Rabu, 13 Mei 2020

Terasa Matahari Menyengat, 20 Anime Ini Bertema Musim Panas Di Jepang


rekomendasi anime Bertema Musim Panas Di Jepang

bagi kamu yang sering menonton anime, sebenarnya apa sih yang paling utama kalian perhatikan dalam setiap detiknya?, Cerita, latar tempat, latar waktu, alur, grafis, sifat karakter, aksi pertarungan atau bisa jadi fanservice nya nih ?.

oke apapun alasan nya tentu tidak masalah, namun dalam artikel kali ini, mimin mau kasih rekomendasi anime berlatar tempat tentu saja di jepang, namun soal latar waktunya ketika jepang dikisahkan masuk ke musim panas.

sedikit kepo nih, sebenarnya apa sih yang kamu kangenin dengan anime bertema musim panas ini, apakah suara tonggeret di pinggir jalan atau sawah, liburan sekolah para karakternya, pergi ke pantai, pergi ke kolam renang.

atau mungkin kangen dengan suasana langit biru panas cerahnya. dan bisa jadi kamu sedang menunggu festival musim panas jepang melihat stand makanan, hiburan, hingga pertunjukan kembang api sebagai puncaknya.

Hmm terasa seru yah anime bertema musim panas itu, tapi apakah kamu sudah tau belum ? judul anime yang mana saja paling kuat nuansanya soal musim panas di jepang ?.

oke karena itu, saya kasih rekomendasi anime dengan pilihan terbaik mimin soal musim panasnya tidak perlu diragukan lagi epicnya.

mau tau listnya, yuk cek list nya dibawah ini:


01.AIR : The 1000 th summer



AIR


yang paling pertama kali harus kamu ketahui adalah anime ini, salah satu animasi jepang karya kyoto animation tahun 2005 lalu, yang membuatnya spesial.

karena anime ini merupakan adaptasi dari visual novel KEY, yang terkenal buat baper dan jempolan soal slice of life dan supernatural.

apalagi anime ini memiliki sub judul/tagline nya: the 1000 th summer.

sudah pasti ceritanya memang musim panas sungguhan.

sudah banyak saya bahas mengenai anime ini pada review sebelum-sebelumnya, yang jelas. AIR bukan hanya sekedar anime bertema musim panas semata, karena banyak arti yang sangat dalam di kisahnya.

Genre: Slice of Life, Supernatural, Drama, Romance


02. Ano Natsu De Matteru




 
Ano Natsu De Matteru

musim panas dikala itu/menunggu saat musim panas, yah inilah arti dari judul anime yang menjadi pembahasan saya kali ini.

mendengar kata "panas" dari judulnya, sudah ketebak kalau anime ini memang bertema musim panas.

namun nuansa yang dihadirkan tentang anak sekolah yang masuk liburan dan menghabiskan waktunya bersama-sama dengan teman dalam mengerjakan sebuah hobi merekam video.

dimana musim panas yang dihadirkan memperlihatkan tentang kehidupan desa dan tak lepas dari pematang sawah yang luas serta bukit dan hutan mengelilinginya.

Genre: Comedy, Drama, Romance, Sci-Fi, Slice of Life


03.Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai. ( AnoHana )




 
AnoHana

kita masih belum tau nama bunga yang terlihat hari itu, seperti itulah terjemahan mengenai judul anohana, mungkin kesan nya tidak nyambung judul sama ceritanya, namun percayalah.

apabila kamu sudah nonton nantinya, maka akan menyadari kalau judulnya itu makna yang sangat mendalam.

dan tentunya anime ini nuansa musim panasnya sangat kuat, secara ringkas mengenai sebuah persahabatan kecil yang sudah retak selama 10 tahu akibat sebuah tragedi.

namun lambat laun mulai membaik karena suatu hal, hal ini menggiring kepada mereka untuk mewujudkan keinginan teman lamanya agar mereka bersatu kembali disaat musim panas sebagai moment terbaik.

Genre: Slice of Life, Supernatural, Drama



04.Kimi No Na Wa




 
Kimi No Nawa

siapa sih yang gak kenal anime ini, dan saya yakin hanya sedikit dari kamu yang memang belum tau sama sekali mengenai animenya.

dimana ceritanya mengusung musim panas cukup kompleks, mengisahkan kehidupan musim panas di desa itomori.

yang ditengahnya terdapat danau dan dikelilingi dengan bukit-bukit dan sejauh mata memandang semuanya hijau buat sedap dipandang mata.

namun disisi lain, anime ini juga mengisahkan tentang kehidupan di kota tokyo metropolitan dengan segala kesibukan hingga hiruk-pikuknya disaat musim panas.

dan anime movie ini lebih dari sekedar kehidupan di musim panas semata, karena ada hal-hal mengejutkan menanti diakhir cerita.

Genre: Romance, Supernatural, School, Drama


05.Uchiage Hanabi




 
Uchiage Hanabi

lalu salah satu anime movie selain kimi no nawa dengan nuansa musim panas lainya adalah Uchiage Hanabi, dimana ceritanya lebih berat ke musim panas yang "mengulang".

mungkin banyak yang menganggap anime ini akan membosankan dan jelek mengenai endingnya, namun mimin pribadi sangat menyukai ceritanya sanggup mimin tonton secara enjoyable dan pemahaman alurnya terasa memorable banget.

selain itu, tema sebuah musim panasnya sangat kentara, apalagi festival budayanya cukup menarik perhatian, dan tentunya fokus anime ini terutama yang berhubungan dengan "kembang api" ( lihat judulnya ada kata hanabi ).

Genre: Sci-Fi, Romance


06.Amanchu!




 
Amanchu

kamu harus tau! anime ini ceritanya tentang segala kegiatan mengenai penyelam, mulai dari pengenalan, dasar, belajar, praktek, hingga sang karakternya membentuk sebuah impian.

yup, ceritanya klise banget, gak ada drama aneh-aneh, karena amanchu murni merupakan anime slice of life school yang epic ditonton.

dengan nuansa musim panasnya yang menarik, apakah hal tersebut cukup untuk membuat kamu terus merasa tertarik hingga akhir?.

mengingat anime ini ceritanya menghanyutkan dan santai, bagi yang tidak terbiasa menonton anime bergenre slice of life natural, bakal dijamin ngantuk sama ceritanya.

Genre: Slice of Life, Comedy, School, Shounen


07.Little Busters!




 
Little Busters!

masih ada lagi anime dari VN key yang bertema musim panas juga.

YUP, judulnya adalah Little Busters!.

karena sebuah tema latar waktu ketika musim panas tiba, membuat anime ini jauh lebih hidup ceritanya, ada kejadian tidak terduga-duga yang dijamin buat siapa saja yang nonton merasa terkejut.

sepanjang ceritanya sebanyak 2 season, little busters masih berada pada satu musim panas yang sama, memberi arti bahwa anime ini tidak terlalu jauh mempercepat rentang waktu plot ceritanya.

Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, School
08.Tamako Market




 
Tamako Market

anime slice of life lagi, tapi saya yakin banyak diantara kamu yang sudah nonton duluan tamako love story, tanpa sadar kalau sebenarnya cerita utamanya adalah tamako market.

dimana kisahnya itu mengenai katashirakawa Tamako mengenai kehidupan sekolah, rumah, toku mochi, hingga distrik perbelanjaan dekat rumahnya.

anime garapan kyoani satu ini cukup menghanyutkan untuk kamu tonton, apalagi tema musim panas yang diusung membuat suasana langit cerah hampir terlihat di setiap episodenya.

Genre: Slice of Life, Comedy


09.Dagashi Kashi




 
Dagashi Kashi

bertema tentang jajanan jepang, dagashi kashi sukses membuat hati saya tertarik menonton dan memasukkan nya menjadi salah satu anime dengan ceritanya yang menarik dengan tema yang diusungnya.

dimana anime ini kental dengan memperkenalkan sebuah jajanan yang memang ada di jepang, serta cara memakan, cara penyajian nya secara lebay oleh shidare hotaru.

ditambah kehadiran gadis bernama saaya, membuat dagashi kashi semakin hits ditonton dengan adanya kehidupan sehari-hari dipadukan humoris yang cukup menggelitik.

apalagi tema musim panas yang diusungnya membuat anime satu ini memiliki jati diri. dimana nuansa kehidupan desa ketika musim panas benar-benar terasa seperti non non biyori.

ditambah dengan hadirnya nuansa festival musim panas, semakin lengkap sebagai alasan kamu untuk segera menonton dagashi kashi sekarang juga.

Genre: Comedy, Shounen, Slice of Life


10.Hanasaku Iroha




 
Hanasaku Iroha

lagi-lagi slice of life, YUP. bisa dikatakan Hanasaku Iroha termasuk salah satu yang paling lawas dalam seri ini . tayang pada musim spring 2011, apalagi besutan P.A Works.

anime ini tak perlu diragukan lagi soal pesan moralnya, dimana hanasaku iroha mengajarkan, dimanapun kita tinggal. harus memiliki modal utama kerja keras, mandiri, memahami situasi, dan memiliki keterampilan serta pengalaman.

namun berjalan nya cerita, anime ini arahnya mulai menggeser menjadi sebuah impian dan harapan serta kerja keras untuk mewujudkan nya.

ceritanya semakin hidup ketika anime ini memperlihatkan moment musim panasnya, dijamin siapapun yang menonton akan merasa terkesima.

Genre: Comedy, Shounen, Slice of Life


11.Denpa Onna To Seishun Otoko




 
Denpa Onna To Seishun Otoko

apakah kamu tau, kalau anime ini sebenarnya memiliki cerita yang unik, dengan nuansa comedy yang menggelitik dengan segala keanehan nya.

yang menjadi tema cerita Denpa Onna To Seishun Otoko mengenai kehidupan anak cowok SMA dipadukan dengan sepupu seorang cewek.

yang menjadi pembahasan seputar, alien, planet, esper dan semacamnya.

namun tentu pada gak nyadar, kalau anime ini sebenarnya memiliki tema tentang musim panas yang cukup kentara, di dalamnya ada " Roket Botol " hingga festival budaya yang ditutup dengan tragedi aneh.

Genre: Sci-Fi, Slice of Life, Comedy


12.Classroom Elite




 
Classroom Elite

salah satu anime school terbaik ditujukan Classroom Elite bukanlah sebuah isapan jempol belaka, karena ceritanya memang menarik sekali untuk bertema sekolah dengan penerapan aturan sekolah swasta satu ini.

saya yakin kamu yang biasanya gak suka anime school akan suka nonton anime ini.

dan salah satu point yang membuat saya tertarik mengenai liburan panas di sebuah pulau terpencil, dan bertahan hidup disana selama seminggu.

Genre: Drama, Psychological, School, Slice of Life


13.HAL




 
HAL

anime movie yang paling ringkas pernah saya tonton, dengan durasi genap 1 jam, apa yang dapat diceritakan dalam anime ini ?

jujur saya katakan, kalau HAL ini awalnya memperlihatkan sebuah tragedi, namun itu hanyalah sebuah pengecoh belaka, karena nantinya ada sebuah unsur kesalah pahaman yang terjadi.

tapi walau begitu saya merasa greget dan puas nonton anime movie ini.

lalu soal musim panasnya, lebih menekankan suasana kota kyoto, apalagi kota ini terkenal dengan sungai nya yang asri, dan HAL memperlihatkan hal tersebut.

Genre: Sci-Fi, Drama, Romance, Shoujo


14.Bokurawa Minna Kawai-sou




 
Bokurawa Minna Kawaisou

suka dengan comedy dengan sedikit nuansa romance di dalamnya ? dan bertema sebuah kehidupan di kos kosan? maka kamu harus menonton salah satu terbaiknya, yaitu Bokurawa Minna Kawaisou.

anime ini yang paling saya ingat memang nuansa musim panasnya, ditambah dengan grafisnya yang memukau, membuat minat untuk nonton nya semakin meningkat.

lalu keanehan hingga kekonyolan para karakter siap memberikan selera humor kepada penonton nya, apalagi kehadiran heroine nya yang manis gimana gitu.

Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School, Seinen


15.nazo No Kanojo the x




 
Nazo No Kanojo The X

salah satu anime TV series tahun 2012 ini, berjudul lengkap nazo no kanojo the x. hadir sebagai anime romance dengan segala hal anti-mainstream nya.

bagi kamu yang sering nonton anime romance, pasti akan merasa sangat berbeda ketika nonton anime satu ini.

saya sulit menjelaskan nya dengan kata-kata, tapi secara garis besar, segala keanehan di dalamnya, malah justru menguatkan hubungan romansa antara karakter utama dengan sang heroine nya.

dan hal itu tak lepas dengan musim panas yang diusungnya, dimana moment yang paling saya ingat, ketika keduanya berada di tepi jalan lereng bukit, tepat di pinggir kota saat sore hari dengan cahaya siluet merah kekuningan.

mulai dari janjian pulang, hingga melakukan hal-hal aneh kerap mereka lakukan di moment tersebut.

genre: Romance, School, Seinen



16.Irozuku Sekai Wa Ashita Kara




 
Irozuku sekai Wa Ashita Kara

masih tergolong baru sih, tayangnya di musim fall 2018, ceritanya gabungan time travel, persahabatan dan kebersamaan dalam klub sekolah yang sama.

apalagi sang karakter utamanya dikirim ke perjalanan lintas waktu ketika musim panas tepat malam festival budaya.

dimana "warna" merupakan segalanya dalam anime ini, dan peran kembang api juga membuat anime ini memiliki jati diri mengenai sebuah anime bertema musim panas.

Genre: Drama, Magic, Romance


17.Orange




 
ORANGE

masih ada mirip-mirip dikit lah dengan anime diatas, tentang persahabatan di linkungan sekolah.

namun soal drama tampaknya romance berada selangkah di depan, dan romance yang dikisahkan berada pada jalur yang berbeda.

yah, anime ini secara garis besar tentang usaha menyelamatkan seseorang dari keputus asaan nya mengenai sebuah kehidupan yang sulit.

ditambah lagi nuansa dikala musim panas tiba, membuat langkah demi langkah usaha untuk menyelamatkan teman nya semakin rumit permasalahan nya.

Genre: Sci-Fi, Drama, Romance, School, Shoujo


18.Koe No Katachi




 
Koe No Katachi

salah satu anime pembullyan terbaik, YUP pasti pada tau kan, kalau koe no katachi ceritanya itu cukup buat ngilu bagi penonton nya.

kisah tentang 1 kelas anak SD kedatangan murid baru, hingga akhirnya harus keluar karena tidak tahan dengan kerasnya tindak penindasan.

lalu ceritanya melompat ketika mereka satu persatu dipertemukan kembali ketika di bangku SMA.

usaha untuk mempersatukan mereka kembali pernah terjadi, namun sebuah kesalahan kecil membuat semuanya kacau berantakan.

YUP, cerita yang cukup nge drama di pertengahan ini pada bagian klimaks nya mengambil sebuah moment yang cukup puas tak terlupakan.

lalu soal musim panasnya, yang tak terlupakan dari anime movie ini, ketika mereka semuanya pergi bersama ke wahana hiburan.

Genre: Drama, School, Shounen


19.Kiznaiver




 
Kiznaiver

menjalin pertemanan dengan berbagi rasa sakit, tampaknya manusia itu ingin melakukan hal hal lebih, dimana dalam anime ini tampaknya para ilmuwan ingin menggantikan peran hati nurani, dan menggunakan alat berbagi rasa sakit dengan orang di sekitarnya untuk memahami perasaan orang lain.

dalam ceritanya, yang terlibat dalam praktek ujicobanya berjumlah 7 orang ditambah 1 sebagai instruktur nya.

kiznaiver memang gak bisa dipisahkan dari moment-moment musim panasnya.

dimana para peserta ujicoba ini sebagian besar mengisahkan mereka melakukan berbagai kegiatan ketika libur sekolah di pergantian semester.

Genre: Sci-Fi, Drama, Romance


20.non non biyori




 
Non Non Biyori

awalnya sih, saya agak ragu untuk memuat non non biyori masuk ke dalam jajaran anime bertema musim panas, namun berpikir kembali dalam ceritanya.

anime ini memang sangat terasa musim panasnya.

pematang sawah yang luas, dihimpit dengan jajaran bukit hijau sejauh mata memandang, dengan perumahan diantara perladangan dan hutan, dan salah satu moment yang tak terlupakan dari non non biyori adalah suara tonggeret nya begitu nyaring, menandakan musim panas benar-benar telah tiba.

diluar latar waktu dalam ceritanya, anime ini slice of life comedy nya memang jempolan, apalagi kehadiran Miyauchi Renge-Chan sebagai karakter utama paling vital.

Genre: Comedy, School, Seinen, Slice of Life


Kesimpulan.




YUP, jadi inilah daftar anime yang bisa saya rekomendasikan kepada kamu semuanya.

sebenarnya masih banyak lagi anime lainya kalau hanya bertema musim panas semata.

namun pilihan saya ini merupakan yang terbaik, dimana nuansa musim panasnya memang yang paling kerasa.

tapi semuanya kembali ke diri masing mau menganggapnya anime musim panas sejati, dan nilai lah ketika memang sudah menonton animenya hingga episode terakhir. ^_^ .

Next

Related