Rabu, 03 Juni 2020

Review Anime Mob Psycho 100 - Action Comedy disukai banyak orang


Review Anime Mob Psycho 100


  Untuk beberapa alasan, belakangan ini setelah rewatch beberapa judul anime yang buat ngangenin.

 Dan pada akhirnya saya mencoba nonton anime yang belum ditonton sebelumnya.

 Entah mengapa sepintas di kepala saya anime yang hendak saya tonton langsung tertuju pada mob psycho 100. Dimana seri ini juga termasuk populer karena seri manganya digarap oleh mangaka yang sama dengan one punch man. Dengan codename mangakanya yang dijuluki ONE.

Sinopsis

 Mob psycho 100 berkisah tentang kageyama shigeo, berkepribadian lugu dan banyak diam, cerita dimulai ketika shigeo mendapatkan tugas untuk mengusir roh jahat atas perintah Reigen Arataka. Dimana  shigeo pada dasarnya seorang esper yang berusaha menggunakan kekuatan nya di saat tertentu.

 Kisah berlanjut mengenai kehidupan shigeo antara sekolah dan pekerjaan sambilan nya sebagai pengusir roh jahat yang diketuai reigen dengan bayaran 300 yen setiap misi.

First Impression : diremehkan tapi kuat tersembunyi.

 Saya sempat mengira-ngira, apa yang membuat seri ini cukup digandrungi oleh penikmat anime, fakta membuktikan di MAL, baik manga maupun anime. Skor keduanya diatas 8.
 
 Opini saya pertama karena seri ini originalnya dikerjakan oleh mangaka ONE.

 Orang yang sama menggarap manga OPM, nama besar sang mangaka setidaknya akan memberikan dampak yang cukup signifikan untuk dipertimbangkan penggemarnya.

 Opini kedua karena desain karakternya, saya dan kamu pasti sama-sama setuju, ketika pertama kali melihat shigeo, otomatis akan mengingat saitama.

 Membahas lebih mengenai shigeo, tampaknya karakter ini merupakan kriteria MC yang saya suka, karena keadaan "diremehkan, tapi kuat tersembunyi" yang dialami shigeo.

 Yah diremehkan karena mungkin orang-orang hanya memandang fisik luarnya saja. Ia juga tidak jago disekolah, tidak memiliki fisik yang bagus, apalagi olahraga terkesan payah.

 Ada lemah, maka ada lebihnya, yah seorang kageyama shigeo merupakan esper . Namun ia telah diajarkan oleh orang terdekatnya untuk tidak menggunakan kekuatan nya sembarangan,kalau bukan untuk keperluan mendesak.

 Underrated yang super kuat, tampaknya anime ini memiliki daya tarik tersendiri.

Bagaimana dengan ceritanya ?

 Ini adalah opini ketiga saya, ceritanya memperlihatkan dengan baik bagaimana sisi kehidupan dunia lain yang mungkin tidak kita sadari bagi orang kebanyakan.

 Tapi bagi reigen dan shigeo . Dunia roh adalah sisi kehidupan lain yang menjadi keseharian.

 Kesan awal ceritanya saya dibuat fun and happy karena kesan humoris nya hadir begitu kuat.

 Cuma saya tidak menyangka saja, kalau anime ini akan lebih menekankan kepribadian kageyama shigeo dengan segala hal yang ada pada dirinya termasuk kekuatan espernya.

 Berbicara tentang esper, saya pikir mob psycho 100 akan lebih memfokuskan cerita ke pengusiran roh jahat ( seperti anime exorcist pada umumnya, namun pembawaan nya lebih ke comedy ).

 Tapi ternyata tren ceritanya bergeser tentang esper, dan antagonis dalam seri ini juga akan terlibat dengan protagonis melalui kekuatan supernatural. 

 Intinya, cerita bagian awal saya tertarik, tetapi memasuki pertengahan saya cukup menyayangkan pergeseran cerita ke hal lain diluar pengusiran roh.

 Anime ini juga akan menggambarkan bagaimana rasa amarah,iri hati, kekecewaan, senang hingga lucu disaat bersamaan.

 Tapi secara overall saya suka mob psycho 100. Anime ini dapat saja jadikan rekomendasi anime action - comedy unggulan.

Bagaimana soal Karakternya ?

 Bicara soal karakter, maka tak lepas dari shigeo.

 Ia tampak dihadirkan sebagai sosok yang dipandang lemah dan tidak bisa memahami situasi keadaan disekitar.

 Yah hal ini terjadi karena shigeo menahan emosional nya agar kekuatan yang ia miliki tetap dalam keadaan stabil.

 Lalu soal reigen arataka, bisa dipastikan orang satu ini menjadi pemicu utama yang membuat humoris nya terasa menggelitik . Selain itu beberapa teman sekelas shigeo juga memberikan sumbangsih soal comedy.

 Dan soal action, tampaknya yang jadi pemicu utama justru di pihak antagonis, dimana pihak shigeo dkk merupakan korban kerusuhan yang dibuat lawan.

 Oh iya, berbicara soal karakter, selain shigeo akan ada 2 karakter penting lainya yang akan mendapat pengembangan di kisahnya.

Apa saja point plus minusnya ?

+plus

  Saya suka anime ini karena sang narator ceritanya yang unik. Membahas cerita yang sedang berjalan saya kira bisa menjadi nilai lebih tersendiri.

 Lalu saya juga menyukai desain karakternya ya begitulah. Aneh tapi nyata. Secara pribadi saya suka karena hal ini menjadi nilai tambah karakteristik unik yang ada di mob psycho 100.

 Selain itu, saya juga suka dengan sountrack nya yang ciri khas banget. iringan lagu latar belakang dengan nuansa suara lagu jepang klasik yang oke punya.

 Tak lupa pula grafis anime ini bagus dan menyesuaikan apa yang ada dalam cerita. Yah walaupun saya sebenarnya sulit menjelaskan karena bukan ahlinya soal menilai grafis anime.

 - minus

 Soal desain karakter, sepertinya akan menjadi pedang bermata 2, karena tidak semua orang akan menyukainya.

 Lalu, entah mengapa untuk theme song nya, baik opening maupun ending. saya merasa B aja. Rasanya kurang greget, karena itu setiap op/ed episode saya skip. 

 Dan pergeseran cerita yang awalnya tentang pengusiran roh jahat, tampaknya hanya pembuka cerita saja untuk memasuki kisah sesungguhnya yaitu tentang esper.

 Walaupun diatas saya sudah katakan secara overall bagus. Mungkin pada titik inilah saya merasa kurang dan cukup disayangkan.

Jadi, anime ini cocoknya ditonton sama siapa ?

 Yes, cocok untuk kamu yang menyukai anime action comedy yang memiliki cerita khas.

 Apalagi supernatural di dalamnya akan memainkan peran dalam banyak hal.

 Dan cocok juga untuk kamu yang ingin nonton anime tanpa takut kebingungan alur ceritanya, karena dasarnya mob psycho 100 kisahnya mudah dipahami.

 Penutup

 Yup mungkin ini saja pendapat saya mengenai anime mob psycho 100, anime yang menurut saya universal untuk semua kalangan.

 Saya beri nilai 8/10 untuk anime satu ini. Seru dan menggelitik. Sulit dibuat tegang tapi ikut merasakan emosi yang dialami kageyama shigeo. ^_^ 

Mob Psycho 100
Owh  ^_^

Next

Related