Jumat, 01 Mei 2020

Perbedaan Antara Theme Song, OST, Insert Song, Dan Backsound Anime

Perbedaan Antara Theme Song, OST, Insert Song, Dan Backsound Anime


 Sudah lama saya sebenarnya punya ide mengenai hal ini, dimana dalam pemikiran saya untuk sesegera mungkin untuk membahas antara Theme Song, OST, insert song dan Backsound.

 Dimana tidak jarang beberapa anime lovers yang keliru dalam pengartian nya, dimana biasanya menyebut theme song anime malah disebut OST.

 Dan karena itulah. dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi info untuk menjelaskan perbedaan mulai dari theme song, ost, insert song dan backsound.

 Baca Juga : Review Anime Hinamatsuri

 Dimana peran setiap jenis iringan musik ini berbeda-beda, dan tentunya akan memberikan feel yang berbeda pula.

 Dan saya disini sengaja menggunakan sample nya dari kimi no nawa, karena saya yakin sudah pada banyak yang nonton, dan yup langsung saja dimulai pembahasan yang pertama:

01.Theme Song

 Ini merupakan lagu yang umum dalam sebuah anime, dan hampir semua anime punya theme song. dimana hadir dalam pembuka sebuah anime, bisa setiap 12 episode ganti, dan beberapa anime bahkan hingga 24 episode baru mengganti lagu temanya. ( hampir semua disertai AMV ).

 Tapi tidak sedikit pula anime yang menggunakan lagu theme song lebih dari satu, baik opening maupun ending ( dalam beberapa kasus yang paling sering lagu tema lebih dari 1 ialah ending song ).

 Dan lagu tema lebih dari 1 pun hadir bisa secara acak: contohnya seperti lagu pembuka terra formars revenge.

 Tapi contoh yang saya cantumkan disini adalah lagunya theme song kimi no nawa :

Yume Tourou by RADWIMPS (opening)
 
Nandemonaiya by RADWIMPS (ending)
02.OST ( original sountrack )

 Pada dasarnya, ost merupakan lagu iringan, baik berupa instrumen lagu berupa suara piano, petikan gitar, iringan biola, suara suling dan lain sebagainya.

 Hadirnya OST ini sangat ampuh menghidupkan suasana ceritanya semakin mudah dipahami penonton nya dari indra pendengaran.

 Baca Juga : Review Anime Movie HAL

 Dan saya yakin, jika kamu sudah paham setiap OST yang familiar didengar, pasti langsung tau OST yang dimaksud berasal dari anime yang mana.

 Oh iya saya hampir lupa, sebenarnya saya pun belum memiliki info mengenai backsound, dan hingga kini saya menganggap Backsound dan OST itu merupakan musik yang sama ( yang punya info lebih bisa kasih tau saya di kolom komentar ).

 Dan contoh nya salah satu OST dari kimi no nawa berjudul Miho's School Attendance/School Road . dimana sountrack ini menggambarkan suasana mitsuha berangkat sekolah dan pemandangan itomori di pagi hari. saya sertakan videonya di bawah.

dan tambahan OST berjudul Itomori High School


03.Insert Song

 Nah, jadi perbedaan theme song dan insert song itu cukup jelas, kalau theme song untuk lagu permulaan dan penutup, kalau insert song merupakan lagu yang diputar di dalam ceritanya.

 Fungsinya gak jauh beda dengan OST, namun ini versi lagu dan bukan sekedar instrumen dan lirik, tentu mampu jauh lebih menghidupkan suasana ceritanya untuk memberikan kesan tak terlupakan.

 Contoh yang ada di kimi no nawa adalah lagu zen zen zense karya radwimps, lagu yang beriringan dengan moment pertukaran mitsuha dan taki. dan tentunya yang paling memorable adalah Sparkle by Radwimps, lagu yang diputar ketika moment penting dan menjadi klimaks Cerita


penutup

 YUP, artikel ini cuma membahas 3 perbedaan besar lagu di dalam anime, untuk theme song dan insert song gak terlalu sulit dicari di internet, tapi kalau OST akan sulit mengingat ini lagu iringan, dan lagipula jarang ada yang mau mengoleksi sountrack. makanya sulit didapat.

 Dan tentunya 3 lagu diatas memiliki fungsi audio dan feel yang berbeda di setiap penonton nya.

 Baca Juga : daftar anime dengan mobil mewah di dalamnya

 Oke tulisan ini selesai, dan apakah kamu merasa kalau artikel ini bermanfaat, jika iya, jangan sungkan bagikan ke teman dekat sesama penyuka anime dan berikan komentar mengenai OST, theme song dan insert song.  ^_^

Next

Related