Rabu, 20 Mei 2020

Review Anime Eikoku Koi Monogatari Emma Molders Hen - Datang Kembali Mengenang Cinta Dahulu


Review Anime Eikoku Koi Monogatari Emma Molders Hen


  Setelah sebelumnya saya mengulas tentang anime berjudul eikoku koi monogatari emma.

Kali ini mimin mau melanjutkan ulasan mengenai season kedua dari anime satu ini.

Dimana sebelumnya saya katakan. Kalau cerita di musim pertamanya yang terasa gantung di akhir episode 12 nya.

Secara ringkas,eikoku koi monogatari emma: molders hen berkisah tentang emma. Yang kini telah bekerja kepada majikan baru dari keluarga bangsawan molders.

Dimana sebelumnya emma terpaksa harus meninggalkan ibukota karena nona kelly stownar yang telah meninggal dan ia berencana kembali ke kampung halaman nya di pesisir pantai.

Namun nasib baik menghampirinya, ketika ia naik kereta ingin pulang, nona molders tertarik dengan nya untuk menjadikan emma sebagai pelayan yang ia datangkan tanpa melalui rekomendasi.

Alih-alih menjalani hidup diluar london sekalian untuk melupakan perasaan nya. Namun disisi lain hatinya bergejolak melawan keinginan emma sendiri.

Dimana bayang-bayang seorang william jones masih membekas di hatinya.

First Impression: anak tertua meyakinkan ayahnya

sebelumnya saya katakan dalam review emma season 1, kalau william berbicara dengan orang yang salah, dimana ayahnya menjadi kepala batu jika berbicara tentang status sosial.

tentu ia tak setuju pernikahan nya dengan seorang pelayan yang akan merusak reputasi nama keluarganya, tanpa peduli perasaan sang anak itu sendiri.

namun william tak menyerah dalam impian nya untuk meyakinkan sang ayah, bisa saja ia mengambil jalan mudah dengan keluar dari keluarga jones jika lebih memilih emma.

namun ia tak memilih jalan tersebut yang ia anggap buat orang terdekatnya tidak bahagia. dimana william meyakinkan sang ayah dengan prestasi kerjanya dengan dalih dapat direstui.

namun yang ia temui hanyalah jalan buntu.

ada saatnya kata "menyerah".

sebagai sosok yang menilai dari sudut pandang seorang penonton, saya tau betul, kalau william adalah manusia biasa.

dimana ia bisa saja merasa lelah dan ingin menyerah setelah berusaha namun yang selalu ditemui hanyalah kebuntuan.

antara kasihan dan tak punya pilihan, tampaknya william mulai sedikit memperhatikan sosok penghalang cintanya dengan emma.

karena hanya itulah pilihan yang ayahnya tawarkan, untuk menikah dengan gadis lain dengan status sosial yang menjanjikan.

Eleanor Cambell, gadis yang meyakinkan hatinya, dan menunggu sang pujaan hati jatuh dalam pangkuan.


sedikit mau menjelaskan, disini orang penghalang dalam review sebelumnya adalah eleanor cambell, dengan menyandang status bangsawan, ayahnya william sudah merencanakan perjodohan mereka sebelumnya.

ia berusaha dengan kata-kata yang tulus untuk terus meyakinkan william kalau ia memang benar-benar cinta.

dengan dukungan orang tua dan sanak saudara, itu sudah cukup dan tanpa alasan lagi untuk mengelak dari perjodohan.

tentu william sebagai sosok yang keadaan nya tersudut, akan merasa sangat bimbang karena hatinya hanya untuk emma yang jauh disana, sedangkan keluarganya menantikan ia bersanding dengan eleanor yang dekat disini.

beralih ke hati yang lain, walaupun hanya sebagai pelarian.

tanpa diduga-duga, william mengatakan cinta kepada eleanor, walau disini kelihatan jelas kebohongan nya.

tapi hal ini telah membuat keluarga serta suadaranya terbuai dan pembicaraan pertunangan terus mengalir.

dan hari itu pun tiba, mungkin menjadi moment yang menyenangkan untuk keluarga besar jones, tapi tampaknya ada kesalahan disini. karena...

tapi sayang, kehadiran kekasih lamamu, datang kembali mengenang cinta dahulu.

saya yakin kamu ingat dengan sepenggal lirik lagu slow rock malaysia diatas, mungkin lirik diatas merupakan kata yang tepat untuk mewakili perasaan nona eleanor cambell.

dimana acara pertunangan nya dengan william seharusnya menjadi awal kebahagiaan, namun justru kehadiran emma secara tak terduga, malah menjadi awal kehancuran hati eleanor.

lalu, bagi william kedatangan emma di hari tunangan nya, diibaratkan hati yang sudah ditutup rapat-rapat, namun secara tak terduga terbuka lagi.

pertemuan itu sekaligus sebagai moment memantapkan perasaan nya, kalau ia memang tidak bisa mencintai orang lain selain emma, dan pertunangan nya dengan eleanor merupakan sebuah kesalahan.

disisi lain, emma sebagai pelayan tuan baru dan segala permasalan nya.

ketika dari pertama saya membahas dari sisi william, kini mengenai kehidupan emma setelah menjadi pelayan keluarga molders.

dimana nasibnya bisa dibilang mujur, karena ia dipekerjakan tanpa melalui rekomendasi, hanya sekedar kenalan dengan nona besar nya. ia langsung diterima melayani keluarga bangsawan yang baru.

apalagi dari sikap, tindakan dan cara kerjanya, emma merupakan pribadi yang menyenangkan nona besarnya.

hal ini membuat nona molders kerapkali memberikan kesempatan hingga keistimewaan sebagai pembantu.

salah satunya ketika ia diajak ke london, usut punya usut, tanpa sisangka-sangka, emma malah menghadiri pertunangan orang yang seharusnya tidak ia lihat.

seakan menjadi takdir, dan nasi telah menjadi bubur, pertemuan mereka membuka babak baru drama yang lebih rumit.

hancurnya nama baik, dan usaha memperbaiki dengan prestasi.

lambat laun, tampaknya nama keluarga jones mulai tercoreng soal berita yang tidak menyenangkan.

sekali lagi, william bersikeras dengan hati dan pendirian nya, dimana ia berusaha memperbaiki segala kesalahan fatal yang dibuatnya dengan prestasi kerja.

apalagi ayahnya yang terkenal sebagai pedagang sukses dan koneksi antar bangsawan yang kuat, merasakan betul dampak dari nama keluarga yang sudah tercemar dalam dunia bisnis.

tapi kamu disini akan melihat bahwa william sebenarnya sosok yang punya pendirian kuat dan bertanggung jawab dengan memulihkan nama baik keluarga besarnya yang telah ia cemari akibat tindakan nya.

emma yang terus bimbang akan perasaan nya.

mungkin di season 2 ini, yang paling terasa sangat mengesalkan karena perasaan hati emma yang sangat bimbang, ia tak punya pendirian sekuat william, dimana pendirian nya mudah goyah karena keadaan dan orang sekitarnya.

dan kehadiran 1 orang yang menghambat kedekatan nya dengan william sukses membuat pikiran emma kacau.

hingga pada suatu waktu, ia diberikan 1 kesempatan emas sekaligus kesempatan terakhir jika memang ingin mempertahankan cintanya.

tapi untuk menuju pada kesempatan itu, ia harus menghadapi kebimbangan hatinya yang terus-menerus membayangi, tapi tampaknya sekali lagi emma menemukan moment yang tepat untuk tetap bisa bersama sang pujaan hati.

penutup.

jika kamu paham akan ulasan saya diatas, tentu paham betul apa yang akan terjadi pada bagian endingnya. dimana kisah cinta terlarang di zaman london abad 19 merupakan cinta beda sosial.

jangankan cinta, bersosial dengan kelas bawah saja dikatakan memalukan dan tak pantas, bisa mencoreng nama bangsawan itu sendiri.

jadi sebenarnya gak heran di kehidupan nyata di london pada abad 19 di masa lalu, kisah cinta seperti william dan emma bukanlah sebuah kebohongan.

apalagi kalau dulu, kemungkinan besar pernikahan hanya terjadi kalau terdapat perjodohan yang dilakukan orangtua, tentunya hanya berlaku kalangan orang kaya dan bangsawan.

kalau orang miskin dan rendahan mah, biasanya soal jodoh-jodohan itu sedikit bebas, dan orang itu sendiri yang menentukan jodohnya.

mungkin kita sedikit bersyukur hidup di zaman sekarang, karena soal jodoh tidak terlalu ketat seperti zaman dulu. dimana zaman dahulu soal jodoh yang dipertimbangkan mesti reputasi sosial dan nama baik seseorang. ^_^ .

Next

Related