Selasa, 26 Mei 2020

Review Anime Sukitte li na yo - teman, cinta, masa lalu, saling terkait disaat bersamaan


Review Anime Sukitte li na yo
 


ini termasuk anime yang saya tonton diawal-awal dulu ( tahun 2015 ).

 sudah sempat saya ulas, namun entah kenapa rasanya tulisan dulu ini kurang memuaskan, dan saya coba untuk menulis ulang.

 sukitte li na yo saya anggap salah satu anime pelopor romance sekolah versi saya, cerita yang mudah dipahami namun memiliki aura pendewasaan dan sikap karakter yang jauh lebih realistis.

 dan review kali ini saya akan membantu kamu untuk belajar saling memahami bagaimana ceritanya berkembang dan apa saja point baik yang dapat kita ambil dari anime ini:

Sinopsis:

 Menceritakan tentang kisah tachibana mei yang penyendiri dan anti-sosial di sekolah.ia bersikap demikian sejak dari kecil karena menjadi korban fitnah teman-temanya di masa lalu.

  kemudian yamato mulai mengenal mei,dan dia berusaha ingin menjadi temanya.karena suatu keadaan mei mulai dekat dengan yamato dan mulai mengerti apa arti 'teman' yang sesungguhnya.

First Impression: Galak, tapi di sisi lain mei hanyalah gadis biasa

  salah satu hal menarik untuk saya ( mungkin kamu akan menilai nya berbeda ) , ketika cara pengenalan antar karakter pentingnya disini, mungkin karena sebuah kejadian yang justru tak mengenakkan bagi tachibana mei.

 rok nya dipegang anak laki-laki ketika di tangga , sayang mei yang sudah gelap mata tanpa menilai siapa pelakunya, ia justru menyerang kurosawa yamato yang kebetulan dekat dari tempat kejadian.

 daripada marah, justru yamato tertarik dengan sikap kasar mei yang demikian, dimana hampir seisi sekolah, para siswi nya mudah ditaklukkan karakter ini, dan ketika ada gadis melakukan perlawanan, disitulah daya tarik yamato untuk melunakkan hatinya .

 jika demikian, apakah anime ini akan mengisahkan tentang playboy ? iya, tapi dengan catatan , hal itu hanyalah dalam pandangan orang-orang terhadap yamato.

   dan disini tachibana mei akan menilai sosok cowok yang berusaha mendekatinya seakan memiliki motif tersembunyi.

  hingga pada suatu keadaan, mei yang dalam keadaan terdesak meminta bantuan ke yamato, namun cowok ini menyelesaikan masalah mei dengan caranya yang egois.

  yah, cara itu memberikan kesan seakan mei sama seperti gadis yang "ditaklukkan" yamato.

 ia kesal dengan kedekatan yamato yang dengan mudah memperlakukan wanita sesukanya, namun disisi lain mei menerima kepribadian cowok ini di dalam hatinya.

 karena itu mei berusaha memahami yamato dari hati ke hati dan bukan hanya sekedar penampilan dan penilaian teman-teman terdekatnya.

Bagaimana dengan ceritanya ?

  sukitte li na yo ceritanya akan berpusat kepada hubungan antara tachibana mei dan kurosawa yamato secara intens dari awal hingga akhir, dimulai bagaimana cara mereka berkenalan.

 apa yang membuat keduanya saling terhubung dalam sebuah pembicaraan, dan apa kesan diantara keduanya hingga benih-benih asmara pun tumbuh.

  tak seputar romansa, anime ini pada awalnya akan mempermasalahkan mengenai mei di masa lalu yang memiliki masalah pertemanan, merasa dikhinatani teman nya, ia menutup pintu pertemanan sejak saat itu hingga setidaknya sampai di bangku SMA.

 paham dengan kondisi ini, yamato seakan menjadi secercah cahaya dalam kegelapan hati mei, karena usaha keras nya membujuk untuk menjadi teman pertama mei setelah sekian lama.

 lambat laun anime ini akan membawa cerita dimana mei akhirnya sadar arti pertemanan yang sebenarnya, bahwa ia sadar bahwa hidup manusia itu dasarnya dibentuk karena hubungan sosial antar sesama.

  dan mei akhirnya sadar, pertemanan dan ikatan sesama manusia adalah hal benar, mungkin yang salah ketika ia mempercayakan kata "teman" kepada orang yang salah.

 kedatangan yamato, sekali lagi memberikan kepercayaan dirinya untuk terikat dalam interaksi sesama teman.

 cowok ini pula yang menjadi relasi beberapa teman lain bagi mei, dan tampaknya kini mei lebih cermat siapa saja yang dapat ia berikan kepercayaan untuk menjadi teman dekatnya.

 intinya sukitte li na yo ceritanya mengenai kepercayaan, pertemanan, cinta, cemburu, benci dan tekanan di  waktu terpisah, dan disisi lain hal-hal ini saling terkait di waktu yang bersamaan.

 dan saya lupa, anime ini akan sedikit membahas mengenai pembullyan di sekolah dan bagaimana masa lalu antar karakter nya.


Bagaimana soal karakternya ?

 dengan berjumlah 12 episode, sukitte li na yo tampaknya cukup memuat banyak memuat berbagai karakter yang tidak terlalu penting.

 menyadari ceritanya sangat ringkas, jadi peran karakter yang diangkat dalam cerita mungkin hanya diperdalam di bagian masa lalunya, dan rata-rata mereka yang dikisahkan masa lalunya memang memiliki tekanan trauma pembullyan.

  dan ketika masalah karakter yang dimaksud usai, mereka sengaja tidak dikisahkan lebih lanjut, jadi mereka penting disaat tertentu saja jika berkaitan dengan mei dan yamato.

 justru anime ini akan banyak memuat moment-moment pertemanan dalam lingkaran orang terdekat tachibana mei.

jadi porsi cerita hingga akhir mengenai karakter nya saya yakin mampu memuaskan semua orang, eksekusi karakter nya dirasa sudah pas.

Apa saja point plus minusnya ?

 +  plus

anti-sosial, pembullyan, penakluk para hati wanita, hujat, sindiran, hingga cinta dan pertemanan disaat yang bersamaan.

 tampaknya dilema yang ada di sukitte li na yo sukses memberikan kesan serius, dan karena aspek pendukung ini, anime ini lebih menekankan evolusi karakter untuk berubah lebih baik dari keterpurukan di masa lalu.

  peralihan dari hal-hal negatif menuju kearah positif, inilah point unggulan utamanya,  lalu bagaimana cara mengembalikan kepercayaan heroine nya karena trauma masa lalu juga bisa dijadikan nilai lebih.

 grafis animasi yang halus cukup saya sukai, mungkin dimata para anime lovers lain kesan nya biasa saja.

 suara-suara sumbang penuh ekpesi antar karakter nya mampu disalurkan dengan baik, saya suka lagu pembuka maupun penutup penuh dengan kesan memorial.

- minus

  ini adalah anime romance drama mengenai anak SMA yang terpuruk dan bangkit menuju kedewasaan diri, jadi tidak semua orang akan menyukainya.

 apalagi ini ada kesan playboy nya mungkin kelemahan yang buat para lelaki enggan menonton karena merasa miris. 

 jadi kelemahan nya, anime yang bagus tapi ditujukan untuk orang tertentu.

Jadi, anime ini cocoknya ditonton sama siapa ?

 cocok untuk kamu pecinta romantis drama sejati, yang sedang belajar cara mendewasakan diri, dan cara memahami perasaan seorang teman karena masa lalunya, dan mencoba untuk saling bertukar pikiran.

 dan lupakan jika kamu menonton sukitte li na yo mencari hal-hal yang bersifat fun and happy ( mungkin cuma romance nya yang memenuhi syarat ini ) atau kamu mengharap anime ini bisa buat senyum tertawa, sebaiknya lupakan.

Kesimpulan

 dengan berbagai point yang sudah saya angkat dalam pembahasan, sukitte li na yo sekali lagi saya rekomendasikan untuk kamu para anak muda yang mencari sebuah sudut pandang antara teman, cinta, dan masa lalu disaat yang bersamaan.

 7.3/10 untuk sukitte li na yo dengan segala nilai plus minusnya, dan semoga penilaian ini memudahkan kamu untuk mempertimbangkan untuk menonton nya.  ^_^

Next

Related