Jumat, 05 Juni 2020

Review Anime Denpa Onna To Seishun Otoko - Romantis Komedi + Sekolah yang Anti-Mainstream


Review Anime Denpa Onna To Seishun Otoko


  Kamu harus tau, bahwasanya anime berjudul denpa onna to seishun otoko ini, termasuk anime yang sangat seru menurut saya pribadi, tanpa perlu alasan spesifik untuk menyukainya.

 karena di dalamnya terdapat hal-hal unik dan menarik, dan pembawaan ceritanya berbeda dari anime romantis komedi sekolah kebanyakan.

 yah bisa saya katakan kalau anime ini termasuk anti-mainstream

Sinopsis

 denpa onna to seishun otoko berkisah tentang Niwa Makoto, yang harus pindah bersama bibinya karena kedua orangtuanya pindah kerja keluar negeri.

 makoto akan memulai kehidupan remaja yang baru di kota alien, dengan berbagai fakta dan opini yang ada di dalamnya, tampaknya makoto tak terlalu sulit beradaptasi tinggal di kota baru, apalagi kehidupan nya akan didampingi sepupunya Touwa Erio yang tinggal serumah.

 Bagaimana dengan Ceritanya ?

 bermula ketika Niwa Makoto pindah dari rumahnya, seharusnya anime ini pada normalnya akan mengisahkan lebih dalam mengenai makoto dan segala hal mengenai kehidupan nya semenjak pindah.

 namun yang menarik, tampaknya anime ini memberikan peran kepada makoto niwa sebagai saksi atas apa yang terjadi di sekitarnya mulai dari rumor dan opini yang mengakut kota alien dan segala yang ada di dalamnya, hingga sesuatu yang berkaitan tentang Touwa erio sebagai pemikat utama seri anime denpa onna to seishun otoko.

 dimana apa yang terjadi selama ia menetap di kota alien, disaat masa sekolah SMA-nya. makoto niwa selalu menilai apa yang sudah terjadi dengan point, disini familiarnya disebut Point Remaja. dan semua point ini akan dikalkulasikan secara unik di setiap akhir episode.

 dan inti utamanya, kita yang menonton seakan diajak bereksplorasi mengenai kisah mereka yang terlibat di kota alien melalui sudut pandang yang dirasakan oleh makoto niwa.

lalu tambahan terakhir, dengan adanya beberapa hal menarik yang menyangkut suasana dan keadaan, saya yakin kamu akan merasakan point anti-mainstream yang dihadirkan di dalamnya.

  segala hal yang berkaitan dengan alien tampaknya akan banyak diangkat untuk menjadi tema cerita, terutama pembicaraan antara makoto dan touwa erio, dan kisah tema pembicaraan kehidupan sehari-hari lebih banyak diambil peran oleh karakter pendukungnya saat berbicara dengan makoto.

Denpa Onna To Seishun Otoko


 Bagaimana soal karakternya ?

 salah satu kekuatan utama seri ini karena diisi para karakter berpengaruh yang memiliki sifat unik hingga aneh.

 yah, lebih lanjut setiap karakter yang terlibat seakan diperjelas dengan karakteristik masing-masing, bagaimana aktivitas mereka keseharian, dan bagaimana karakter yang dimaksud bereaksi. saat kebersamaan nya dengan makoto niwa selaku sosok yang menilai dan sudut pandang karakter utama ini yang akan diperlihatkan kepada kita selaku penonton nya.

 penokohan setiap karakternya menurut saya oke, dan tidak terlalu berlebihan semacam ekspresi emosional, karena pada dasarnya anime ini hanyalah sekedar komedi romantis sekolah yang dipadukan dengan tema alien sebagai daya tariknya.

 Apakah Visual Grafisnya Bagus ?

 yah, menurut saya bagus diatas rata-rata anime ditahun yang sama, apalagi anime ini diadaptasi oleh studio shaft yang memiliki keunikan sendiri.

 seperti pose menoleh ke belakang moment yang sudah sangat familiar ( kalau kamu sebelumnya sudah nonton nisekoi atau monogatari series tentu akan paham dengan apa yang saya maksud ).

  lalu gaya sinematografi nya kental shaft banget, dengan visual kemilau gemerlapan dan pengambilan sudut pandang yang tidak biasa dan terkesan super menarik.

Denpa Onna To Seishun Otoko


 Sound Performance nya Apakah Seru ?

 - voice acting

 entah mengapa, saya dibuat senyum mulu ketika para karakter nya berdialog, yah ini tak terlepas dari pembicaraan yang hangat hingga obrolan yang tak penting justru mengundang senyuman tawa.

 hal ini tak terlepas dari pengaruh seiyuu performance yang diperankan dengan baik, saya yakin kamu nantinya akan setuju dengan saya soal ini.

 - theme song

 lagu pembuka berjudul Os-Uchuujin by Erio wo Kamatte-chan, tampaknya lagu ini menggambarkan betul suasana funny dalam ceritanya, ketika saya mendengar sendiri, seakan saya telah dibuat fun and happy, lagu yang cocok untuk didengarkan untuk kamu yang ingin senyum-senyum sendiri saat mendengarnya.

 lagu penutup berjudul Ruru by Etsuko Yakushimaru, lagu ini justru 180 derajat berbeda nuansanya dengan lagu pembukanya.

 dimana ED nya ini, terkesan kalem, tapi suasana konyol instrumen lagunya tetap terasa, dan ditambah penyanyinya membuat lagu ini tetap terasa fun and happy.

 - original sountrack/backsound

 ada satu sountrack nya yang menurut saya ikonik banget, tapi sayangnya saya cari di youtube gak ketemu, dan sountrack ini biasanya diputar ketika moment makoto berdialog dengan touwa meme. saya yakin nanti kalau kamu menonton nya akan tau sountrack yang saya maksud ini.

 lalu ada juga soundtrack yang cukup familiar, judulnya what is this sumaki.dan ternyata musik latar belakang ini ternyata mirip dengan sountrack yang ada di anime golden time.

 dan lebih greget lagi, ada satu soundtrack yang liriknya mirip dengan instrumen lagu iwak peyek yang dinyanyikan trio macan. ( kalau gak percaya tonton aja langsung ) namun sayangnya saya tak menemukan nya jadi gak tau judulnya.

 selain ketiga diatas, kebanyakan soundtrack nya bernuansa slice of life yang keren saat didengarkan.

 dam soundtrack inilah yang menjadi salah satu point utama saya menyukai anime ini.

 Penilaian

 + Plus

 - nilai remaja ala makoto tampaknya menarik
 - interaksi touwa x makoto soal alien menjadi daya tarik
 - dialog makoto x touwa meme tampaknya menjadi humoris
 - jajaran karakter lainya yang buat keren
 - grafis ala shaft yang memukau
 - performa seiyuu yang mantap
 - sountrack ikonik dan menjadi daya tarik
 - OP/ED nya terdengar funny

 - Minus

 - karena membicarakan tentang alien dan ufo, tampaknya hal ini tidak semua orang dapat memahaminya ( termasuk saya )
 - bagian akhir cerita mengejutkan dan meninggalkan banyak pertanyaan
 - endingnya gantung dan buat saya mengharap ada season 2 nya.

 - Overall Score

  karena banyak hal bagus di dalamnya, saya memberikan nilai 9/10. anime yang tidak dikenal banyak orang, padahal banyak hal seru di dalamnya.

 Penutup

 yup mungkin hanya ini saja yang dapat saya review dari anime denpa onna to seishun otoko, jika kamu ada pertanyaan atau sekedar mau curhat mengenai anime ini, maka jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, karena saya merasa senang saat membalasnya.  ^_^

Denpa Onna To Seishun Otoko

Next

Related