Senin, 20 Juli 2020

Review Anime Nagi No Asukara - dilema antara Romansa dan 2 ras manusia yang berbeda


Review Anime Nagi No Asukara


Oke, saat nya mereview nih, gimana yah jelasin nya, sebenarnya udah cukup lama saya sudah tidak buat ulasan/Review anime.

   Jadi rasanya terasa agak kaku, dan beberapa hari belakangan ini (ketika artikel ditulis), saya pribadi mulai aktif nonton anime setelah sebelum nya sudah jarang sekali.

   Tapi... Tapi ... Tapi ... Kabar buruk nya saya harus menurunkan kualitas tontonan video anime dari 480p menjadi 240p yang buat sakit mata karena ada pemangkasan pengeluaran ( alias kuota yang menipis ) yang kadang bikin feel nonton anime saya kadang down.

  Tapi terakhir ini, ada 1 anime yang saya tonton dengan kualitas rendah, Namun feel nya masih sangat terasa hingga sekarang, Bergenre utama Romance - Drama plus Fantasy supernatural yang luar biasa. 

 Anime original dari P.A Works yang tayang di musim Fall 2013

  YUP, saya yakin kamu sudah dapat menebak nya, Apalagi Kalau bukan Nagi No Asukara.

  Nah dalam kesempatan kali ini, daripada pusing mikirin adsense yang mengecewakan dan pusing 7 keliling nangani 2 blog.

   Maka saya putuskan Nge Review Nagi No Asukara saja, dan bisa saja menjadi dokumentasi yang berharga terutama saya sendiri dan kamu jika memang menyukai nya.

  Oke, cukup sekian basa-basinya Berikut ini adalah ulasan Nagi No Asukara yang saya rangkum secara ringkas dan singkat namun padat, He hehe. berikut di bawah ini lebih lengkapnya:

Sinopsis

  Nagi No Asukara berkisah tentang 2 kehidupan yang berbeda, dimana sekelompok manusia hidup di laut dan sebagian besar lainya tinggal di darat.

  Namun kelebihan  manusia yang tinggal di dasar laut bisa naik ke daratan dan menghirup udara seperti orang normal namun waktunya terbatas, beda cerita jika orang darat mustahil bisa tinggal di lautan.

   Cerita dimulai dari 4 sahabat sedari kecil yang tinggal di desa lautan , yaitu Sakishima Hikari, Mukaido Manaka, Chisaki Hidaira dan Kaname Isaki. 

  Keempatnya terpaksa mesti melanjutkan sekolah SMP nya ke sekolah daratan Mihama, karena sekolah mereka SMP namiji resmi ditutup.

  Kesan pertama keempatnya masih terasa canggung dengan rekan sekolah di darat karena begitu asing, namun ada 1 murid cowok dari daratan yang tertarik dengan segala hal yang berhubungan dengan laut, yaitu Tsumugu Kihara.

  Kehadiran sosok Tsumugu di dalam pertemanan mereka berempat mengubah segalanya secara perlahan menjadi kisah romansa yang yang begitu dilematis dan dramatis.

Nagi No Asukara, Anime original P.A Works yang luar biasa

Review Nagi No Asukara di Spirit anime ID
Lihat ??? aku dapat ikan yang besar !!!


  Kesan pertama saya nonton anime ini, hype saya sangat powerboost karena cerita anime sejenis ini memang saya kangenin akhir-akhir ini.

   Mengingat beberapa bulan belakangan fokus nonton anime action. 

  Dan sekali-kali ingin nonton anime romance drama dan tentunya romance yang epic banyak direkomendasikan orang-orang.

  Saya pribadi memang menyisihkan anime ini ditonton belakangan karena banyak yang membahas kalau ceritanya berbelit dan  bikin nyesek.

  Namun ternyata romansanya tidak serumit apa yang saya bayangkan, termasuk simple namun eksekusi ceritanya luar biasa sekali.

  Simple karena isi hati jajaran para karakter utama yang dijelaskan secara terperinci, ada sebab dan akibat mengapa mereka bisa jatuh hati dengan sosok orang yang dikaguminya.

  Dan luar biasa kata saya karena alur cerita sejatinya sulit ketebak dan banyak memberikan kejutan-kejutan tak terduga di dalam kisahnya.

  Belum lagi perubahan cerita yang kadang berubah secara drastis dan begitu kritis terutama di bagian pertengahan cerita dan klimaks sampai moment ending yang tak terlupakan.

  Belum lagi dimuat unsur gabungan Romance - Drama yang epic, dan fantasy - supernatural yang memuluskan jalan cerita hingga potensi kisahya dapat dikembangkan.

  Anime Original satu ini benar-benar menggebrak pasar anime yang ceritanya relatif sedang (menurut saya) namun banyak dipadukan hal-hal tak terduga hingga menjadikan Nagi No Asukara merupakan anime dengan karya yang luar biasa.

dilema antara Romansa dan 2 ras manusia yang berbeda

 Oke, saya mau menyinggung judul topik dari ulasan anime ini, saya tidak menyangka kalau nagi no asukara akan mengaitkan unsur romantis dengan unsur Fantasy (khayalan) mengenai 2 kelompok manusia yang 1 tinggal di darat dan yang 1 nya lagi tinggal di laut.

  Saya pikir anime ini akan di dominasi romantis dan unsur school yang kuat. ternyata perkiraan ini salah, kalau dilihat sekilas mirip dengan Inari kon kon koi  iroha.

  Kenapa demikian ??? karena unsur romantis nya sama-sama menyinggung unsur kebudayaan dan unsur spiritual/religius yang kuat.

   Nagi No Asukara punya pondasi cerita sejenis ini yang saya yakin kamu akan menyukainya jika nonton anime ini jika mempertimbangkan unsur slice of life - supernatural dalam cerita.

  Drama nya bukan hanya soal romance, namun lebih dari itu, terutama perseteruan antara ras darat dan laut yang bersikukuh dan sikap saling egois mereka berujung menjadi bencana.

  Namun disisi lain, ketika salah satu ras kesulitan , maka ras satunya lagi pada akhirnya merasa kesulitan pula, hal ini menandakan pada dasarnya kehidupan ras darat dan laut tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling membutuhkan.

  (ingat pelajaran sains biologi dulu. mengenai hubungan saling menguntungkan yaitu simbiosis mutualisme).

  Ketika merasa kesulitan dan kehidupan berada dalam bayang-bayang terancam, namun disitu pula muncul kekuatan saling bekerja sama untuk membuat perubahan dan harapan kehidupan kearah positif, hal ini mempererat hubungan kedua ras yang sebelumnya saling bersikap egois.

 Ringan, mirip dengan anime romance - drama lainya, namun punya ciri khas paling beda

  Oh iya karena berunsur romance - drama, Nagi no asukara mirip dengan ano hana, ano natsu de matteru, atau kokoro connect yang sedikit menyajikan unsur komedi namun serius dalam hal dilema cinta yang dialami beberapa orang yang berkaitan.

  Namun yang cukup menarik, karakter utama Nagi no asukara masih pada SMP, namun rasa romansanya sudah umuran SMA/mahasiswa. hmm menarik bukan ???.

 Ini juga menjadi salah satu daya tariknya, kisah anak smp, yang dasarnya umuran segini (14 tahunan) masih labil banget soal percintaan, dan emosional nya tentu belum terkendali.

  Namun ajibnya, cerita yang disampaikan untuk para penonton nya gak murahan ,karena begitu dramatis.

   Air mata  dimana-mana, para karakter utama mampu mempertahankan rasa di dalam hatinya dalam-dalam. Dan menyembunyikan perasaan nya juga dalam-dalam.

  Nagi no asukara dengan cerita rasa anak smp namun penyajian romansa nya penuh dengan "Cinta Sejati" yang dialami para karakter utama.

Kisahnya seperti Visual Novel

 Haha, sayangnya anime ini story nya original, namun  perasaan saya menganggap nagi no asukara cocok juga diadaptasi menjadi visual novel. ( yah walaupun saya sendiri tidak pernah menyentuh Visual Novel ).

  Mungkin ada beberapa kamu tidak setuju mengenai ini, mengingat Visual novel itu si MC harem dan karakter utama cowok nya tunggal.

  Namun rute demi rute di nagi no asukara sepintas mirip dengan visual novel/ anime adaptasi VN seperti Clannad atau Kanon.

  26 episode di dalam ceritanya tidak memaksa, dan moment tiap menit hingga tiap detiknya bagi saya begitu bermakna.

  Belum lagi anime ini dilihat dari sudut manapun juga terasa nuansa kekeluargaan di dalamnya.

Story cepat berubahnya kian liar dan tak terduga

Review Nagi No Asukara di Spirit anime ID
Cour kedua + Time skip mengubah segalanya


  Inilah yang saya rasakan pas nonton beberapa waktu lalu.

   Cerita sulit ditebak, kadang masih fokus unsur kebudayaan secara tak terduga diiringi kisah romansa. dan kadang drama di 3/4 cerita fokus ke supernatural - fantasy dan di bagian akhir fokus lagi ke romance - drama.

 Sesekali kadang fokus kehidupan darat, namun gak lama kemudian kembali fokus ke kehidupan laut.

  Kadang nuansa pertemanan kuat, kadang perbedaan 2 ras diperlihatkan, dan kadang moment kebersamaan dan saling membantu menjadi fokus cerita.

   Namun tentu hampir semua sendi cerita tak lepas dari hal-hal yang berbau romantis.

  Ceritanya memang benar-benar dioptimalkan , terutama di pertengahan cerita yang kisahnya seperi "banting setir mendadak" yang membuat alur cerita nya berubah menyebabkan tragedi memilukan yang menjadikan fenomena "time skip"
  
  Time skip ini nantinya memang buat saya tidak habis pikir dan nyesek gimana gitu, namun disisi lain time skip ini memang menjadi moment peluang diantara beberapa karakter lainya untuk saling mendekatkan.

   Karena ruang lingkup perbedaan yang kian mengecil dan dulunya beberapa karakter yang saya maksud. 

 Hanya dibelakang bayang-bayang yang sulit atau mustahil menggapai orang yang disukai nya.

   Namun karena tragedi tersebut . hal yang tak mungkin bisa menjadi mungkin.

  Yang dulunya mereka dibawah, kini mereka layak sejajar dengan sosok orang yang dikaguminya (hayoo yang nonton tentu tau nih).

Musik yang membuat pendengarnya ikut berdendang


Review Anime Nagi No Asukara
the best lah chara satu ini

  Oke, untuk soal ini saya lemah, karena nonton nagi no asukara memang hampir semua scene OP/ED nya si skip demi menghemat waktu.

  Namun saya coba play untuk dapat feel nya.

  OP1 nya berjudul lull ~Soshite Bokura wa~  by Ray (eps 1-13) lagu ringan dengan nuansa slice of life yang mampu mengajak saya berdendang di pinggir pantai di cuaca yang begitu cerah

 Lalu beda lagi dengan ED1 nya yang berjudul Aqua Terrarium  by Nagi Yanagi. 

 Dimana nuansanya seperti saya Mendengar lagu yang merdu di dasar lautan yang begitu dalam sembari membawa beban hati yang terasa sendu, lagi yang cocok dengan anime bertema lautan dan pantai.

  Beda lagi feel nya dengan OP 2 nya yang berjudul ebb and flow by Ray.

  Lagu ini bernostalgia banget dengan anime nya, yah ini ada hubungan fenomena "time skip" yang ada si dalam ceritanya.

  Dan OP keduanya ini memang kuat nuansa romance dan drama nya.

  Lalu ED 2 nya berjudul Mitsuba no Musubime  by Nagi Yanagi.

    Lagi-lagi musik yang bernuansa lautan/pantai, namun telinga saya merasakan feel nya di sore hari di saat matahari tenggelam yang begitu indah dengan cuaca yang begitu indah dan tak terlupakan.

Grafis yang memukau

Review Nagi No Asukara di Spirit anime ID


Review Nagi No Asukara di Spirit anime ID
Ini desa Laut ? Seriusan ???

 Yah walaupun sekarang standar  kualitas anime yang saya tonton menurun ( ketika artikel ini ditulis tahun 2018 ) namun saya pernah nyoba episode 01 nya dengan 480p dan terlihat memukau.

  Dimana kontras nya anime ini terlihat cerah, walaupun di dalam lautan, seakan lautan ini daratan. dan daratan sendiri tampil begitu klasik, hampir jarang desa pinggiran pantai tersebut bernuansa khas jepang, kecuali di beberapa bagian.

  Dan memang moment-moment yang membuat grafis nya amazing banyak dimuat moment berada di lautan, dimana grafis meningkat ketika unsur fantasy - supernatural nya diperlihatkan.

Penutup

Oke, well mungkin review ini sangat ambigu bagi kamu yang belum nonton, namun beda ceritanya bagi yang sudah nonton, karena mungkin saja tulisan diatas terasa logis/ masuk akal dan cocok dengan argument kamu yang kebetulan sudah nonton.

  Dan review dengan style begini jauh lebih enjoyable saya tulis, karena memuat emosional dan dekskripsi cerita secara kasat mata (maksudnya secara rancu alias ambigu).

  Alasan lainya mungkin demi menekan resiko SPOILER yang membunuh feel kamu untuk nonton anime diatas.

  Yah tulisan ini cuma buat manas-manasin doang kok, lebih lengkapnya silahkan kamu tonton anime nya secara langsung.

  Apakah perkataan saya diatas cocok dengan logika/feel yang dirasakan kamu waktu nonton anime nagi no asukara ???

  So, berikan pendapat dan komentarnya dibawah, mana tau ada hal-hal yang sama dengan argumen/logika saya hehe.

  Jika kamu ingin membaca review mengenai nagi no asukara yang jauh lebih bagus, saya recommended simak ulasan nagi no asukara di lunatic moe.

  Oke, cukup sekian review untuk anime Nagi No Asukara, nantikan review anime terupdate lainya ^_^.


Review Nagi No Asukara di Spirit anime ID

Next

Related