Selasa, 30 Juni 2020

Review Anime MOVIE Uchiage Hanabi - " 1 hari Berusaha menyempurnakan kehidupan Ideal Bersamamu"


Review Anime MOVIE Uchiage Hanabi


  Memukau, mungkin kata inilah yang tepat untuk menjabarkan perasaan saya setelah nonton salah satu anime movie tahun 2017 kemarin yang terasa mengesankan.

 Dengan judul lengkapnya Uchiage Hanabi, Shita kara Miru ka? Yoko kara Miru ka?. Apa sih yang dapat disajikan oleh animasi jepang berdurasi 1 jam 30 menit ini ? .

 Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan nanti di bawah, kalau langsung saya jelaskan disini moment nya kurang pas.

 Oke jadi kita cerita awalnya dulu.pertama saat mimin menonton uchiage hanabi karena sebelumnya Author kita, Anmey21 pernah mengulasnya dan menjelaskan kalau anime movie ini cukup membingungkan ceritanya bagi dia.

 Dan setelah saya nonton hingga selesai, sepertinya penilaian dan sudut pandang saya berbeda alias bertolak belakang dengan apa yang sudah disampaikan oleh Anmey21, kamu bisa melihatnya DISINI untuk membandingkan review saya kali dengan versi yang dia buat.

 Dimana review yang dibuat Anmey21 akan mewakili penilaian sebagian besar orang sudah pernah nonton uchiage no hanabi.

 Lalu bagaimana dengan penilaian review kali ini ? Jujur saya katakan ini merupakan penilaian pribadi dimana secara garis besar saya sangat menyukainya. Jarang-jarang menemukan tontonan yang mampu menyita perhatian saya Dari awal hingga akhir. Dan biasanya saya gak pernah review ulang anime yang dibahas Anmey21 kecuali anime-anime tertentu. Uchiage hanabi termasuk salah satunya.

 Untuk lebih jelasnya kamu yang penasaran dan kebetulan belum nonton uchiage hanabi. Bisa membaca sinopsis singkat lalu dilanjut dengan penilaian ringkas agar kamu tau seperti apa sih perasaan mimin mengenai anime movie satu ini:

Sinopsis:


 Uchiage Hanabi, Shita kara Miru ka? Yoko kara Miru ka? Berkisah tentang shimada norimichi dan teman karibnya Azumi yuusuke serta beberapa teman lainya membuat janji Bersama-sama untuk melihat kembang api di musim panas dan buat taruhan mengenai bentuk kembang api bulat atau datar jika dilihat disatu sisi.

 Di hari yang sama keduanya membersihkan kolam renang, lalu norimichi dan yuusuke mencoba tanding renang tanpa disangka sosok gadis bernama Oikawa nazuna ikut pertandingan mereka berdua.

Pemenangnya ada Nazuna. Karena kemenangan nya ia mengajak yuusuke untuk melihat kembang api bersama, namun rencana tersebut hanyalah alasan nazuna untuk kabur dari rumah dengan yuusuke.

Tapi Kenyataanya yuusuke mengingkari janji tersebut dan mengecewakan norimichi karena mengabaikan gadis yang ia sukai. Ketika norimichi membatin "andaikan aku yang diajak Nazuna dari awal, tentu aku berusaha membawanya lari" dari sinilah ceritanya dimulai.

 First impression: cerita diawal tidak mendasar namun sangat mudah dipahami.


Ini menjadi salah satu point plus yang membuat saya mulai tertarik di detik-detik awal. Ketika anime sejenis membangun cerita dengan dasar semacam moment-moment scene yang memukau. Kata-kata karakternya yang terdengar puitis. Atau kilas balik masa lalu demi menghadirkan rasa penasaran yang membangun dasar cerita yang jelas.

 Justru uchiage hanabi memulainya dengan salah satu scene yang ada di pertengahan cerita selama beberapa detik lalu dimulailah tentang kehidupan norimichi berawal dari rumahya.

 Dengan aktivitas sang karakter utama layaknya seperti anak sekolah pada umumnya.

 Yang tak terlepas pembicaraan tentang anak remaja dan cewek.

 Membuat kita yang nonton dari awal menganggap anime movie ini tak jauh beda dengan anime school, slice of life dan romance pada umumnya. Namun perbedaan nya kesan movie kali ini lebih "kesana-kemari".

Semuanya bermula ketika Norimichi berkata "andaikan saja"


 Ini merupakan puncak penyesalan yang dialami oleh sang karakter utama dalam seri ini, hingga ia melakukan pengandaian jika awalnya ia diajak, maka mungkin saja kejadian nya tidak seperti ini.

 Yah, ini merupakan hal yang wajar karena kita yang hidup di dunia nyata kadang menyesalkan suatu hal, andai begini, andai begitu, mungkin kejadian nya akan lebih baik. dan berharap setiap waktu yang telah dijalani merupakan kehidupan yang ideal.

 Uchiage Hanabi memperlihatkan sosok Norimichi yang berusaha membuat 1 hari dalam kehidupan spesial nya yang berharga bersama Nazuna, Demi mewujudkan sehari yang ideal tersebut. Dengan cara membantu Nazuna berusaha kabur dari rumah ibunya karena suatu masalah.

1 kali kenyataan, 3 kali pengulangan


Uchiage Hanabi
 

 Dari keterangan diatas, saya sudah menjelaskan kalau diawal yang mendapat ajakan Nazuna untuk melihat kembang api bersama adalah Yuusuke, dan inilah kenyataan yang sesungguhnya, yang disesalkan oleh norimichi kenapa ia tidak pergi bersama nazuna tanpa alasan yang jelas.

 Dan waktu memutar balik kembali dari awal sebelum semuanya terjadi, namun kali ini Norimichi yang mendapatkan peran nya untuk pergi bersama dengan Nazuna, namun karena ia segan dengan Yuusuke, ia malah menutupi kenyataan yang ada, dan apa yang dia alami juga gak jauh berbeda dengan apa yang dialami yuusuke sebelumnya.

 Ketika Norimichi berusaha pasrah dengan apa yang terjadi, akhirnya ia menyadari kalau dunia pengulangan yang ia alami merupakan hal yang "tidak wajar", ia mencoba lagi mengubah kehidupan idealnya.

 Namun pengulangan kedua ini tidak dari awal, melainkan di bagian pertengahan ketika akar masalahnya dimulai, kalau di Game kita kenal dengan Checkpoint, jadi Norimichi berhasil mengubah kehidupan 1 hari spesialnya pada bagian awal.

 Namun pada bagian ini, petualangan mereka untuk berusaha kabur kian semakin Dramatis, baik dari orang-orang dari pihak nazuna dan pihak Norimichi sama-sama "saling mengejar" untuk mengetahui apa maksud mereka berdua yang merepotkan orang sekitarnya.

 Namun sekali lagi norimichi merasakan kehidupan idealnya tidaklah beres, namun ada peningkatan yah walaupun ujung-ujungnya tidak berjalan mulus.

 Dan bagian terakhir, ia pun menyempurnakan kehidupan spesialnya kembali ( dan checkpoint nya juga ), 1 hari yang sangat bermakna bersama, lagi-lagi ia menggeser sejarah dan mencoba memberikan yang terbaik untuk orang spesialnya sembari memberikan keterangan tentang apa yang sudah terjadi kepada Nazuna.

 Jika kamu menonton nya nanti, bagian inilah yang paling menghanyutkan nantinya dan dijamin menjadi moment yang tak terlupakan.

salah satu perkataan karakter nya yang kini menjadi pesan quotes nya ialah "saat kita bertemu lagi,kira-kira dunianya seperti apa ya, aku tidak sabar menantikan nya"

ending yang saya sukai, ditambah 1 menit terakhir penuh emosional


 Saya akui, untuk akhir dari anime ini bukanlah seperti anime pada umumnya yang biasanya antara bahagia atau kesedihan atau malah berakhir penderitaan.

 Gimana mimin jelaskan ya, bisa dikatakan Uchiage Hanabi mengeksekusi bagian akhirnya dengan "Open Ending" tergantung perasaan kita sendiri mau menganggap mereka seperti apa, mau bahagia atau kesedihan melanda di bagian akhir tergantung apa yang kita khayalkan sebagai saksi kisah mereka berdua. dan hal ini membuat end nya sebagai alternatif saja.

 Kalau kamu bertanya mengenai open ending Uchiage Hanabi versi saya, maka bisa dikatakan endingnya itu merupakan awal perjalanan baru mereka menuju masa depan baik suka maupun duka, karena apa yang terjadi ke depan nya itu masih menjadi misteri. secara keseluruhan saya menyukai end nya.

 Dan soal 1 menit terakhir sebelum movie ini selesai, ada sebuah moment yang gak bisa membuat saya berhenti habis pikir, dilihatkan sebuah scene yang dijamin kamu akan bertanya-tanya "bagaimana nasib mereka sekarang setelah apa yang sudah terjadi".

 Nah bagian 1 menit terakhir inilah yang penuh emosional dan begitu greget seakan penonton nya merasa digantungin dengan cerita beginian, tapi saya katakan kalau anime movie ini Open ending. Maka apa yang terjadi oleh Norimichi dan Nazuna di moment puncak itu, maka tergantung kita mau menilainya seperti apa, antara bahagia, sedih atau menderita semuanya kembali ke diri masing-masing.

Penutup


 Yup jadi mungkin sekian saja mengenai review anime movie dengan judul lengkap Uchiage Hanabi, Shita kara Miru ka? Yoko kara Miru ka?.  Salah satu anime epic dan menjadi kesukaan pribadi, tapi saya gak terlalu merekomendasikan nya untuk kamu karena takutnya kecewa gak sesuai ekspektasi dan kenyataan nya bertolak belakang dari pemikiran mu. Jadi bisa dikatakan Kadang selera saya dalam menonton anime itu aneh.

 Di MAL, uchiage no hanabi mendapatkan skor 6.5, menandakan anime movie ini memang secara umum kurang memuaskan, namun saya pribadi memberinya skor 8 dengan pertimbangan ceritanya yang sederhana diawal dan pengulangan waktu berkali-kali namun dapat dipahami secara keseluruhan hanya sekali menonton ( biasanya butuh berkali-kali nonton baru paham untuk anime tentang waktu dan ingatan ).

 Mungkin sifat main character cowok nya, banyak yang menganggapnya sebagai minus terbesar, namun saya beri dia nilai plus karena memberikan hal-hal positif untuk saya pribadi, dan heroine nya Nazuna tentunya Menjadi nilai plus yang tidak dapat saya pungkiri keadaan nya, yang membuat seri movie ini kian menarik.

bagian terakhir, uchiage no hanabi adalah anime school, romance, sci-fi/supernatural bertema musim panas yang dilema utamanya masalah cinta segitiga hingga masalah keluarga. setelah menonton  anime movie ini mimin jadi Teringat Nerawareta Gakuen

YUP cukup sekian dan semoga review ini sesuai ekspektasi yang kamu bayangkan. Terutama Bagi yang belum nonton.

 Dan 1 catatan, ini Bukan Spoiler loh. ^_^

 

Uchiage Hanabi

Next

Related