Rabu, 06 Mei 2020

Sedikit Pembahasan Tentang Anime Kimetsu No Yaiba

sedikit pembahasan mengenai anime kimetsu no yaiba



Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, tahun 2019 adalah tahun gemilang untuk anime Dimana sepanjang awal penayangan nya mulai dari musim semi 2019 hinga musim panas 2019.
Banyak sekali linimasa di beranda fb saya penuh dengan postingan anime satu ini.

Mulai dari pembahasan dari episode ke episode selanjutnya, foto foto original screenshot, draw, wallpaper hd dan semacamnya setiap hari gak ada putusnya.

Saya sempat menaruh sedikit perhatian mengenai anime yang diadaptasi dari manga ini, namun tampaknya bisa ditahan dikit menunggu versi bacth nya.

dan ketika artikel ini ditulis, saya sudah nonton hingga 26 episode hingga tamat.

saya sengaja membuat sedikit pembahasan ini murni dalam ingatan saya nonton KNY dari episode 01 hingga 26, jadi apa yang saya tulis di bawah merupakan murni opini atau pendapat mimin pribadi.

dan ini bukanlah review yah, saya sengaja tidak mengulasnya, biarkan Anmey21 atau penulis lainya yang akan mengulas nya di kesempatan mendatang.

Catatan: artikel di bawah akan menjadi spoiler untuk yang belum nonton !!!




jika teman-pembaca penasaran dengan pembahasan dari saya, mari cek yang pertama adalah:

01.sisi kehidupan Iblis



 

di episode pertama, ketika tanjirou ingin pulang kerumah ketika hari akan gelap. ia dicegah oleh seorang paman yang ia kenal.

dan disinilah pembahasan tentang iblis dimulai dan bagaimana asal usulnya. dan tentu hal itu baru tanjirou ketahui

tapi yang sedikit menggangu saya, mengapa keluarganya malah tinggal di daerah gunung. dan ketika tragedi itu terjadi saya malah menuding akibat tinggal jauh dari keramaian.

tapi alasan ketidak tahuan tentang dunia iblis itu sendiri mungkin alasan yang masuk akal mengapa keluarganya tinggal jauh dari tetangganya.

hal ini diperkuat dengan hadirnya Tamioka Giyuu, dimana pertemuan pertama tanjirou dengan tamioka dan sosoknya tidak dikenali sebagai organisasi pemburu iblis. apalagi organisasi ini tidak diakui Pemerintah.

yah ambil kesimpulan nya bahwa orang umum tidak tau kalau ternyata ada iblis yang memangsa manusia ketika malam.

informasi yang ditutupi ini alasan nya mungkin agar tidak terjadi kepanikan dalam skala besar.

02.Kamado Nezuko



Kamado Nezuko

 

dalam episode pertama, kita diberikan fakta yang mengejutkan, mengapa hanya nezuko saja yang selamat, apa alasan nya.

dan kita ketahui bersama, nezuko tidak mati diterkam alias dimangsa langsung oleh iblis, seakan ia disengaja untuk dijadikan iblis.

namun nasib malang dengan anggota keluarga lainya yang nyawanya tak tertolong.

tapi kejadian tak terduga yang dialami nezuko seperti ia bisa menahan diri memangsa manusia dengan tidur , hal itu merupakan kejadian pertama dalam dunia iblis, seakan nezuko memiliki keistimewaan.

dan karena gadis inilah, si MC berjuang mati-matian untuk mendapatkan kekuatan, menjadi anggota pemburu iblis, dan usaha untuk tanjirou menjadikan adik perempuan nya kembali jadi manusia.

03.Berapa Umur Tanjirou



 

saya sempat berpikir, kira-kira berapa sih umurnya si tanjirou, dimana nezuko masih normal saja sudah tampil menjadi gadis belia dimana perkiaraan umurnya di rentang 17 sampai 19.

lalu sang kakak mungkin di umur 20-an.

tapi hal itu sedikit meragukan mengingat disini tanjirou tentu memiliki rekan untuk membuat ceritanya menarik, nah mereka adalah Agatsuma Zenitsu dan Hashibira Inosuke.

dimana keduanya jauh lebih anak-anak dari tanjirou yang statusnya anak sulung, dimana tanggung jawab keluarga setelah ayahnya meninggal ada di pundaknya, jelas tanjirou lebih dewasa terutama dari segi tanggung jawab.

namun jika dilihat sekilas tanjirou tampaknya memang sebaya umurnya dengan mereka berdua.

jadi kesimpulan nya karakter utama satu ini umurnya memang sekitar 17-an tahun, namun disisi lain saya memperkiaran tanjirou umurnya sekitar 24 tahun, wah tampaknya ketuaan yah jika memang umurnya segitu.

04.Luka di Kening Tanjirou



Kamado Tanjirou

 

seakan sudah menjadi identitas dan tanda lahir bagi tanjirou, dimana ayahnya juga memiliki semacam luka di kening kiri.

terlepas dari apa penyebabnya, coba bandingkan luka tanjirou sebelum seleksi akhir dan sesudah, tampak perubahan mendadak tanpa ada pembahasan lebih lanjut untuk versi animenya.

namun jika menurut sudut pandang saya, lukanya berubah karena luka akibat topeng yang diberikan gurunya, dimana topeng tersebut pecah tepat di bagian kening kirinya ketika melawan iblis disaat ujian seleksi akhir.

tapi daripada dibilang luka cedera, lebih tepatnya semacam kutukan ( seperti milik sasuke ).

05.Urokodaki Sakonji



 

ketika tanjirou bingung dengan apa yang terjadi dan kemana ia harus mengadu nasibnya, Tomioka sedikit memberikan nya solusi untuk datang ke tempat gurunya Urokodaki Sakonji di gunung sagiri.

tentu hal itu tidak sembarangan dilakukan oleh Tomioka, ada alasan khusus mengapa ia mengirim tanjirou untuk datang kesana.

dan pada bagian inilah kita akan melihat latihan keras tanjirou hingga ujian seleksi akhir.

dimana fakta yang terungkap, bahwa Paman Urokodaki sendiri dulunya seorang pilar pembasmi iblis sekitar ( saya agak lupa ) 30-50 tahun lalu.

06.Mengapa Pedang Tanjirou Warna Hitam



Kamado Tanjirou

 

bagi yang nonton animenya, tentu pas pertama kali memegang pedang nichirin tempahan nya, kita akan menebak warnanya bakalan merah tua, namun sayangnya yang terjadi pedang tersebut berubah menjadi hitam.

dimana warna hitam memberikan pertanda kalau penggunanya tidak bisa berkembang terlalu jauh, tapi apakah kita setuju dengan pernyataan tersebut.

saya sih tidak, pendapat saya mungkin berubah menjadi hitam karena masih ada kekuatan tersembunyi milik tanjirou super misterius dalam dirinya yang belum ia sadari.

07.Kibutsuji Muzan



Kibutsuji Muzan

 

salah satu yang cukup mencuri perhatian saya adalah keberadaan Kibutsuzi muzan yang untuk penampilan pertamanya mirip banget dengan Michael Jackson.

dia kan Big Boss nya, seharusnya kemunculan antagonis terkuatnya ditampilkan diakhir, di bagian pamungkas, dan kehadiran muzan ketika diperkenalkan menjadi "kartu AS" atau mungkin "kartu Joker" di dalam dunia iblis sebagai ancaman terbesar umat manusia.

seakan, anime ini melawan hukum alam anime action yang ada bumbu misteri identitas antagonis utamanya disembunyikan hingga di akhir.

lah anime ini sudah memperlihatkan dengan jelas siapa musuh utama ketika scene opening theme nya.

tapi, disisi lain hal itu justru memberikan sensasi anime action yang berbeda, apakah Muzan akan menjadi orang paling ditakuti di dunia iblis, atau ada karakter lain lagi yang lebih kuat dari dia.

dimana diperkenalkan nya muzan di awal hanya sekedar pengalihan semata, hmm entahlah.


08.Siapa ayahnya Tanjirou dan Keluarga Kamado



Kamado Tanjuurou

 

dengan identitas anting hanafuda sepasang di telinga, seakan orang dengan identitas tersebut menjadi ancaman terbesar bagi Muzan, apalagi kilas balik sekitar ratusan tahun yang lalu memperlihatkan ia tak berdaya dengan sosok orang dari keluarga Kamado. dari turun temurun menggunakan anting Hanafufa,

hal ini membuat kita semakin penasaran tentang identitas keluarga Kamado yang sesungguhnya.

disisi lain, juga tentang ayahnya si MC ini, dimana ia menganggap sosoknya luar biasa walau dalam kilas balik dikisahkan keadaan fisik ayahnya dalam keadaan lemah.

dan apakah dengan keadaan tersebut, apakah ayahnya pernah berurusan dengan Muzan secara langsung, hmm ini masih menjadi misteri.


09.Episode 19



Kimetsu No Yaiba Episode 19

 

sudah tidak dapat dipungkiri lagi, kalau anime ini mendapatkan moment fight epic nya di episode 19, seakan episode satu ini menjadi titik hype kimetsu no yaiba.

dimana ketika jurus pernafasan air milik tanjirou sudah tak mampu mengatasi sang iblis, dengan rasa ingin melindungi sang adik begitu kuat, kenangan tentang ayahnya, dimana jika anting dan tarian api masih ia ingat, maka ia bisa menjadi lebih kuat.

dan dalam sekejap saja, efek jurusnya yang biasanya biru menjadi merah api menyala.

apalagi anime ini garapan studio Ufotable yang membuat ceritanya semakin hidup.


10.9 Pilar Pemburu Iblis



9 Pilar Kimetsu No Yaiba

 

untuk versi animenya sudah diperkenalkan tentang para anggota pilar pemburu iblis yang menjadi ujung tombak pemburu iblis.

dimana kemampuan mereka sangat hebat, dan fakta yang saya ketahui, mereka latihan hingga hampir mati dan muntah darah.

lalu mengapa jumlahnya cuma 9 saya belum ketahui, informasinya masih minim.


11.6 Bulan Iblis Atas dan 6 Bulan Iblis bawah



 

lain dengan kelompok terkuat di pihak protagonis, beda dengan kelompok antagonis terkuat di bawah kekuasaan Kibutsuji Muzan.

dimana 12 Iblis Bulan ia bentuk dan masih di bagi lagi menjadi 6 bulan atas dan bulan bawah.

dan seri animenya masih membahas tentang para iblis bulan bawah yang dituding lemah, dan di bagian inilah seakan mereka yang berada di peringkat iblis bulan bawah cuma jadi mainan bagi si muzan.

dan tentu kita masih penasaran dengan sosok 6 bulan atas, yang baca manganya tentu tau, tapi untuk yang nunggu animenya harap bersabar, movie nya bentar lagi tayang, dan season 2 nya kemungkinan akan segera tayang setelah versi movienya.

mengingat baik manga maupun animenya memang begitu populer.


12.pasukan tingkat 1 sampai 10



 

ini hanya dibahas secara singkat, tapi tak dijelaskan secara spesifik, dimana awal tanjirou dan kawan-kawan berada di level 10, namun setelah itu tak ada kabar mengenai level mereka, apakah naik atau masih tetap sama saja.


13.Tsuyuri Kanao



Tsuyuri Kanao

 

saking serunya cerita tentang anime ini, yang dari awal kisahnya tentang tanjirou dari pemula sampai menjadi pemburu iblis.

saya sampai lupa atau mungkin gak sadar kalau anime action ini kehilangan sesuatu yang membuat kurang, yaitu kehadiran heroine untuk jadi tandem si MC, atau lebih tepatnya dikatakan Couple.

lalu untuk yang berpendapat kalau Nezuko adalah heroine utamanya, mungkin saya berikan pencerahan dikit, lebih tepatnya si nezuko menjadi karakter kunci, dimana keberadaan nezuko menjadi motivasi utama tanjirou berjuang mati-matian.

lantas, apakah anime ini memang gak ada heroine nya.

saya sempat berpendapat demikian, namun semuanya berubah semenjak diperkenalkan nya sosok karakter gadis bernama Tsuyuri Kanao ( waduh karakter cewek ini kelewatan cantiknya ).

dimana kehadiran nya menjadi angin segar, dan penonton nya langsung setuju kalau Kanao Menjadi heroine nya, baik ketika menjadi pasangan dalam pertarungan dengan tanjirou, ataupun ke arah yang lebih serius terutama bagian romansanya.

apalagi dalam beberapa episode nya membahas kepribadian dan kilas balik tentang kanao juga diperlihatkan, dan tak lupa pula disertakan nya moment manis antara Kanao dan Tanjirou.

yang menjadi sesuatu tanda-tanda positif kalau seri ini mungkin mulai sedikit ke arah romance ketika di akhir episode ( saya yakin banyak yang pada mengharap sequel nya lebih ke arah romance walaupun dikit )


14.Warna Pedang Kedua Tanjirou



 

dan pembahasan terakhir, ketika pedang kedua tanjirou sudah jadi, entah mengapa episode terakhirnya tidak memperlihatkan ia memegang senjata untuk mengetahui warna pedang keduanya.

apakah masih tetap bewarna hitam atau akan berubah menjadi merah tua ( mungkin dari manganya memang ceritanya sudah demikian ).

tapi yang jelas, kita akan mengetahuinya nanti ketika versi movienya sudah tayang di layar lebar, apakah hitam kembali atau menjadi merah tua, hmm saya malah penasaran.


Kesimpulan



jadi, inilah sedikit pembahasan saya tentang anime berjudul kimetsu no yaiba, dimana mungkin ke depan nya artikel ini akan semakin tidak relevan, dimana semua misterinya akan terbongkar jika sudah mendapatkan versi sequelnya.

dan ini sekedar pendapat, jadi jika ada pendapat yang keliru mohon dimaklumi, ini cuma sekedar tulisan curhat mimin.

dan bagi teman-pembaca yang sudah baca manganya hingga chapter terbaru, sebaiknya dapat ditahan untuk tidak spoiler karena saya dan mungkin teman-pembaca lainya memang menunggu cerita dari versi animenya.

dan jika ada hal lain yang ingin teman-pembaca ceritakan seputar animenya, boleh sekiranya untuk tinggalkan komentar dibawah, Gratis pula . ^_^ .

Next

Related