Rabu, 13 Mei 2020

Inilah Dampak Positif Dan Negatif Setelah Nonton Banyak Anime


Inilah Dampak Positif Dan Negatif Setelah Nonton Banyak Anime

dalam melakukan hal apapun, dalam kegiatan di dunia ini,tentu semua itu ada dampaknya

dan dampak ini dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu dampak positif dan dampak negatif.

termasuk juga anime tidak dapat dikecualikan, dimana anime baik secara sadar atau tidak para penonton nya akan merasakan dampak dari hobinya sendiri baik cepat atau lambat.

karena itu, dalam kesempatan kali ini mimin sengaja mau membuat artikel yang membahas tentang kedua dampak ini, dimana sebagian saya ambil dari referensi luar, dan sebagian lainya saya tuliskan atas ide sendiri.

dan YUP inilah kedua dampak tersebut, dimulai dari:


Dampak Positif Nonton Anime



 

 
01.Buang Sampah Pada tempatnya



sudah bukan hal yang mengherankan bagi para anime lovers, jika berbicara mengapa jepang bisa bersih dan bebas sampah berserakan.

dan ini memicu semangat positif untuk para penonton nya sadar akan budaya kebersihan dan pentingnya jangan buang sampah sembarangan.

dan jika ini dilakukan setiap orang di negeri kita, terutama yang tinggal di kota-kota, saya yakin indonesia bisa terlihat maju 10-20 tahun dari keadaan yang sekarang.


02.tertib lalu lintas



apakah kamu merasa aneh, ketika melihat sebuah anime yang memperlihatkan mobil berhenti di lampu merah. tapi jalur dalam keadaan kosong.

mengapa hal itu terjadi ? yah karena budaya mereka memang tertib lalu lintas, gak perduli jalanan padat atau kosong sekalipun, kalau lampu merah ya berhenti, dan lampu hijau baru jalan.

padahal setiap menit bagi orang jepang sangat berharga, namun mereka tetap tertib di jalan apapun yang terjadi.

namun bukan sekedar pengendara roda 2 dan roda 4 semata, karena pejalan kaki yang hendak nyeberang juga tertib menyeberang pada tempatnya.

untuk di persimpangan lampu merah mereka akan jalan ketika mendapat lampu hijau untuk pejalan kaki, begitu juga sebaliknya.

apalagi disana pengguna jalan kaki dimanjakan dengan trotoar lebar, anti-rusak, anti-becek, ada JPO, ada lampu merah khusus penyeberang jalan, jalur khusus sepeda dan lainya.

dan andaikan setiap pengendara jalan raya di negeri ini tertib lalu lintas, saya yakin indonesia akan terlihat maju 10-20 tahun dari keadaan yang sekarang.


03.Belajar Arti kerja keras dan mandiri



terkhusus untuk anime shounen yang terdapat kompetisi di dalamnya dan anime tentang pekerjaan, kamu akan mendapatkan pesan moral berupa motivasi untuk melakukan yang terbaik, ingin melakukan kerja keras, kemandirian, dalam bidang apapun sesuai minat masing-masing.

lalu beberapa anime lainya juga mengajarkan penonton nya untuk jangan mudah putus asa, semangat berjuang dan segera bangkit dari kegagalan.

kalau nonton animenya dan terinspirasi dalam cerita anime tersebut tampaknya mudah yah, padahal kalau mengalami sendiri tentu begitu sulit.

tapi saran saya, ingatlah kembali perjuangan karakter utama anime yang membuat kamu merasa termotivasi dikala mengalami putus asa, semoga itu mengembalikan motivasi yang sempat hilang.


04.memahami perbedaan & mempererat rasa persahabatan



banyak kok anime yang mengisahkan keren nya sebuah persahabatan, dan anime dimana setiap karakternya memahami baik kelebihan maupun kekurangan rekan-rekan nya.

banyak anime yang mengajarkan manisnya sebuah persahabatan dari anime school dan kamu gak akan kesulitan kok untuk menemukan anime sejenis ini.


05.Berimajinasi



kadang, apakah kamu pernah merasa berimajinasi untuk membuat cerita fiksi sendiri, baik itu terinspirasi dari anime favorit masing-masing, atau mengembangkan ceritanya sendiri setelah nonton beberapa anime seru.

ditambah memiliki minat untuk merealisasikan karyanya ke dalam media cetak, mulai dari novel, komik hingga mungkin saja animasi. atau tidak menutup kemungkinan untuk menjadi seorang animator.

jika iya, tidak ada salahnya untuk mengembangkan konten kreatif tersebut dan mewujudkan nya menjadi sebuah karya.

memang untuk mewujudkan nya gak mudah, namun jika kamu sudah memiliki tekad bulat dan sifat pantang menyerah apapun yang terjadi.

maka yakinlah sebuah perjuangan berbanding lurus dengan hasil yang didapat, atau bahasa keren nya usaha tidak akan mengkhianati hasil yang didapat, selama kerja keras dan sungguh-sungguh.


06.Disiplin



bagi orang jepang, waktu adalah suatu aset yang sangat bernilai dan tidak akan kembali diputar ulang.

jadi mereka tidak mau membuang-buang waktunya hanya untuk berpangku tangan, malas-malasan dan pengangguran.

apalagi menyangkut sebuah jadwal masuk kerja, pulang kerja, keberangkatan bus, kereta, pesawat. semuanya serba tepat waktu.

telat 1 menit saja sudah dikatakan terlambat, yah memang inilah fakta mengenai negeri sakura.

karena itu, di anime banyak sekali kegiatan-kegiatan disiplin yang sebenarnya tidak sulit kita temukan, dan tinggal mempraktikkan nya saja yang mungkin butuh latihan-latihan khusus.


Dampak Negatif Nonton Anime



 
01.Mengkhayal



mungkin, ini merupakan versi kebalikan nya imajinasi.

dimana biasanya mengkhayal ini untuk tingkat pecinta anime yang terlalu akut, terutama anime action.

dimana mereka yang mendambakan seorang MC yang memiliki kekuatan super, dan khayalan ini akan ada dalam kepala penonton animenya.

dan yang lebih parah akan dipraktikkan segala gerak-gerik dan aksi karakter favoritnya dalam kehidupan nyata, jika ini terjadi maka orang tersebut terkena Chuunibyou ( sindrom kelas 8 ).

bahkan ada anime tertentu yang ceritanya seputar chuunibyou ini.


02.Menjadi Mager, anti-sosial, No life ( Nolep )



jujur saja, apakah kamu menjadi malas gerak keluar rumah setelah sering menonton anime yang seru-seru.

sanggup di depan layar smartphone dan di depan PC selama berjam-jam nonton anime tanpa melakukan kegiatan lain.

apapun yang sifatnya berlebihan itu memang tidak baik, termasuk juga nonton anime.

belum lagi gegara anime dalam beberapa kasus ada juga yang menjadi anti-sosial dengan orang sekitarnya . dan memilih menjadi karakter individual.

dan yang paling parahnya no life ( nolep ). dimana kaum ini betah di dalam kamar rumah selama mungkin, kecuali untuk keperluan mendesak.

karena bagi mereka pecinta anime akut, No Anime No Life.

untuk mager, saya sempat berfikir demikian, namun saya sadar kalau hidup ini realita, dan anime hanyalah sebuah cerita fiksi belaka. jadi dari awal saya sudah pasang pembatas diri.

jadi saran saya untuk kamu semuanya bijaklah dalam menentukan sikap, dan lakukan sesuatu hal yang sedang-sedang saja, jangan berlebihan atas sesuatu, walaupun kita menyukai kegiatan tersebut begitu dalam.


03.Jones



jadi, adakah diantara kamu yang setiap 3 bulan sekali ganti waifu karakter heroine atau MC impian nya.

atau ada karakter anime lama yang menjadi koleksi waifu atau husbando abadi.

jika iya, maka kemungkinan sebagian besar diantaranya adalah JONES ( wah ini kasusnya menceritakan tentang mimin sendiri ).

dimana kita akan mendambakan karakter cewek atau cowok yang kita idam-idamkan berharap mereka ada di kehidupan nyata, istilahnya calon pasangan yang ideal.

namun anime dan kehidupan realita itu berbeda, jadi untuk kamu yang memiliki ekspektasi tinggi berharap memiliki pacar seperti karakter favoritnya di dunia nyata.

maka mulai dari sekarang hal tersebut dihilangkan secara perlahan atau Nasib jones abadi akan menghantui.

suka sebuah karakter sah-sah saja, namun jangan jadikan itu sebagai patokan untuk memilih seorang pacar, karena pasangan di dunia nyata kamu tidak mungkin akan sama dengan karakter kesukaan di anime.

contohnya kamu memiliki 50 karakter cewek idaman di dalam anime, tentu 50 sifat karakter cewek tadi gak semuanya ada di dalam diri 1 orang calon gebetan.


04.Ketergantungan



ada kalanya kita harus menyudahi menonton anime, dan fokus kepada hal lain.

dimana banyak faktor untuk hal ini, biasanya kaum remaja hingga dewasa mulai meninggalkan anime ketika sudah menikah.

namun ada juga yang masih menyukai anime secara akut di usia 30 tahunan lebih. ingin berhenti namun akhirnya nonton anime lagi dan lagi.

untuk hal ini, saya juga bingung mau kasih solusinya apaan, dan mungkin mengurangi jumlah tontonan anime dan fokus kepada hal lain yang dikira penting bisa menjadi obat dari sebuat ketergantungan.


05.Terjebak Harem, Terjerat Berbau Ecchi, hingga Terjerumus Ke "H"



untuk harem ini masih ada kaitan nya dengan jones dan mengkhayal, dimana 2 hal ini saling terhubung dengan harem.

namun 1 fakta realita yang mesti saya katakan: kalau harem di dunia nyata itu gak ada.

apalagi cowok indonesia mengharapkan hidupnya terjebak harem itu Bullshit, walaupun ia tajir sekalipun.

karena tipe cewek lokal kita yang mesti dikejar bukan cewek yang mengejar cowok.

beda dengan anime romance, dimana yang ngejar kebanyakan cewek atau heroine nya.

lalu belum lagi terjerat berbau ecchi dan terjerumus ke "H". dimana saya yakin hampir semua pernah masuk lembah berbahaya ini.

dan saya tampaknya tidak bisa memberikan solusi jitu untuk 2 hal ini, kesadaran diri masing-masing mungkin bisa menjadi solusi yang bisa diterapkan.


06.Sering Khilaf



mungkin, untuk dampak negatif ini berlaku untuk yang lebih sekedar nonton anime.

terutama bagi mereka yang suka membaca manga, atau LN, VN, merchandise, hingga BD anime. dimana anime lovers satu ini terinspirasi beli barang-barang tersebut setelah nonton anime-anime tertentu.

apalagi belinya barang-barang ori import dari jepang. YUP bisa dipastikan uang belanja barang tersebut bikin kantong jebol.

atau bisa saja khilaf ke sebuah event otaku untuk beli beberapa merchandise, atau ke sebuah toko buku untuk membeli komik ataupun novel ringan.

namun ketika terlena disana, maka kekhilafan pun terjadi, awalanya hanya beli beberapa, dan akhirnya pulang membawa barang yang tidak terduga untuk dibeli.

kalau uang atau penghasilan kamu sekalian lebih dari cukup untuk pengeluaran buat beli barang-barang tersebut, tentu bukanlah masalah.

namun situasi genting terjadi kalau penghasilan dan pengeluaran buat beli barang favorit tidak sesuai hingga berat sebelah.

karena penghasilan dari uang bekerja itu terbatas, namun keinginan itu tak ada habisnya, jangan karena khilaf, kebutuhan dasar hingga kebutuhan hidup lainya tidak terabaikan.



Penutup:



jadi, inilah pembahasan dari saya mengenai dampak positif hingga negatif dari nonton anime.

sebagai sesama penyuka anime, tentu dengan menonton nya akan terasa menyenangkan.

namun disisi lain, dampak buruk sedikit banyaknya akan menghantui kita sesama anime lovers.

mungkin saran dari saya bijaklah dalam mengambil sikap, ambil manfaat positifnya dan semaksimal mungkin untuk menjauhi dampak negatifnya.

dan yang terakhir manfaatkan juga waktu berharga lainya untuk kehidupan nyata selain cuma nonton anime.

karena pada dasarnya kita ini bernyawa, dan anime hanyalah sebuah cerita fiksi.

dan jadikan anime sebuah hiburan, bukan sebuah kebutuhan. ^_^.

Next

Related