Senin, 10 Agustus 2020

Apa Itu Anime BD ? Maka Inilah Penjelasan Nya


Apa Itu Anime BD ? Maka Inilah Penjelasan Nya


 Kalau kamu mencari kata kunci "apa itu anime BD" di Google, tentu akan banyak sekali artrikel yang menjelaskan mengenai format anime satu ini.


 Dan saya tidak yakin, jika nantinya artikel ini bisa menduduki halaman pertama pencarian dengan kata kunci diatas.


 Jadi artikel ini kesan nya hanya sebagai tambahan saja dari saya, karena isi pembahasan nya juga gak jauh berbeda dengan artikel lain.


 Oke kembali ke topik, jadi kamu sebagai seorang dowloaders/Streamers anime sejati pasti setidaknya sekali pernah mengetahui singkatan ini.


 Apa sih itu anime BD ? lalu apa bedanya dengan anime yang biasa kita tunggu perilisan nya ketika on go ing.


 Oke semuanya akan kamu dapatkan jawaban nya disini, langsung saja kita ke TKP langsung :


 Apa Itu Anime BD ?


 Singkatan dari BD ialah Blu ray Disc, Jadi anime BD adalah anime yang file nya disimpan dalam kepingan CD, dan satu paket CD ini akan dijual secara komersial.


 Jadi, selain ditayangkan secara on air oleh stasiun tv tertentu, anime yang dirilis tersebut nantinya juga memiliki produk komersial yang dijual ke publik.


 Justru penjualan anime BD adalah pemasukan utama perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.


 Dimana pada dasarnya anime adalah sebuah karya produk hiburan digital yang mesti dibuat bisnis, karena pembuatan anime itu tidaklah murah.


 Dari sumber informasi yang saya ketahui, sebuah survei di tahun 2010 ( seingat saya ) . 1 episode anime saja bisa menghabiskan hingga 10 - 20 milyar rupiah.


 Jadi sudah jelas yah, kalau membuat anime itu tidak murah dan mudah.


 Dan anime versi tv series yang ditayangkan di stasiun tv juga tidak gratis, biasanya pihak stasiun tv membayar lisensi penayangan anime yang baru dirilis.


 Soal lisensi, paling umum dipegang wewenang nya oleh para produser/distributor.


 Studio anime hanyalah membuat anime dari 0 sampai selesai, tapi dalam beberapa kasus ada juga studio anime yang juga selaku sebagai pemegang licencor / produser.


 Jadi tayangnya sebuah anime tv series / movie itu tidak sembarangan yah. Ada pihak yang memegang izin. Kalau diputar secara komersial tanpa izin bisa terkena hukuman pidana/perdata karena melanggar hak cipta.


 Oke kita kembali ke anime BD, setelah kita tau pentingnya anime BD sebagai produk komersial utama perusahaan/produser untuk meraih untung, tentu harganya tidaklah murah.


 Dimana contohnya Saya cek di amazon, rata-rata anime BD satu paket harganya diatas 15 dolar.


 Lain lagi dengan anime BD jika diberikan paket Bundling dengan berbagai isi bukan cuma sekedar kaset CD, tentu harganya jauh lebih mahal.


 Jadi dari sini kita sudah dapat menarik kesimpulan, mengapa pembajakan anime masih marak, ya karena harga satu paket anime BD full season itu mahal banget.


 Meskipun kini telah ada Website streaming anime legal yang berbayar seperti Crunchroll, Animelab, Funimation, Netflix dan lainya.


 Tapi tetap saja pembajakan masih marak, karena streming legal premium pun memiliki kelemahan yakni jumlah judulnya yang terbatas.


 Pembahasan lanjut tentang Anime BD


 Setelah pembahasan melebar kesana-kemari, mari kita fokus ke anime BD lagi, jadi umumnya 1 keping anime BD itu isinya rata-rata 3 episode, dan anime movie full time dimuat dalam satu keping.


 Karena anime BD ini berbayar dan harganya mahal, tentu banyak kelebihan yang diberikan oleh pembelinya dibandingkan dengan anime versi on air yang tayang di stasiun TV.


 Karena itu, mari kita bahas secara tuntas apa saja sih kelebihan anime BD daripada anime TV on air :


 1.Resolusi Video yang lebih besar, menurut saya standar minimal sudah full HD, dan ada juga beberapa anime BD terbaru sudah tersedia 4K.


 2.Grafis Video lebih bagus dan lebih bagus, karena pada dasarnya anime yang tayang di TV belum maksimal, dan disempurnakan dalam anime BD.


 3.Suara atau audio Video lebih bagus, kasusnya sama seperti nomor 2.


 4.Bebas sensor, atau lebih tepatnya para penggemar anime menyebutnya "Sinar Dewa"


 5.Revisi scene atau ada penambahan adegan yang lebih baik.


 6.Terkadang, terdapat Bonus episode atau adegan scene yang tidak ada di anime biasa.


 7. Durasi lebih panjang, hal ini berlaku jika point nomor 6 ada di dalamnya.


 8. Sedikit iklan, bahkan beberapa anime tanpa iklan sama sekali, dimana pada anime TV series iklan akan muncul di opening atau ending episode anime.


 Catatan Tambahan:


  Tapi sayangnya tidak sedikit para penggemar anime masih salah paham mengenai anime BD, dimana pada umumnya definisi anime BD terdapat di point 4, yaitu bebas sinar dewa.


 Padahal masih ada kelebihan lainya yang bukan cuma sekedar hilangnya sinar dewa, yang sukses menjadi penghalang penonton untuk melihat ... itu .


 Lalu biasanya pihak perusahaan lisensor anime akan mematok target penjualan dari anime BD, untuk menghitung kalkulasi keuntungan.


 Apabila penjualan nya jauh dari target, dapat dipastikan perusahaan merugi karena anime yang mereka produksi tidak laku di pasaran.


 Namun apabila produk anime BD mereka penjualan nya melebihi target, barulah meraih keuntungan. Apalagi jika anime yang mereka danai itu laris manis di pasaran dan popularitas nya tinggi.


 Tentu bukanlah hal yang sulit bagi pihak produser untuk membuat rencana mengadaptasi anime season selanjutnya.


 Jadi dapat ditarik kesimpulan, semakin laris sebuah anime. Maka peluangya untuk mendapatkan sequel semakin besar. tapi ada juga sih anime yang laris di pasaran, penjualan BD nya menguntungkan. Tapi tetap tidak mendapatkan sequel lanjutan.


 Penutup


 YUP, mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan untuk kamu mengenai anime BD, alasan dirilisnya anime BD, dan apa saja kelebihan anime BD dibandingkan dengan anime biasa.


 Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat untuk kamu simak penjelasan nya, jika tidak keberatan, silahkan berkomentar jika ada pembahasan anime BD lebih lanjut. Atau memberikan kritik kepada saya jika ada informasi tambahan atau yang berbeda.  ^_^ .

Next

Related