubuh lainya akan melemah dan kemungkinan akan sakit juga.

 Kata-kata ini dapat digambarkan jelas dan dirasakan betul bagi mereka yang punya hubungan kuat. Seperti sahabat sejati hingga keluarga.

 Dan tampaknya sebuah ikatan 2 gadis ini jika dilihat secara keseluruhan telah melampaui batas ruang dimensi, zaman, dan waktu yang berbeda.

Baca Juga: Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik

 Bukan anime movie ghibli namanya,kalau omoide no marnie dengan cerita seperti ini tidak menuntut unsur fantasy kepada penonton nya.

 Dimana penonton didesak untuk berimajinasi liar tentang hubungan keduanya.

 Disisi lain, kehidupan dalam dunianya anna sangat realistis banget. Namun disisi lain dalam diri anna. Seakan ia memiliki kekuatan mistis khusus dan kedekatan nya dengan marnie bukanlah sosok yang sembarangan.

 Seakan anna telah melihat sisi lain dari sebuah dunia yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Dan itu tentu saja akan terasa ghaib hingga misterius.

Masalah

 Semua tindakan sudah dapat dipastikan akan menimbulkan dampak, dan tampaknya kedekatan anna dengan marnie sebagai orang spesialnya.

 Telah mengantarkan nya dalam berbagai masalah. Hal ini yang dibuat kewalahan mungkin paman dan bibinya karena beberapa kali anna mengalami kejadian aneh.

 Tapi masalah-masalah itu pada akhirnya teratasi walaupun akan terdapat banyak kejanggalan di dalamnya. dan tentunya membawa beberapa hal positif kepada anna.

Jati diri

 Untuk bagian klimaksnya. Tampaknya anime ini akan membuka bagian misterinya secara perlahan. Namun tetap terasa emosional.

 Dimana kedekatan anna dan marnie akan dimengerti penonton nya di bagian akhir.

 Yang dapat saya tarik kesimpulan nya adalah tentang jati diri. Dimana anna yang seakan kehilangan jati dirinya. Dan tidak berusaha mengenal lebih dalam tentang identitas dirinya sendiri.

 Kehadiran marnie menjadi kunci utama yang membuat anna menemukan jati dirinya. Memahami dan menerima nasib dan kehidupan yang ia jalani. Serta memberi kepercayaan diri.

 Dan semenjak itu. Anna mulai membangun kepercayaan diri. secara tidak langsung, sebelumnya ia rasakan dari marnie dan bagaimana perjalanan hidupnya.

Penutup

 Yup. Omoide no marnie merupakan animasi terbaru dari studio ghibli yang tayang tahun 2014 lalu.

 Sekaligus menjadi anime movie terakhir yang menjadi penutup dimana studio ghibli menyatakan berhenti sementara dalam dunia animasi. ( kok sedih rasanya ya, padahal dikatakan sementara tentu suatu saat studio ini kembali berkarya).

 Oh iya kelupaan. Bisa saya katakan anime ini feel nya sama ketika menonton film karya ghibli lainya seperti omoide poroporo dan film anime diluar garapan ghibli seperti mirai no mirai karya mamoru hosoda.

 Oke. Mungkin kamu akan menarik kesimpulan dari anime ini. Kalau ceritanya tentang pertemanan 2 orang gadis yang dipertemukan dengan cara yang tidak biasa.

Baca Juga: Inilah Perbedaan antara Theme song, Insert song, dan Original Soundtrack/Backsound di dalam Anime

 Dan dengan alasan tersebut apakah sudah cukup untuk menarik minat kamu untuk menonton nya.

 Dan semua itu kembali ke selera masing-masing. ^_^ .

Next

Related