Sabtu, 02 Mei 2020

57 Rekomendasi Anime Romance - Comedy Terbaik Spesial Untuk Pecinta Humoris Dan Yang Suka Tebar Pesona

rekomendasi anime romance comedy terbaik


 Entah kesamber petir darimana, mendadak saya ingin sekali buat Rekomendasi Anime Romance Comedy yang sebenarnya artikel jenis ini mainstream banget,dimana diluaran sana banyak sekali artikel sejenis.

 Oke, kesampingkan saja hal itu, yah hitung-hitung saya buat artikel ini, khusus untuk kamu yang setia banget di blog sederhana ini (itupun kalau ada), dan sekaligus bersaing ditengah sengitnya para anime lovers dalam hal Rekomendasi anime.

 Balik ke topik. Kayaknya apapun tontonan nya, bukan hanya anime saja, sinetron,sinema dan holywood sekalipun rasanya akan sangat hambar apabila tidak ada comedy ringan berupa obrolan kecil yang mampu mengundang tawa, dimana hal-hal kecil dalam pembicaraan sehari-hari setidaknya mampu membuat kita tertawa.

 Namun kali ini saya ingin mengambil porsi dari anime romance ringan, dimana pada umumnya anime jenis ini memiliki tingkat komedian yang variatif.

 Dari yang ringan buat tertawa lepas hingga yang buat ngakak buat sakit perut menahan tawa dari para karakter dengan  tingkah yang begitu konyol.

 Dan romantis di dalam kisahnya pun gak kalah menarik, dimana romance nya mampu buat siapa saja merasa kesemsem tebar pesona hingga menahan rasa sesak iri di dada.

 Intinya anime romantis dipadukan komedi itu sangat banyak sekali peminatnya, dan jumlah anime kategori ini juga gak kalah banyaknya, well karena itulah saya berikan rekomendasi nya, sesuai dengan yang sudah saya tonton sebelumnya.

 OKE tanpa banyak celotehan lagi, inilah daftar anime nya, semoga memuaskan:

01. Hidan no aria
 

Hidan No Aria

 Sebelumnya saya mesti wajib memuat anime utama terfavorit saya satu ini.

 Yang sudah sangat ikonik dengan saya sebagai anime lovers. Dengan mengambil porsi komedi dipadukan dengan unsur harem di dalamnya, Hidan No Aria semakin seru ceritanya, ditambah lagi dengan konsep cerita dengan tema sekolah menembak di kalangan para muridnya di usia remaja.

 kisahnya tentang seorang cowok bernama tooyama kinji, yang bersekolah di butei hight school, sebuah sekolah pelatihan menembak dan mengasah diri dalam menggunakan berbagai senjata yang kelak mereka akan berpartisipasi untuk menumpas kejahatan.

 Namun ia tak berminat dengan hal demikian, ditambah statusnya sebagai rank E membuat ia ingin keluar dari sekolah tersebut. Namun ada hal-hal yang tak terduga semenjak ia bertemu dengan seorang gadis bernama Kanzaki Holmes Aria.

 Yang jatuh dari langit yang menyelamatkan nya dari teror bom sepeda di saat berangkat sekolah.

 Sejak saat itulah Aria ingin menjadikan Kinji sebagai ajudan nya sebagai murid  rank A, setelah ini kisah keduanya semakin intens dengan paduan Action, Romance, dan Comedy yang seru untuk disaksikan.

 Saya sangat menyarankan anime ini untuk kamu, terutama yang suka anime berbau harem.

02.Golden time
 

Golden Time


 Selanjutnya adalah Golden time, juga merupakan salah satu anime yang menarik dengan kisah Romantis yang begitu super, dan komedi tipe ringan yang siap mengundang tawa para penontonya. Yang pembawaan Lelucon nya cukup natural.

( atau bisa juga sebaliknya, terlihat dipaksakan dalam beberapa hal ) Disisi lain, Golden time juga merupakan salah satu anime Drama romance terbaik yang pernah saya tonton, dan saya yakin kamu akan tertarik dengan kisahnya yang buat hati ditarik ulur.

 Kisahnya tentang tada banri, seorang cowok dari kota shizuoka yang datang ke kota tokyo dan menjadi anak kos dan kuliah di universitas Fukurai.

 Namun di hari pertamanya, Tada banri malah tersesat menuju gedung aula utama acara penerimaan mahasiswa baru, dan ia malah mengikuti beberapa anak cewek yang ia kira akan menuju tempat yang ia maksud.

 Dan ia bertemu dengan cowok lainya yang melakukan hal yang sama,namanya yanagisawa mitsuo . saat mereka berjalan menuju gedung aula utama, mitsuo didatangi seorang gadis membawa seikat bunga mawar besar dan memukulkan di wajahnya.

seketika Tada Banri terpesona dengan gadis tersebut.kehidupan baru sebagai anak kuliahan pun dimulai.

03.Gekkan shoujo nozaki-kun
 

Gekkan Shoujo Nozaki-Kun

 Entah ada angin apa, saya memuat nomor 3 dengan anime satu ini, dan mengingat-ingat sejenak, kalau dipikir-pikir ini anime buat ngakak banget dengan lelucon dengan latar belakang ketidak pekaan si MC dengan perasaan sang heroine, namun sang cewek tetap berusaha sedekat mungkin dengan sang cowok.

 Namun yang membuat kesan Romance nya kurang, karena juga difokuskan Comedy berasal dari beberapa karakter utama maupun pendukung lainya, yang gak kalah konyol dalam hal mengundang Tawa.

 Sinopsis Gekkan shoujo Nozaki-kun tentang Sakura chiyo,yang sudah lama memendam perasaan dengan Nozaki umetarou, teman sekelasnya.

 Dan ia memutuskan untuk menembak cowok tersebut. Namun karena rasa kesalah pahaman dan ketidak pekaan , Nozaki malah menganggap ungkapan perasaan tersebut seperti ingin meminta tanda tangan. Dan entah angin darimana ia malah merekrut Chiyo untuk menjadi asisten manga Shoujo nya.

 Semenjak itulah keduanya semakin dekat dan palah satunya belum peka juga dengan cinta yang hadir di dekatnya.

04.NISEKOI

  Nisekoi


 Satu lagi anime romance comedy terbaik di musim winter 2014 ini siap menghibur kamu. Bergenre comedy dengan tema harem dan kisah romantis palsu antara si MC dengan sang heroine.

 Lalu karena keberadaaan sang tokoh utama yang selalu lengket  dengan para cewek teman sekolahnya, membuat NISEKOI merupakan salah satu anime yang buat para jones semakin iri (haaha termasuk saya juga loh).

 Dan belum lagi keberadaan salah satu karakter pendukungnya, seorang cowok yang kocak siap-siap menghibur kamu ketika nonton anime ini.

 Berkisah tentang ichijou raku saat masih kecil, dimana saat 10 tahun lalu ia pernah berjanji dengan seorang gadis sebayanya, kalau suatu saat mereka akan bertemu kembali.

 Namun raku tidak ingat lagi dengan jelas wajah gadis tersebut, yang tersisa hanyalah sebuah liontin pemberian dari gadis. 

 Apabila Raku bertemu dengan gadis pemegang kunci gembol liontin tersebut, serta kunci dan liontin nya cocok, maka mereka akan menikah.

 Disinilah raku terbayang untuk memenuhi janji tersebut dan berharap untuk berjumpa kembali, sembari ia menjalani kehidupan nya yang merepotkan semenjak kehadiran gadis keturunan blaster jepang-amerika yaitu chitoge kirisaki.

 Parahnya lagi, raku harus menerima perjodohan alias pacaran palsu dengan chitoge agar para yakuza bawahan ayahnya dan mafia bawahan ayah chitoge dapat berdamai demi menghindari kehancuran kota.

 Dgsisi lain, hingga saat ini saya juga nunggu-nunggu nih kapan season 3 Nisekoi di konfir, ceritanya greget euy.

05.hiyokoi
 

Hiyokoi

 Apakah kamu sedang Mencari anime romance tipe shortime, spesial atau jumlah episode yang pendek.

 Jika iya, maka saya saranin untuk nonton anime dengan judul Hiyokoi ini, dulu saya nonton yang 1 episode doang (spesial) Namun ceritanya seru banget,ditambah dengan dengan komedi ringan yang pas, dan bonus romance yang begitu solid, dan perbedaan tinggi badan sang cowok dengan sang cewek juga berbanding terbalik.

 Kisahnya tentang Nishiyama hiyori, masuk di sekolah menengah atas untuk pertama kalinya semenjak ia dirawat di rumah sakit setahun yang lalu karena sebuah kecelakaan.

 Karena telah lama dirawat,membuat hiyori gugup dalam hal interaksi dengan teman barunya, namun semuanya berbeda cerita semenjak ia bertemu dengan teman kelasnya Hirose Yuushin. Yang kerapkali membuat ia sebal dalam berbagai hal.

 Namun disisi lain hiyori menganggap keberadaan yuushin begitu bermakna karena pada akhirnya, keduanya akan saling akrab walaupun pada mulanya diawali dengan perdebatan.

 Oke,selain episode spesial, ternyata masih ada versi ONA berjumlah 3 episode, yang kebetulan belum saya tonton ( ketika artikel ini ditulis ).

06.toradora
 

Toradora

 Satu lagi anime Romance yang gak kalah gregetnya, tayang di musim Fall 2008, Toradora termasuk anime lama yang saya rekomendasikan untuk kamu tonton karena kisahnya asyik, ditambah unsur komedi akan menghibur siapa saja yang nonton.

 Poin lebihnya lagi, anime ini juga terkenal dengan Drama nya yang buat terkesima, dan hati saya merasa ditarik ulur.

 Kisahnya tentang Aisaka taiga yang salah memasukan surat cinta kepada tas cowok yang ia maksud, dan malah memasukan surat tersebut kepada seorang cowok bernama takasaki Ryuuji.  Ryuuji yang tak tau apa-apa menolak memberikan tas nya kepada cewek tersebut.

namun diam-diam taiga di malam hari menyelinap di dalam rumahnya dan kekacauan sepanjang malam pun terjadi, dan ternyata taiga tetanggaan dengan Ryuuji yang tinggal di sebelah rumah.

 Karena suatu hal, mereka membuat kesepakatan untuk membantu meraih cinta masing-masing, dan disinilah letak menariknya mengapa Toradora begitu romantis,humoris dan terasa Dramatis.

07.Ore monogatari
 

Ore Monogatari

 Lalu gak lupa juga dengan anime dengan berjudul Ore Monogatari (ini kisahku). Kalau lihat dari covernya saja, kita akan tau siapa yang akan menjadi MC nya,   ya, siapa lagi kalau bukan Gouda Takeo, namun yang membuatnya beda dengan main Character lainya.

 Postur tubuhnya tak ubahnya bagai kingkong,namun memiliki sifat sebagai sosok orang yang baik hati. Jadi kesan nya beda deh dengan anime lainya (yang umumnya) sang karakter utama digambarkan sebagai sosok yang tampan,cool dan banyak gebetan nya. Nah kalau di Ore monogatari hal itu berlaku untuk rekan dekat si MC ( soal karakter tampan ).

 Cerita bermula ketika naik kareta listrik,Gouda Takeo memergoki seorang pria penjahat kelamin yang melakukan aksinya kepada seorang cewek bernama yamato rinko, sejak pertemuan heroik dan kesan dramatis itulah takeo mulai mengenal rinko dan keduanya dengan cepat menjadi dekat satu sama lain.

 Pesan moral dari anime ini sangat jelas dan realistis banget, dimana seburuk atau sejelek apapun orang tersebut, sejatinya mereka punya hak untuk dicintai seseorang.

 Dan hal ini tentu saja buat siapa saja yang masih Jones akan semakin  iri melihatnya, dan kesan saya Nonton Ore Monogatari selalu kesemsem menahan senyum dan malu melihat kisahnya dari awal hingga akhir.

08.Hataraku maou-sama!
 

Hataraku Maou-Sama!

 Salah satu anime action Romance yang populer di musim tayang spring 2013 berbarengan dengan tayangnya Shingeki No Kyojin.

 Anime dengan Prolog yang buat saya gak nyambung dengan ceritanya, (karena menggunakan bahasa inggris dan dunia isekai dengan nuansa gelap). Namun cerita dengan cepatnya mengubah alur menjadi lebih Terasa Slice Of Life dan Comedy yang buat siapa saja dibuat ngakak.

 Kisahnya tentang dunia Fantasy-Isekai Ente isla, disaat itu raja iblis Maou yang hampir menguasai dunia, namun digagalkan oleh gadis berpedang yang menjadi pahlawan manusia.

 Maou dan bawahan nya memutuskan membuka portal untuk lari kedunia lain, dan suatu saat mereka akan membalas dengan apa yang telah terjadi.

 Namun sialnya, Maou malah terlempar ke bumi, lebih tepatnya di kehidupan Tokyo modern, dimana kekuatan nya tidak dapat digunakan secara maksimal.  Demi bertahan hidup, Maou sadao bekerja paruh waktu di McRonald.

 Dan hingga suatu waktu ia bertemu dengan emilia gadis pahlawan yang ikut terlempar ke bumi demi mengejar sang raja iblis. Bisa saya katakan, Hataraku maou-sama konsep ceritanya sangat berlawanan dengan anime isekai lainya ( alias anime Reverse Isekai ), dan serunya, selain action anime ini mengisahkan sisi Romance, Comedy dan slice of life yang seru banget. ^_^

09.tonari no kaibutsu-kun
 

Tonari No Kaibutsu-Kun

 Ini juga, merupakan salah satu anime yang saya tonton diawal-awal saya menjadi anime lovers ( hmm gak terasa udah 2 tahun lebih nonton anime ini ketika artikel ditulis ).

 Anime dengan konsep karakter yang menarik,dimana kesan nya lebih mengarah ke shoujo (menurut saya).

dimana sang heroine merupakan cewek pendiam dan tertutup, tapi cerdas. Tokoh utama cowok nya  merupakan anak berandalan dan terkesan liar, namun gak kalah kalau soal kepintaran.

 Dan komedi nya terlihat dari keduanya dengan kepintaran masing-masing yang membuat salah satunya merasa minder, dan juga lelucon dari beberapa karakter pendukungnya.

 Tonari No Kaibutsu kun berkisah tentang Shizuku mizutani yang hanya memikirkan nilai di sekolahnya dan sifatnya  yang tertutup.

Namun semenjak bertemu dengan Yoshida haru, membuat kepribadian nya sedikit berubah, dan kesan pertama yang biasa, dimana Yoshida haru mendadak mengungkapkan perasaan kepada shizuku dan haru berharap keduanya dapat menjadi sepasang kekasih.

 Namun bagi shizuku itu merupakan hal yang canggung terlebih ia tak pernah memiliki pengalaman dalam berpacaran.

10.Oreimo


 

Oreimo

 Termasuk juga ini, anime yang saya tonton di tahun 2015 lalu, sebenarnya anime ini romansa nya kena dengan komedi ringan di dalamnya, namun dulu entah mengapa, saya malah nonton nya sering di-skip dan baru tamat beberapa bulan kemudian.

 Kisah tentang Kyousuke Kousaka dengan adiknya kirino Kousaka, mulanya ketika sang kakak menemukan sebuah kaset game eroge milik adiknya.

 Dan karena hal tersebut, Kyousuke malah disuruh menjadi konsultan untuk dimintai saran oleh adiknya, mengenai hobi adiknya yang terkesan ero.

 Saya akui anime ini memang cukup realistis di kehidupan jepang, karena mengisahkan tentang otaku akut yang sebenarnya (disini kisahnya tentang mengoleksi video game/Visual novel gitu).

 Dan unsur incest nya pun cukup kuat. ditambah dengan komedi yang lumayan menghibur.

11.Kareshi kanojo no jijou
 

Kareshi Kanojo No Jijou


 Kisah tentang seorang gadis bernama Miyazawa yukino, terlihat begitu perfect dan menjadi idola di kelas A, belum lagi ia juga cerdas dan salah satu murid terpintar di kelasnya.

 Namun sifatnya ini berbanding terbalik dengan apa yang terjadi dirumahnya, dimana kalau sudah dirumah miyazawa terlihat manja, berantakan dan keras kepala, hingga suatu saat teman sekelasnya Arima soichirou datang kerumahnya dengan alasan tertentu.

 Karena arima telah melihat sisi kebalikan dari Miyazawa, ia didesak untuk menutupi rahasia ini, namun berjalan nya waktu, kedekatan keduanya semakin terlihat serasi, apalagi keduanya juga menjadi teladan para siswa-siswi dikelasnya.

 Oke, ini anime dengan Judul kareshi kanojo no jijou bagus loh, anime romance shoujo yang termasuk lawas (1998).  namun walaupun saya nyaranin,tapi saya juga gak bilang banyak mengingat masih nonton sampe eps 8 (hanya satu fansub yang saya tau ngegarap anime ini tapi masih pending terlalu lama).

12.kaichoou wa maid sama
 

Kaichou Wa Maid Sama

 SMA seika pada awalnya merupakan sekolah khusus untuk anak laki-laki, namun akhirnya terbuka untuk para anak sekolah perempuan. Namun dengan perbandingan anak cowok dan anak cewek 8:1.

 Salah seorang siswi bernama Ayuzawa misaki menjadi ketua OSIS dan menjadi ketua kelas.  Hal itu ia lakukan demi melindungi para siswi lainya, ditengah kenakalan para murid cowoknya yang terkenal.

 Selain itu, Misaki juga bekerja paruh waktu sebagai maid di salah satu cafe rumahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.  Dan cerita baru dimulai semenjak misaki mengenal cowok bernama Usui Takumi yang mengetahui identitasnya sebagai seorang maid, dan misaki mengancam keras si takumi untuk tutup mulut atas rahasia ini agar tak bocor disekolah.

 Dan hubungan keduanya semakin terlihat kasmaran seiring dengan berjalan nya waktu.  Jadi, anime ini lebih cocok untuk para cewek karena bernuansa Shoujo dan sang karakter utamanya Ikemen banget, dan cool.

 Lalu unsur komedi yang cukup ramai dan kesan misaki yang terlihat Tsundere menjadikan Kaichou Wa maid sama merupakan anime romantis sekaligus begitu humoris.

13.yamada-kun to 7 nin majou
 

Yamada Kun 7 Nin No Majo

 Yamada Ryuu, pada suatu hari berpapasan dengan seorang gadis, namun suatu hal terjadi membuat ia pingsan dan bangun dalam keadaan tertukar tubuh dengan gadis yang bernama Shiraishi Urara.

 Ia tak ingat pasti mengenai ini, namun akhirnya ia ingat kalau sebelumnya ia terjatuh dari tangga dan gak sengaja mencium gadis tersebut. karena hal aneh tapi nyata ini, membuat yamada dan Urara terlibat dalam rahasia besar mengenai para penyihir wanita yang ada dikelasnya, dan kisahnya dimulai ketika keduanya mencari para penyihir tersebut yang diketahui diantara murid sekolah.

 Siap-siap aja deh jika kamu nonton anime ini, karena buat para cowok semakin Maho karena ada unsur ciuman sesama lelaki karena saking banyaknya adegan Kiss di dalamnya.  Belum lagi yamada yang kocaknya bukan main buat anime ini semakin ngakak untuk ditonton, dan peran Urara yang menjadi inti cerita membuat anime terkesan tebar pesona karena kesan romantis nya benar-benar bagus.

14.sakurasou no pet na kanojo
 

Sakurasou No Pet Na Kanojo

 Semuanya bermula dari Kanda sorata, seorang anak cowok kelas 1 dari Asrama reguler Suimei hight. Terpaksa dikeluarkan dari asrama tersebut karena ketahuan memelihara kucing liar di kamar nya.

Karena hal tersebut, Sorata mesti dipindahkan ke asrama Sakurasou, dimana dalam asrama tersebut merupakan sekumpulan murid-murid yang bermasalah karena terkenal aneh dan Konyol.

 Dan tak lama berselang ia ditugaskan oleh guru asramanya untuk menjemput seorang gadis bernama Mashiro Shiina, yang akan tinggal di asrama tersebut. 

  Dan pertemuan Kanda sorata dengan Mashiro Shiina begitu berkesan ditengah gugurnya daun sakura saat sore hari ketika musim semi. Namun Kanda sorata dibebankan untuk mengurus gadis tersebut, yang gak bisa apa-apa, namun sangat pandai melukis dan menggambar manga.

 Siapin aja deh waktu kamu nonton anime ini, karena saya yakin akan membuat siapa saja yang akan menonton nya semakin ketagihan untuk lanjut marathon.

 Dan unsur Romance,Drama dan Slice of Life yang membuat Sakurasou No pet na kanojo, selain romantis juga mengisahkan arti sahabat yang sesungguhnya.

 Well, anime ini cukup menggelikan karena para karakter nya yang aneh tapi kocak di dalam asrama tersebut, ditambah lagi polosnya shiina dan kecanggungan sorata membuat anime ini semakin Klop.

 
15.nijiiro days
 

Nijiiro Days

 Kisah tentang 4 Cowok bernama Natsuki,Tsuyoshi, Keiichi, dan tomoya. Banyak menghabiskan waktu bersama-sama sebagai anak cowok SMA pada umumnya.

 Disisi lain, Natsuki menyukai seorang gadis di sekolahnya, namun ia menyimpan rapat masalah ini kepada teman nya, memilih berusaha untuk mengatasi percintaan nya sendiri dan berharap suatu waktu ia dapat mengungkapkan nya.

 Bisa dikatakan,anime romance yang terkesan mainstream, dan juga mirip dengan Kimi to boku , namun kisah romance nya memang mengambil porsi yang besar dalam kisahnya.

 Lalu di pihak cewek dengan berbagai sifat, membuat anime ini semakin asyik karena menyajikan comedy ringan sebagai pelengkap cerita.

16.kimi to boku
 

Kimi To Boku

 Masih dari anime tentang kisah persahabatan para cowok, dimulai saat musim semi dimana mereka berempat, Matsuoka shun,Tsukahara kaname, Asaba yuuta dan Asaba yuuki.

 Musim semi kali ini menandakan kalau mereka telah menginjak umur 17 tahun dan sudah naik ke kelas 2 SMA.  Kisah persahabatan mereka berlanjut, dan suatu hari, di kelas mereka terdapat murid baru Tachibana Chizuru dari amerika.

saat melihat yuuta dan yuuki, Chizuru mengingat masa kecilnya dengan 2 kembaran tersebut walau keduanya tidak ingat dengan kanade. Dan karena hal tersebut, Chizuru seakan bergabung tanpa diminta dengan keempat orang tersebut, dan menjadi 5 sahabat sejati.  Oke yang menonjol dari anime ini memang unsur Comedy, School dan slice of life nya yang seru.

 Namun unsur romantis di dalamnya juga tak bisa diabaikan begitu saja, namun Kimi to Boku menyajikan unsur romansa lebih simple dengan alur yang bagian akhirnya terkesan rancu.

17.CLANNAD series
 

CLANNAD

 Okazaki tomoya, seorang murid berandalan bersama dengan rekan nya sunohara youhei, dan hal ini karena kurang didikan orang tua nya, dalam kisahnya sang ayah hanya pengangguran dan pemabuk berat.

 Namun kehidupan tomoya lebih terbuka semenjak kenal dengan teman sekelasnya bernama Furukawa nagisa yang bergabung dengan Klub sastra. Berawal dari pertemuan tersebut, tomoya menjadi sosok orang yang terbuka kerapkali membantu orang disekitarnya, dan banyak hal yang terjadi setelah membantu rekan nya.

 Anime ini saya akui sangat ngakak banget karena memiliki bintang komedian nya sunohara youhei, dan karena cerita dari Visual Novel KEY. Tak ayal lagi ceritanya dimuat unsur slice of life dan supernatural yang kuat, dan dipadukan unsur romance yang kuat di season 2 nya.

 Kalau mau nonton anime ini, siapin aja tisu untuk membendung air mata ketika memasuki pertengahan s2, karena banyak kejutan yang buat nyesek disana.  Dan ditutup  dengan akhir cerita yang mengejutkan.

18.masamune-kun no revenge
 

Masamune Kun No Revenge

 Semuanya tentang kisah Makabe Masamune, yang dulunya gendut dan diejek oleh seorang gadis, dan parahnya ia ditolak mentah-mentah dengan gadis bernama adagaki aki tersebut.

dengan modal sakit hati, masamune mengubah penampilan nya menjadi lebih atletis dan terlihat tampan menjadi idola para siswi, namun tujuan utamanya untuk balas dendam dengan adagaki aki.

 Dengan cara membuatnya jatuh cinta, namun ketika ia mengungkapkan perasaan disitulah masamune akan menolaknya mentah-mentah.  Namun apa yang ia rencanakan lari dari kenyataan nya, dan jauh lebih sulit dari apa yang dibayangkan oleh masamune.

 Dan berbagai keseruan terjadi di dalamnya.  Anime ini bisa dikatakan termasuk baru tapi gak kalah serunya dengan jejeran anime lama dalam Daftar Anime diatas.

 Masih menggunakan unsur cerita yang terkesan Mainstream, Namun seri anime dari adaptasi manga dengan Judul yang sama ini. Dengan cerdas memuat unsur cerita yang menarik dengan nuansa romansa beriringan dengan humoris yang mampu menghibur penonton nya.

19.kimi ni todoke
 

Kimi Ni Todoke

 Satu lagi, anime romance shoujo yang cukup populer di musim tayangnya dulu.

 Dan hingga kini saya yakin masih tetap populer karena kisahnya ituloh, buat geregetan.   Sinopsis nya tentang seorang gadis bernama Kuronuma Sawako, yang pergi ke sekolah barunya si SMA kelas 1, dimusim semi,dimana ia baru menjadi murid SMA.

di pertigaan jalan,sawako bertemu dengan cowok bernama Kazehaya Ryouta menggunakan seragam yang sama dengan sawako, namun ia tersesat menuju sekolah barunya.

 Pertemuan pertama yang berkesan, dan sawako memberikan petunjuk arah sekolah tersebut. Dan keduanya dekat dari kejauhan namun penuh dengan rasa kesalah pahaman yang kerapkali terjadi.

 Namun disisi lain, sawako malah dicap cewek menakutkan (hal ini mengenai mitos hantu wanita bernama sadako),namun ia tetap memiliki 2 rekan yang awalnya memperlakukan sawako hal yang serupa.

 Jujur, anime ini akan siap membuat kamu tertawa sampai puas karena menghadirkan guyonan yang lucu ala khas kuronuma sawako dalam berbagai hal, terutama ekspresi menakutkan sekaligus menggelikan.

 Dari segi romance,kimi ni todoke lebih menekankan kesan dramatis dengan masalah utama rasa kesalahpahaman yang terjadi diantara keduanya.

 Dan ternyata ada orang ketiga yang ikut campur dengan masalah ini (hmm siapa dia) well segera tonton anime nya biar tau siapa biang keladi nya ^_^.

20.shakugan no shana
 

Shakugan No Shana

 Salah satu anime action shoujo yang epic nih, kisahnya tentang sakai yuuuji, suatu hari ia melihat kota misaki bagaikan kota mati karena efek sihir fuzetsu, hal ini membuat ia melihat pertarungan antara Flame haze dengan tomogara dengan kehancuran yang mengerikan.  Disaat yang genting tersebut, Sakai yuuji diselamatkan oleh gadis berambut merah yang menolongnya dari pihak Flame haze.

Shana pun menaruh curiga kepada yuuji karena tidak terpengaruh dengan Fuzetsu, namun setelah ditelusuri, ternyata Yuuji merupakan seorang Mystes tipe langka yang jadi incaran lawan.

 Anime ini memiliki 3 season, dengan cerita yang cukup panjang, namun di sepanjang cerita dipenuhi dengan berbagai unsur, mulai dari action yang menegangkan.

 Romance dengan rivalitas cinta yang sengit, ditambah lagi dengan si MC gak peka dengan cinta yang hadir di sekitarnya, hingga unsur cinta segitiga pun mengiringinya.

 Soal comedy, Shakugan no shana juga lumayan humoris karena kehadiran bintang komedian nya ike Hayato, dan sifat sang heroine utama nya gimana gitu, ketika sesuatu yang tak menyenangkan nya malah menjadi humoris tersendiri menurut saya.

 Dan bagi kamu yang suka anime Action, Romance, Fantasy, dan Supernatural .maka mesti coba untuk Nonton shakugan no shana sekarang juga.

21.Chuunibyou Koi Ga Shitai
 

Chuunibyou Demo Koi Ga Shitai

 Togashi yuuta adalah mantan orang yang pernah mengidap penyakit Chuunibyou ( sindrom anak kelas 8 ) dimana sebuah penyakit mengkhayal memiliki kekuatan seperti karakter anime, manga atau game favorit mereka, dan tak malu memperlihatkan kepada orang-orang di tempat umum sekalipun.

 Dan karena ingin menghilangkan sindrom nya ini, yuuta rela bersekolah di kota sebelah yang cukup jauh.

 Namun kenyataan nya, ia tak terlepas dari hal-hal tersebut ketika suatu malam bertemu dengan Takahashi rikka yang juga Chuunibyou menjadi tetangga atas apartemen sekaligus teman disekolahnya.

  Bisa dikatakan, Chuunibyo koi ga shitai itu lucu banget karena karakter nya yang mampu mengundang tawa, dan interaksi mereka antara orang-orang yang pernah/masih menjadi chuunibyou. membuat kisahnya semakin kocak.

 Ditambah dengan unsur romance yang kuat saat memasuki klimaks cerita di akhir musim, dan season 2 juga gak kalah seru , bahkan menurut saya semakin ramai. dan romance juga menjadi unsur penting di dalam ceritanya, selain itu anime ini terkenal oleh para anime lovers karena "Jakarta" yang lumayan buat bangga sekaligus  buat "miris".

22.DANMACHI
 

DANMACHI

 Sebelumnya di blog ini saya telah me review anime DANMACHI dengan judul panjangnya Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka.

 Kisahnya tentang Bell Cranel, petualang level 1 yang ingin menjadi kuat, namun keadaan buruk menimpa ketika minotaurus mengancamnya, dan ia diselamatkan oleh seorang gadis yang buat ia jatuh cinta dalam pandangan pertama.

 Dan sejak itulah bell cranel terus berjuang untuk menjadi petualang dungeon yang kuat.  Saya akui, ini anime action nya zero to hero banget, cocok ditonton untuk kamu yang punya sifat pantang menyerah.

 Selain itu romance nya pun kerap hadir dari sang MC, alasan romansa yang melanda tokoh utama membuatnya ingin menjadi lebih kuat.  Dan komedi yang ringan, dimana cranel secara gak langsung menjadi cowok harem dan kelucuan pun terjadi disana-sini.  buruan deh kamu tonton. karena saya jamin ceritanya menarik.

23.Relife
 

Relife

 Kisah tentang kaizaki arata, berumur 27 tahun yang dipecat dari pekerjaan nya dan ia selama beberapa waktu menganggur, hingga suatu hari ia mendapatkan pekerjaan sebuah progam yang disebut "RELIFE".

 Dimana arata ditugaskan untuk melakukan sebuah survei dan penilitian dengan berbaur dengan anak SMA tertentu.

demi menutupi identitasnya, ia meminum sebuah obat yang membuatnya muda seperti anak remaja 17 tahun pada umumnya.

  Sebenarnya unsur Comedy di anime ini kurang menonjol sih, namun soal romance nya bagus dan perlu dipertimbangkan lagi oleh kamu yang kebetulan belum nonton.

 Ditambah lagi dengan School dan  Slice of life membuat kisahnya dapat dipetik kisah moral nya dan di dalam cerita ada hal-hal yang terasa sangat realistis di kehidupan modern ( terutama kehidupan di jepang yang menuntut kerja keras si setiap orangnya )

24.Mashiro iro symphony
 

Mashiro Iro symphony

 Ini juga merupakan anime yang romance nya biasa, tapi dengan ending yang luar biasa menurut saya, karena bisa dikatakan Mashiro iro symphony anime romance-drama yang siap membuat kamu gundah gulana.

Namun walau demikian ceritanya gak rumit-rumit amat, dan menurut saya dapat dibawa santai.  Namun walau demikian saya cukup baper juga karena heroine yang saya jagokan gak kepilih (hmm siapa yahh ???). untuk lebih jelasnya mengenai sinopsis nya, simak lebih lanjut review anime nya DISINI. (tenang kok gak ada spoiler nya).

25.Kotoura-San
 

Kotoura-San

 Lagi-lagi anime romance shoujo satu ini membuat saya mesti memeberikan tempat dalam jajaran rekomendasi di artikel kali ini.  YUP, kotoura-san adalah anime yang memiliki cerita yang unik, dan buat saya dan kamu akan merasa sinpatisan terus dengan sang heroine sepanjang cerita.

 Kisah tentang kotoura haruka, berumur 15 tahun yang masa lalunya sangat suram karena ia memiliki kemampuan membaca pikiran orang lain yang menjadi kekuatan nya semenjak lahir.

 Dari balita hingga anak-anak, hidupnya kian memburuk setelah hubungan orangtuanya berantakan karena kemampuan anaknya sendiri, dan hanya sang kakek yang menyayangi kotoura dengan keadaan yang demikian.

 Ia telah pindah beberapa kali sekolah dengan kemampuan tersebut. Banyak yang menjauhi dirinya, hingga suatu hari di sekolah barunya, ia bertemu dengan Yoshihisa Manabe yang menerima ia apa adanya tanpa takut dengan kemampuan paranoid nya.

Oke, Kotoura-san anime nya mantap, romance antara heroine dan MC terlihat intens, dan comedy terutama hadir dari manabe dengan pemikiran "menyimpangnya" yang kerapkali dibaca oleh kotoura.

 Dan disarankan banget untuk dimasukan ke dalam watchlist anime romance comedy yang seru.

26.Kyoukai no kanata
 

Kyoukai No Kanata

 Kisahnya tentang akihito kanbara, yang saat itu dihadapi dengan 2 pilihan, menolong seorang gadis yang ingin terjun jatuh dari atas, atau mengabaikan nya.  Namun ia memutuskan untuk menyelamatkan nya, namun tanpa disangka, cewek bernama Mirai kuriyama tersebut malah menusuk jantung kanbara, namun yang mengejutkan ternyata akhito tidak mati karena ia abadi. usut punya usut ternyata ia merupakan manusia setengah siluman.

 Dan diketahui kalau mirai kuriyama merupakan salah satu satria dunia Ghaib dari klan terkutuk (karena menggunakan darah sebagai senjata).  Dan keduanya diawal kisah terlibat dengan perdebatan kecil mengenai mirai yang tertutup dengan orang disekitarnya.

 Beberapa waktu lalu saya sempat bahas Anime Action - Romance satu ini, dimana kesan romantisnya benar-benar tersampaikan di klimaks cerita, dan komedi nya pun mengalir secara natural tanpa ada kesan memaksa.

 Saya yakin banyak dari kamu sudah nonton anime ini, sengaja saya muat ke dalam daftar rekomendasi kali ini.


27.Kimi no nawa
 

Kimi No Nawa

 Sejenak kepikiran juga dengan Kimi no nawa yang dulu populer banget sepanjang tahun 2016 dan saat ini masih bertengger di MAL menjadi salah satu yang tertinggi di score nya ( ketika artikel ini ditulis ).

 Hal ini terjadi karena banyak hal yang menakjubkan di dalam ceritanya, menyajikan 2 hal yang berbeda dan digabungkan menjadi sebuah cerita yang bagus dengan banyak hal yang mendukung.

 Soal romantis, anime ini saya katakan TOP karena terasa begitu mengharukan, yah walaupun itu tak terjadi secara langsung.

  Comedy nya begitu natural dan tepat sasaran di scene-scene tertentu, tentu kamu yang sudah nonton anime ini langsung mengingat lelucon di Kimi no Nawa "yang itu loh" (haha saya yakin pasti masih pada ingat yaaa).

 Kimi no nawa,semuanya berawal ketika mimpi aneh yang dialami oleh gadis bernama Mitsuha miyamizu yang tinggal di pelosok desa itomori, di lain tempat yang jauh, cowok bernama Tachibana Taki dari kota tokyo yang mengalami mimpi aneh serupa dengan berbagai hal yang sulit dimengerti.

 Namun setelah mengalami beberapa kali mimpi yang terlihat nyata tersebut, keduanya baru nyadar kalau mitsuha dan taki bertukar tubuh sehari semalam beberapa kali dalam seminggu.

 Dan kekacauan pun terjadi disana sini, dan ini awal dari kisah kimi no nawa yang berakhir dengan kejadian yang mengejutkan.

28.Shigatsu wa kimi no uso
 

Shigatsu Wa Kimi No Uso
 
 Woh, masih ingat anime ini, yang bisa mengundang air mata, well jadi mungkin pas saya nyinggung anime ini, malah-malah kamu yang sudah nonton anime nya bisa auto baper.

 Dengan romance music yang sangat berkesan , dan comedy yang terkesan konyol kurang natural, namun tetap dapat mengundang tawa, Gak salah Shigatsu wa kimi no uso menjadi salah satu anime romance terbaik dan mendapatkan skor yang lumayan tinggi pula.

  Kisahnya tentang arima kousei, yang masa kecilnya dituntut keras untuk menjadi pianis hebat, namun walaupun kemampuan nya sangat brilian, tapi hubungan arima dengan ibunya memburuk sampai ke titik yang memilukan.

 2 tahun kemudian arima yang telah pensiun main piano bersekolah kelas 3 smp dengan teman masa kecilnya Tsubaki sawabe.  Namun karir nya sebagai pemusik piano belum berhenti, terlebih ketika ia bertemu dengan Miyazono kaori yang membuat ia sekali lagi membuka dunia musik di dalam dirinya walaupun terasa berat dan dihantui dengan banyak penyesalan.

 Dan sejak inilah, banyak hal positif yang dialami Kousei setelah kembali menjadi pianis, semuanya tak terlepas dari pengaruh gadis pemain violin tersebut.


29.Saenai heroine no sodate kata
 

Saenai Heroine No SodateKata

  Masuk kali ini, anime bertema Harem romance dan comedy yang ada didalamnya.Saenai heroine no sodatekata merupakan salah satu anime yang terpopuler sepanjang tahun 2015.

 Karena ceritanya yah begitu deh, romance dan comedy yang tak luput dari unsur harem nya. Dan disini, si MC termasuk kebal juga 'anu' nya gak berpengaruh sama sekali, terutama di story SAEKANO season 2 yang tayang di musim spring 2017 kemarin.

 Aki tomoya, seorang otaku akut punya impian ingin membuat sebuah game berbasis Visual Novel dengan judul blessing software. Dan niatnya ini semakin kuat semenjak bertemu dengan megumi kato di jalan berbukit.

 Dan ia mencoba mengumpulkan beberapa murid cewek yang ia anggap bisa mengerjakan berbagai tugas saat pengerjaan nya tersebut, hal ini tak mudah baginya, namun demi sebuah impian setelah bertemu sang heroine, Aki tomoya tetap ingin menyelesaikan pembuatan game visual novel tersebut.


30.Angel Beats
 

Angel Beats

 Kelupaan dengan anime populer legend ini, buktinya Angel beats baru ingat dan saya masukan di urutan ke-30. Dengan konsep tema afterlife isekai,Angel beats yang action nya disana-sini, dan karakter nya ramai buat kisahnya menghasilkan komedi konyol buat ngakak.

 Belum lagi romance nya yang top di klimaks cerita, lalu ditutup dengan sedih-sedihan di akhir cerita.

 Otonashi Yuzuru, mendadak terbangun di sebuah kehidupan yang asing baginya, dan ia terlempar di lingkungan sekolah. dan bertemu dengan gadis bersenjata Nakamura yuri.

 Karena kesalahpahaman, ia bergabung dengan organisasi SSS setelah ia ditikam jantungnya namun tak mati (pada dasarnya kehidupan di lingkungan sekolah tersebut merupakan kehidupan setelah mati sekaligus persinggahan bagi mereka yang masih menyesal selama hidup di dunia nyata.)  SSS selalu mengincar keberadaan tenshi yang berbahaya, dan yuzuru pun ditusuk oleh orang yang sama.


31.AIR
 

AIR


 Ini merupakan salah satu anime dari adaptasi Visual Novel key paling sedih yang pernah saya tonton.

 Dan kesedihan nya itu masih belum terkalahkan dengan anime lain hingga saat ini, namun banyak yang belum tau anime ini, dimana kisahnya sesungguhnya sangat seru, kocak,romantis dan nyesek secara beriringan.

 Dimana komedi mengalir begitu natural tanpa ada unsur paksaan sedikitpun, dan pesan moral anime dengan judul AIR ini benar-benar mampu tersampaikan kepada setiap penonton nya.

 Berkisah tentang kunisaki yukito, yang berkelana dari penjuru daerah ingin mencari kebenaran tentang gadis bersayap di langit, hingga ia sampai di sebuah kota dekat pantai dengan suasana sepi, yukito yang tidak punya uang melakukan pertunjukan boneka nya, namun itu tak berhasil.

 Di saat kelaparan melandanya, yukito bertemu dengan gadis SMA kamio misuzu di tepi pantai saat disiang hari, karena nya ia tertolong dan yukito yang tak memiliki tempat tinggal diberikan penginapan di gudang dekat rumah misuzu atas persetujuan ibunya.


32.KANON
 

Kanon

 Masih belum jauh-jauh dari anime adaptasi VN key, kali ini yang berjudul KANON  mengambil setting cerita yang berbeda dengan AIR namun masih banyak persamaan nya dengan CLANNAD.

 Dan hingga saat ini, hanya anime KANON yang buat saya ngakak kagak karuan dan paling heboh, karena comedy nya paling natural dengan lelucon yang sangat berkualitas dan tentunya masuk akal.

 Soal romance anime ini pun memadai, apalagi si MC disini memiliki status harem, namun bedanya dengan anime harem lainya, sang tokoh utama berinteraksi dengan karakter cewek satu persatu dengan menggunakan rute dan ceritanya masih terlihat ciri khasnya dari Visual Novel (karena story berjalan sesuai rute yang ada).

 KANON, kisahnya tentang aizawa yuuichi datang kembali ke kota tempat tinggal sepupu dan bibi nya, dan akan tinggal bersama karena yuuichi akan bersekolah di kota tersebut.

 Saat pertama kali sampai di stasiun, yuuichi terlantar karena sepupunya terlambat menjemput, dan sepanjang perjalanan menuju rumah sepupunya Nayuki,yuuichi kembali mengingat beberapa kenangan 7 tahun silam saat ia berlibur di musim panas dan musim dingin.


33.Itazura na kiss
 

Itazura Na Kiss

 Wohh.baru ingat kalau itazura na kiss layak banget saya muat ke dalam daftar rekomendasi kali ini, masih bertema shoujo- romance. anime ini kisah cinta segitiga nya cukup terkesima dan realistis banget.

 Dan comedy nya cukup menggelikan karena sang heroine yang menjadi bahan bulljy atau yang sering ketimpa sialnya.apalagi karakter utama cowok nya cuek dan dingin.   kisah tentang aihara kotoko yang baru naik ke kelas 3 dan memulai tahun ajaran baru di musim semi,dan ia memutuskan memberikan surat cinta kepada irie naoki, murid paling cerdas di sekolahnya yang memiliki wajah tampan dan keren.  sosok orang yang telah ia cintai selama 2 tahun belakangan.

 Namun cintanya tertolak mentah-mentah, namun karena kedua orangtua mereka merupakan sahabat sewaktu muda,keduanya pun secara gak langsung menjadi dekat satu sama lain.


34.Nodame cantabile
 

Nodame Cantabile

 Satu lagi anime romance - music dengan lelucon yang sangat absurd, dimana yang menjadi komedian  nya adalah sang karakter utama wanitanya, noda megumi.  dan reaksi konyol dari karakter utama cowoknya juga mampu mengundang tawa,keduanya menjadi dekat karena banyak alasan dan music yang menghubungkan keduanya.

 Awalnya tentang shinichi chiaki, yang tidak berbakat jadi pianis memutuskan untuk keluar dari pelajaran kursus piano,hal ini diperkuat dengan perlakuan gurunya yang kasar.  dan sejatinya chiaki ingin menjadi seorang konduktor ternama yang terkenal se-eropa, hal ini karena ia terinspirasi dengan gurunya yang tinggal di prancis.

 Ketika ia pulang ke apartemen nya, ia mencium bau tak sedap yang tinggal di sebelah apartemen nya.  penghuni nya adalah noda megumi, gadis dekil yang keadaan kamarnya sangat kotor.

 Pertemuan pertama dengan kesan buruk ini menjadikan chiaki semakin lebih mengenal nodame, dimana gadis tersebut memiliki talenta bermain piano yang hebat, namun ia tak pernah membaca partitur yang ada.


35.Bokurawa minna kawaisou
 

Bokurawa Minna Kawaisou


 Masih ingat banget dengan anime satu ini dengan kualitas grafisnya yang wow buat silau mata karena hasil art nya yang mempesona.  masih ada kemiripan dengan sakurasou no pet na kanojo, dimana masih bertema tentang sebuah rumah kos.

 Kazunari usa, yang memulai kehidupan anak sekolahan mulai tinggal di sebuah rumah kos atas keinginan orangtuanya.  disanalah ia bertemu dengan berbagai orang dengan sifat yang berbeda-beda, ada yang pekerja, pengangguran dan pelajar, salah satunya adalah kawai ritsu yang ternyata merupakan kakak kelas di sekolah barunya.

 Mulai saat itu, Usa mulai merasakan yang namanya tebar pesona setiap berada di depan ritsu-senpai, dan ia merasakan canggung dan malu dan mereka terlihat bersama karena satu sekolah.


36.Lovely complexx
 

Lovely Complex

 Dari tahun 2007 ternyata ada juga anime romance comedy yang kisah nya gak kalah keren dan asyik.  yup lovely complexx dengan kisah dengan problema sang cowoknya yang cebol dan si cewek nya yang jangkung menjadi salah satu alternatif yang dapat kamu tonton nantinya,dan banyak hal yang begitu greget di dalam kisahnya.

 Dapat merasa kesal dan terharu lalu mendadak tertawa di saat yang bersamaan.  kisahnya tentang Otani atsushi dan Koizumi raisa, mereka dijuluki sebagai bintang komedi di sekolah (maaf lupa nama julukan nya).  di saat yang bersamaan mereka punya orang yang disukai dan keduanya sepakat buat saling ngebantu buat memuluskan kencan hingga ke tahap jadian.

 namun banyak hal yang terjadi malah kedekatan kedunya menjadi begitu solid tak terpisahkan satu sama lain.


37.Kokoro connect
 

Kokoro Connect


 Entah mengapa saya memuat anime ini.lyah keingetan begitu saja untuk memuat kokoro connect ke dalamnya, tapi kalau ditinjau lebih lanjut unsur comedy nya gak begitu kuat dan romance nya juga kerasa di bagian akhir cerita.

 Karena kokoro connect memang unggul di bagian drama supernatural.  walaupun demikian anime ini gak bisa dianggap sepele, bahkan rekan saya telah mengakui ceritanya oke banget,kamu bisa simak reviewnya disini.

 Kisah tenteng 5 sahabat yang tergabung di dalam klub perkembangan gaya budaya (PGB), yaitu Inaba yumeko, Nagase Iori Yaegashi taichi, kiriyama yui, dan Aoki yoshifumi.  Suatu waktu di pagi hari 2 diantara mereka mengalami kejadian aneh pertukaran tubuh.

  Setelah kejadian itu, di suatu hari saat sore mereka dijumpai oleh sosok yang disebut "pria gunung" yang menjelaskan segalanya mengenai kejadian aneh yang menimpanya ke depan, dan kelimanya diuji oleh sosok orang misterius ini.


38.Plastic memories
 

Plastic Memories

 Wooh, ini juga gak kalah keren nya mengusung tema cerita tentang pekerjaan dan bergenre romance sci-fi yang jarang banget ditemui di anime lain.  dan karakteristik anime plastic memories mampu menghidupkan cerita,mulai dari lucu, tebar pesona , menegangkan hingga berujung nyesek karena sejatinya anime ini memang sedih banget.

 Sinopsis nya semua berawal dari mizugashi Tsukasa, yang akan memulai bekerja di instansi pemerintahan terminal service dan berpasangan dengan gadis bernama isla, dan tinggal 1 apartemen dengan gadis tersebut.

 Tugas mereka melakukan penarikan kembali giftia yang akan kadaluarsa, dimana jika tidak ditarik . maka akan menjadi potensi merusak bagi orang yang memiliki nya.


39.oreshura
 

Oreshura

 Masih ada lagi anime romance comedy harem yang mirip dengan Chuunibyou koi ga shitai , tapi bedanya Oreshura para heroine nya ini main "keroyokan" dengan MC.

 Kisah tentang eita kidou, yang merupakan murid teladan dan selalu mendapatkan nilai tinggi di sekolah nya.  Hal itu ia lakukan agar dapat menjadi seorang dokter,  Namun dibalik itu semua. ternyata ia tidak suka jatuh cinta, tebar pesona di depan cewek dan lain-lain. Ia mendeklarasikan sebagai cowok yang anti-romance.

 Hingga datang murid pindahan baru seorang cewek bernama masuzu natsukawa, sesaat saja anak baru tersebut populer dikalangan anak cowok.  Hal yang mengejutkan, cewek tersebut malah menyatakan cintanya kepada eita kidou, agar para cowok di sekolah tersebut tidak dapat mengganggu.

 Tentu eita menolak akan hal tersebut, namun sepertinya ia tak dapat menghindar  mengingat ,masuzu memiliki ''senjata yang ampuh'' yang buat eita kidou bisa takluk.

 Karena masuzu menyimpan catatan kebenaran eita dimasa lalu yang ia anggap begitu memalukan.  dalam keadaan terpaksa, eita mengikuti kemauan gadis tersebut dan dari sinilah ceritanya dimulai.


40.Ano natsu de matteru
 

Ano Natsu De Matteru

 Salah satu anime yang cukup menghibur dengan nuansa romansa dan cinta berantai di dalamnya, well saya agak lupa dengan cerita anime ini, tapi ceritanya seru kok, tentang alien yang singgah di bumi untuk mencari sesuatu.  Nah sosok yang dari luar angkasa tersebut malah terjebak dengan yang namanya dilema cinta.

 Bagian endingnya epic banget, dan menjadi salah satu anime yang wajib coba untuk kamu tonton.


41.kiss X sis
 

Kiss X Sis

 Sebenarnya anime ini sudah gak cocok dikategorikan ke romance comedy, melainkan romance tipe hard ecchi (hampir ke hentai).

 Tapi yang membuat anime ini buat saya ngakak bukan main karena ada salah satu karakternya yang ketimpa sial melulu ketika dekat dengan si MC.  Well,memang sih lucunya disini unsur ecchi, walaupun joke nya gak sehat tapi terbukti buat penonton nya geleng-geleng kepala.

 Dan tentunya buat yang nonton semakin iri dengan kehidupan sang karakter utama yang plin plan dan polos tapi "Rezekinya Nomplok" .

42.BAKUMAN
 

BAKUMAN

 Satu lagi kali ini masuk ke anime dengan tema sebuah pekerjaan dan hobi dengan genre slice of life Romance-shounen nya yang terkenal.    Yap, judulnya adalah bakuman, dimana kisahnya tentang mashiro moritaka yang berhenti menggambar.

 Namun ia didesak oleh teman nya, disisi lain ia sudah berjanji dengan azuki miho akan menikah jika manganya berhasil menjadi anime dan miho menjadi seiyuu sang heroine anime adaptasi manga buatan mashiro.  Dan sejak saat itulah petualangan mashiro sebagai seorang mangaka dimulai ketika ia memasuki kelas 3 smp.

 Yang jelas BAKUMAN banyak  pesan moral nya yang dapat kita petik, dan komedi nya sangat begitu humoris dan romansa nya buat siapa saja semakin  iri.


43.Hachimitsu to clover
 

hachimitsu To Clover

 Salah satu anime lawas yang cukup populer di tahun nya (2005&2006) karena kisahnya sangat realistis ditambah romansa dan yang kisahnya mengalir begitu natural ditambah dengan drama yang buat galau hingga nyesek.

 Soal comedy, anime ini sangat bad banget karena banyak hal konyol dan aneh hingga terkesan berlebihan yang siap buat kamu untuk tertawa terbahak-bahak.

 Hachimitsu to clover mengusung tema anak kuliahan dan tempat tinggal di kos-kosan sederhana sangat cocok bagi kamu yang penyuka anime genre josei (kisah mengenai orang dewasa).

 Kisah tentang takemoto yuuta yang mulai kehidupan perkuliahan nya di sebuah rumah kos-kosan yang begitu sederhana. Disanalah ia mengenal sahabat sejati seperti moritaka shinobu, yamada ayumi, hanamoto hagumi, dan mayama takumi.  suka dan duka diiringi dengan gelak tawa mereka menjalani hidup sehari-hari di sebuah rumah kos sederhana tersebut.


44.Gosick 
 

GOSICK

 Kalau dipikir-pikir, Gosick juga termasuk anime romance yang cukup bagus, namun karena mengusung unsur historical dan mystery jadi kesan anime ini juga cukup dark .

 Dimana kelucuan nya dari sang heroine Victorique yang unyu-unyu  gitu dengan duet sang karakter utama Kuzou Kazuya , kalau dililhat sepintas duet karakter utamanya mirip dengan anime Kamisama no memochou.

 Saya agak lupa dasar ceritanya, karena pas itu nonton nya sering di skip, tapi bukan berarti ceritanya gak seru. malahan anime ini cocok untuk kamu pecinta anime mystery.

 Dan disini romance-comedy nya cuma sebagai pelengkap saja.

45.ishuukan friends
 

Isshuukan Friends

 Kali ini anime bertema friendzone namun unsur romance nya sangat kuat dari awal hingga akhir cerita.

 Dan comedy sebagai pelengkap mampu menghibur saya karena lelucon nya gak terlalu berlebihan.

 Kisah tentang Yuuki hase, suatu hari ingin berteman dengan seorang gadis penyendiri di kelasnya Fujimiya kaori, namun ia menolak karena alasan tertentu yang membebani dirinya.

 Yuuki pun mencari tahu apa yang terjadi, dan ia mengetahui kalau kaori mengalami lupa ingatan selama seminggu sekali setiap hari senin. Ketimbang ia berteman dan melupakan temanya, lebih baik ia tak berteman sama sekali.

 Namun hase mencoba meyakinkan hal itu tak benar dan ia berusaha untuk menjadi teman kaori di sekolah tersebut.


46.To aru majutsu no index
 

To Aru Majutsu No Index

 Kalau dilihat secara keseluruhan anime ini lebih berat ke action, namun unsur romance yang sedikit dan comedy yang menggelitik sepertinya cukup untuk meyakinkan kamu kalau anime ini memang benar-benar seru untuk ditonton.

 Dan komedi utama memang terletak dari sang karakter utama yang sering sial karena "tangan kanan nya". semua dimulai di kehidupan kota akademi, dimana sebagian besar penduduknya merupakan para pelajar.

 Dan kisah utama dititikberatkan kepada sosok pemuda bernama Kamijou Touma.  kehidupan nya yang sudah kacau ditambah kacau lagi semenjak kehadiran gadis penyihir bernama Index, namun perkenalan mereka berdua ini merupakan awal dari kebenaran ada banyak para penyihir yang ingin mengincar kota akademi dengan alasan tertentu.

47.Heavy object
 

Heavy Object

 Wuohh, salah satu anime action terfavorit saya ini juga memiliki unsur comedy loh, namun terpisah dengan romance nya yang memiliki tempatnya tersendiri.  Dimana komedi utama dari duet 2 sahabat kocak namun banyak ngoceh, yaitu Qwenthur barbotage dengan Havia Wincell. Dan unsur ecchi akan menjadi bahan guyonan yang sering tampil di anime ini.

 Kisah tentang sebuah robot raksasa bernama object yang memiliki ketinggian ratusan meter dan memiliki berat ribuan ton pula.  dimana object menjadi senjata perang di seluruh dunia menggantikan prajurit manusia untuk menghindari jatuhnya korban.

 Dimana qwenthur dan havia yang sebelumnya hanya prajurit pendukung untuk object baby magnum, namun kini mereka akan dikirim untuk membantu object mengambil strategi karena kecerdikan dan ketangkasan keduanya sudah diakui. Yah mereka akan terjun ke lapangan secara langsung bertaruh dengan nyawa.


48.Sousei no omyouji

 

Sousei No Omyouji

 Datang lagi dari anime bertema dunia paralel. Sousei No Omyouji sepertinya tidak boleh kamu lewatkan begitu saja karena ceritanya cukup menarik, comedy ringan yang menggelitik dan romance nya itu sesuatu banget.

 Kisah tentang jepang yang diserang makhluk bernama kegare  yang berasal dari dunia lain, karena itu ,tim pembasmi iblis dibentuk untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.  semuanya berawal dari Emmadou rokuro, yang ingin berhenti menjadi pembasmi iblis dan ingin menjalani hobi lain seperti orang pada umumnya.

 Namun semuanya secara perlahan berubah semenjak kehadiran sosok gadis bernama Adashino benio dari kota kyoto, datang ke kota narukami.  Dan ia akan tinggal di asrama seika, sebuah asrama tempat tinggal para pembasmi iblis , tempat yang sama dimana Rokuro juga tinggal disana.

 Dan mengejutkan nya lagi, keduanya akan dijodohkan karena Rokuro dan benio merupakan bintang kembar pembasmi iblis, dimana anak dari keduanya akan menjadi seorang miko yang mampu menghentikan kekacauan akibat kegare menyerang ke dunia nyata.


49.soredemo sekai wa utsukusshii
 

Soredemo Sekai Wa Utsukushii

 Salah satu anime romance-shoujo terbaik yang memiliki unsur comedy yang apik dan dijamin buat kamu tertawa karena comedy ringan nya cukup menghibur.  Soredemo sekai wa Utsukushii berkisah tentang petualangan putri bungsu dari kerajaan hutan.

 Remercier Nike yang datang jauh ke negeri matahari karena ia telah dijodohkan orang tuanya.

 Dimana ia akan disandingkan dengan sang raja matahari.Livius Orvinus Ifrika, sang raja yang hampir menguasai dunia.

 dimana sang raja ingin menikah dengan putri bungsu dari raja hutan untuk keperluan memanggil hujan, dimana Nike mampu memanggil hujan karena nyanyian nya.


50.Nerawareta gakuen
 

Nerawareta Gakuen

 Salah satu anime movie yang memiliki kualitas grafis terbaik dan mampu buat mata terpesona.  YUP, nerawareta gakuen cocok untuk kamu yang ingin nonton anime romance comedy tipe movie yang memperhatikan kualitas grafisnya yang WOW.  kisahnya tentang 2 sahabat yang tinggal bersebelahan rumah, Seki kenji dan Suzuura natsuki.

 Disaat musim semi tiba, di kelas mereka kehadiran seorang siswa baru bernama Kyougoku Ryoichi. yang spontan menjadi perhatian para cewek karena memiliki penampilan keren dan wajah yang tampan.

 Namun semenjak kehadiran murid baru tersebut, secara perlahan sekolah tersebut mengalami kejadian aneh dimana murid dikekang kebebasan nya untuk menggunakan handphone disekolah hingga sampai ke tahap pelarangan dalam kepemilikan ponsel.


51.Koe no katachi
 

Koe No Katachi

 Salah satu anime romance-drama yang buat hati para penonton nya dibuat kacau karena banyak konflik di dalamnya. Namun diantara banyaknya emosional yang ada, Koe No Katachi tetap memiliki nuansa romance-comedy yang apik bener dan sangat disayangkan jika kamu gak nonton anime movie satu ini.

 Sinopsisnya mengenai seorang gadis Nishimiya shouko yang baru pindah ke sekolah baru.

 Namun karena ia mengalami tunawicara (bisu) membuat salah satu murid cowok, Ishida shouya mengambil kesempatan dalam kekurangan gadis tersebut untuk menjahilinya.

 Namun kejahilanya sudah diluar batas, membuat nishimiya terpaksa pindah sekolah karena perlakuan semena-mena.  Akibat perlakuan nya ini, shouya mendapatkan hukum karma karena akhirnya ia kena bully dan kejahilan dari rekan nya sendiri.


52.Tanaka kun wa itsume kedaruge
 

Tanaka Kun wa Itsume Kedaruge

 Satu lagi dari anime slice of life school yang seru dan santai pas ditonton, ditambah sifat pemalas sang karakter utama memiliki guyonan tersendiri dan beda dengan anime slice of life lainya.

 Lalu apa jadinya kalau anime ini ada unsur romance nya. Hmm saya yakin ceritanya semakin menarik karena perpaduan romance-comedy yang tepat sebagai pelengkap cerita.

53.Netoge no Yome wa Onnanoko ja Nai to Omotta?
 

Netoge No Yome

 Sebelumnya Netoge no Yome telah direview anime nya oleh bung anmey atas permintaan saya. well anime ini memang menarik, dimana romance comedy nya utama hadir dari sang heroine yang mengalami "sesuatu" gitu.

 Dan termasuk jajaran anime harem karena disini MC cowoknya satu orang, namun bedanya para heroine nya gak main "keroyokan" seperti anime lain, dan malah hanya satu saja yang lengket dengan sang karakter utamanya.

 Yang lainya justru mendukung. well, sinopsis nya saya agak lupa sih, namun jika kamu ingin baca reviewnya bisa kunjungi disini.


54.Hentai ouji wa warawanai neko
 

Hentai Ouji Warawanai Neko

 Hooh, jangan pikiran ngeres dulu dengan judulnya "Hentai" karena anime ini gak ada adegan ikeh-ikeh kimochi.

 Yang ada justu supernatural yang kental di sepanjang cerita.dan kekonyolan si MC yang suka berpikiran ngeres itulah yang membuat anime ini berjudul hentai ouji (pangeran mesum)


55.Koi to uso
 

Koi To Uso

 Dan kali ini jatuh ke anime summer 2017 lalu yang saya sendiri terlambat nonton, tapi ternyata ceritanya seru banget.

 Dimana ceritanya seperti mengada-ada namun saya yakin sangat realistis banget apalagi dengan kehidupann jepang modern saat ini, yang sedang mengalami tanda-tanda krisis kuantitas kependudukan.

 Kisahnya ketika para remaja berusia 16 tahun sudah ditentukan jodohnya oleh pemerintah, yang akan menjadi pendamping hidup mereka di masa depan. Dan orang-orang yang dipilih merupakan pasangan ideal yang telah disesuaikan. yah progam ini dinamakan benang takdir merah ilmiah.

 Kisah utama Nejima yukari yang menerima nasib tersebut karena umurnya telah 16 tahun, namun sebelum nya ia telah menyukai seorang gadis impian, di saat-saat terakhir sebelum pengumuman ia berusaha keras untuk mengungkapkan isi hatinya.  Dan hal ini merupakan awal dari cinta segi tiga yang terjadi diantara karakter utamanya.

Update 04 juli 2018



56.Gamers!
 

Gamers

 Akhirnya artikel rekomendasi kali ini saya update juga haha. Oke, saya rasanya gak nahan kalau belum memuat Gamers! sebagai salah satu anime romance - comedy yang bernuansa otaku-game yang sangat menggelitik.

 Ceritanya mengenai para remaja usia anak sekolah SMA yang saling berinteraksi dengan nge-game, yah yang saling menghubungkan antara satu dengan yang lainya karena mereka sesama para gamer.  Lalu apa jadinya jika anime bernuansa otaku gamer dipadukan dengan unsur romantis dan komedi, ditambah dengan unsur kesalah pahaman yang selalu ada di dalam ceritanya (bahkan hampir mendominasi).

 Karena itu, saya saranin banget untuk kamu tonton dengan segera, karena ceritanya terjamin mantap, apalagi bagi pecinta anime kekinian yang kebanyakan anime bernuansa otaku.

57.The World God Only Knows (TWGOK)
 

TWGOK

 Yang satu ini pun juga masih sama bernuansa otaku game, cuma bedanya Kami Nomi zo Shirui Sekai (TWGOK) merupakan anime yang udah tayang dari tahun 2010 , karena itu menjadi salah satu anime legend dan saya yakin sewaktu on go ing dulunya sempat booming mengingat anime yang membahas mengenai para otaku masih jarang ( pada waktu itu ) .

 Ringkas kisahnya mengenai Katsuragi Keima, yang merupakan dewanya para heroine namun sebatas dunia game, dan rekan sekolahnya menjuluki nya sebagai "Otoshigami" .

 Namun apa jadinya karena suatu keadaan, ia terikat kontrak oleh para iblis untuk menaklukan hati gadis di dunia nyata, hal ini dilakukan agar iblis yang terikat kontrak dengan nya dapat menangkap kaketama dengan cara gadis tersebut jatuh cinta atau berciuman dengan si keima.

 Anime yang cukup greget dijamin buat para jomblo semakin ngenes dan iri tak tertahankan karena anime ini sudah jelas ada unsur harem nya..


Penutup.


 YUP, jadi inilah Daftar anime romance-comedy yang dapat saya muat kali ini

. Dan gak janji sih, namun kalau gak malas atau sibuk saya akan menambahkan nya lain kali kalau pas nonton anime lainya yang sesuai dengan kriteria diatas. dan saya terima saran dari kamu yang mau kasih rekomendasi anime romantis dan komedi selain diatas.

 Mana tau masih ada yang kelupaan atau memang belum saya tonton sebelumnya. dan terakhir, sekedar saran baca juga Rekomendasi Anime bertema dunia paralel terbaik yang sudah saya tulis sebelumnya, semoga saja jajaran anime nya memuaskan.

 Dari saya ucapkan selamat nonton anime nya.dan 1 permintaan jika kamu suka list anime ini boleh tinggal jejak komentar dibawah karena 1 komentar dari kamu sangat berharga bagi saya selaku penulis ^_^  .

Next

Related