Rabu, 06 Mei 2020

Review Anime Lord Of Vermilion Guren No Ou - Tidak Seburuk Ratingnya

review anime lord of vermilion guren no ou



setelah beberapa waktu lalu, saya sempat terkesan anime dengan MC bersifat keren, sebut saja God Eater
setelah sekian lama, akhirnya ada anime lainya dengan sifat MC yang menyenangkan buat saya lihat saksi dalam kisahnya.

dengan berjudul Lord Of Vermilion: Guren No Ou, salah satu anime di musim Summer 2018 lalu ini. selain dari karakter utamanya sendiri.

juga ceritanya cukup mumpuni, dan kesan nya saya bernostalgia setelah beberapa judul anime lama setelah nonton seri ini.

Sinopsis Lord Of Vermilion: Guren No Ou Berkisah tentang kota tokyo di tahun 2030, mengalami sebuah tragedi suara frekuensi tinggi yang misterius yang berbarengan dengan munculnya kabut merah.

baik manusia maupun hewan yang mendengar akan pingsan karena frekuensi suara tersebut.

salah satu korban yang dikisahkan adalah kamina chihiro, dimana ia orang yang pingsan dengan waktu bangun yang  paling lama sekitar 6 bulan.

dimana ketika ia tersadar, keadaaan tokyo sebagian besar berubah drastis.

dari sinilah semuanya dimulai, mereka menyadari ada musuh dibalik semua itu, lalu orang-orang tertentu tanpa disadari telah terpilih sebagai Garis Keturunan Pahlawan untuk melawan segala ketidak murnian.

Jadi kesan pertama saya mengenai anime ini, bisa dibilang tepatnya kompleks, karena semua unsur hingga konsep cerita yang dihadirkan dalam lord of vermilion: Guren No Ou digabungkan menjadi satu.

2 rivalitas sengit dan dua dunia berbeda seperti shakugan no shana ada, dunia post apocalypse seperti gulilty crown ada, tragedi yang mirip zetsuen no tempest ada, ketika darah menjadi senjata seperti deadman wonderland pun juga ada.

namun, walaupun beberapa bagian ceritanya selengkap ini, entah mengapa soal ratingnya di MAL tidak terlalu menjanjikan.

saya pun sempat berpikir keras mengapa anime unik ini banyak dinilai kurang para penikmat anime.

yah bisa dikatakan, kalau spoiler awal cerita dan endingnya itu tidak "selaras".

mungkin disinilah letak ketidak puasan penonton nya, seakan mereka telah "tertipu" dengan pembukaan nya yah seperti itulah.

namun jika kisahnya dari episode ke episode, saya rasa anime ini selalu memberikan arti kecil dalam hati saya dan memberikan kesan tak terlupakan.

dimana arti kehilangan seseorang yang berarti benar-benar mendapatkan perhatian penuh ceritanya.

apalagi sebagian besar setiap karakter nya memiliki latar belakang masa lalunya masing-masing.

dan membuatnya membekas ketika mulai dikisahkan dalam bentuk kilas balik.

dimana setiap karakter mencoba memahami dengan mencari persamaan sudut pandang dalam menilai keadaan dunia dan nasib.

lalu usaha pencegahan dengan cara melindungi orang-orang yang ingin dilindungi kamina chihiro, disini diperlihatkan dengan cara yang keren.

walaupun seakan mimpi buruk datang berkali-kali kepada MC yang telah diberikan sebuah isyarat dengan akurat, dan semuanya kembali ke remaja karakter utama ini.

mampukah ia mengubah keadaan dan takdir orang terdekatnya dengan melindungi setelah mendapatkan sebuah petunjuk, dimana usaha mengubah takdir ala kamina chihiro akan terus dipertanyakan.

apalagi statusnya sebagai Guren No Ou ( raja merah ) dimana takdir dan harapan masa depan dunia secara langsung atau tidak, ada berada di tangan nya.

salah satu point yang menarik dari anime ini, dimana salah satu musuh sengit si MC saja.

masih diapresiasi dan dihargai serta mendapatkan kemakluman dari MC, karena alasan misterius musuh ingin melindungi orang yang sama dengan kamina chihiro.

yah disini menghentikan segala kekacauan dan melindungi rekan dekatnya merupakan poit utama kamina chihiro.

hingga keputusan akhir yang final, dimana ia "berkorban" demi orang lain, walaupun pengorbanan sang karakter utama juga tentu disisi lain akan memberikan efek kesedihan bagi orang yang dilindunginya.

jadi, secara keseluruhan saya sangat suka dengan dengan Lord Of Vermilion: Guren No Ou, karena sisi manusiawi nya diperlihatkan dalam anime ini begitu hidup dan menghayati.

lalu drama perdebatan, dengan sepihak saja banyak pertentangan dan pembicaraan alot terjadi, apalagi dengan lawan musuh, jelas mereka hanya menyelesaikan masalah nya dengan kekuatan, siapa kuat dia menang. tanpa melakukan sebuah mediasi.

oh iya saya lupa, kalau anime ini juga memperlihatkan secara jelas, mengenai ideologi garis keturunan pahlawan vs Musuh. dimana visi misi keduanya begitu jelas dan tegas.

dan malah jadi bingung itu, sebenarnya siapa yang benar, siapa yang salah, atau siapa yang keliru.

jika kamu sebelumnya sudah nonton shakugan no shana akan memahami secara menyeluruh tentang 2 idelogi pihak musuh dan pihak lawan, dimana kedua anime ini memiliki kemiripan walau sedikit.

lalu soal penilaian, saya suka dengan grafis keadaan dunia yang menjadi tantangan untuk para garis keturunan pahlawan untuk menyelamatkan dunia.

dimana keadaan tokyo yang mengalami berbagai keadaan misterius.

dengan kabut merah dan efek visualisasi yang memukau dengan adegan laga sinematografi menurut saya di rata-rata anime dari action supernatural pada umumnya.

lalu soal musik latar belakang yang mengiringi dalam setiap detik ceeritanya, terdengar begitu hidup, dan sesuai dengan keadaan yang terjadi.

yang membekas tentu ketika adegan laga dan perdebatan dengan kata-kata, disinilah dihadirkan musik latar belakang dengan nuansa mencekam, saya mendengarnya sendiri seakan seperti mendapat ancaman dari dunia.

lalu lagu pembukanya dengan berjudul Tenshi yo Kokyou wo Kike by May'n, bisa saya katakan kalau lagu inilah yang membuat permulaan awal episode terasa hidup hingga membuat ngefeel mengenai ceritanya walau hanya sekedar mendengar lagunya.

lalu endingnya yang berjudul Akaku, Zetsubou no Hana by JUNNA, menurut saya feel nya biasa saja, malah berbanding terbalik dengan openingnya yang buat suasana nya semakin hidup.

entah mengapa saya merasa kurang menyentuh dengan endingnya, namun itu semua kembali kepada diri masing-masing.

Penutup

jadi, dengan beragam pendapat dan penilaian saya mengenai anime satu ini, apakah kamu merasa tertarik untuk menonton nya.

dimana awalnya mungkin melihat dari informasinya merasa tidak yakin kalau ceritanya bakalan menjanjikan.

yah semua kembali ke selera masing-masing, ulasan ini hanyalah opini dari sudut pandang saya pribadi.

secara overall, saya memberikan skor 7, karena ceritanya tidak terlalu buruk. tapi tentu saja terkesan kurang karena gantung, dan rasanya saya tetap mengharap kalau anime ini ada season 2 nya. ^_^ .

Next

Related