Senin, 14 September 2020

1 Hal Yang Membuat Koe No Katachi Terasa Gaje


Koe No Katachi


 Dulu ketika menonton perdana koe no katachi, saya berusaha untuk datang ke bioskop sekitar mei 2017 lalu. ketika koe No katachi dibawa tayang di layar lebar indonesia.

 Dengan kedatangan yang hampir terlambat dari jadwal pemutaran film nya, saya harap usaha keras saya dapat balasan setimpal dengan first impression nya.

  Tapi anime movie berjudul koe no katachi ini seakan memberikan kesan yang sangat unik dan tidak tau harus berkata apa, karena kesan pertama nya itu terkesan "Gaje".

 Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang 1 hal yang membuat Koe No Katachi terasa gaje menurut saya pribadi.

 Langsung to the point, hal Gaje tersebut adalah :

 Music Opening nya

 Antara salah dengar atau merasa berhalusinasi, saya dibuat sontak kaget ketika lagu ini diputar di detik-detik awal. Saya merasa lagu yang dipilih sebagai openingnya ini Out Of Topic banget.

 Alasan utamanya, lirik lagu, irama dan nyanyian vokalis nya ini tidak menggambarkan suasana anime movie Koe No Katachi sedikit pun.

 Bagi anime lovers yang tidak hanya sekedar menonton anime saja, tentu sudah terbiasa mendengarkan lagu opening/Ending nya dan membandingkan nya dengan jalan ceritanya.

 Lalu mencari garis persamaan nya agar memiliki kesan yang menyambung antara lagu pembuka dan cerita animenya.

  Dalam kasus seperti ini, tentu ada sebagian anime yang OP/ED nya itu tidak nyambung instrumen dan nyanyian nya dengan cerita anime yang dimaksud sesuai dengan penilaian masing-masing.

 Yah tentunya ini sekiranya dapat dimaklumi, karena memilih lagu pembuka dan penutup pada sebuah anime itu bukanlah hal mudah, tentu ada tahapan proses, syarat dan ketentuan penggunaan lagu untuk dijadikan OP/ED.

 Tapi untuk kasus opening nya Koe No Katachi ini saya tidak memberikan ampun, karena "Out Of Topic" nya itu keterlaluan banget.

  Ditambah lagi koe no katachi tayang perdana di jepang tidak berselisih jauh dengan Kimi No Na Wa.

  Dimana saat itu dirumorkan kalau koe no katachi akan menyaingi kesuksesan kimi no na wa.

 Terutama rumor seperti ini di indonesia cukup santer terdengar ( di kala itu ). dan terbukti di MAL kedua skor film anime jepang ini memang tidak berselisih jauh.

 soal cerita, kedua movie ini memiliki ciri khas, kekurangan dan kelebihan masing-masing. tapi keduanya sukses menjadi anime movie populer yang menjadi bahan pembicaraan cukup lama ( dikala itu ).

 Namun bagi pecinta OP,ED, insert sound dan soundtrack seperti saya, yang menjadi nilai tambah tolak ukur sebuah anime. Tentunya Opening koe no katachi ini merupakan sebuah "kecacatan" yang  disayangkan pada sebuah anime movie populer.

 Sedangkan kimi no na wa, soal music lebih unggul karena menggandeng RADWIMPS dimana statusnya band lokal yang tidak terkenal. Tetapi semenjak kimi no na wa tayang dan populer, band satu ini juga naik daun.

 Dan lagu yang dibawakan RADWIMPS untuk OP, ED dan insert song kimi no na wa juga keren-keren. mampu menyatu alunan lagu dengan cerita anime nya.

 Memberikan kesan yang paling dalam dan mampu dihayati oleh hati, contoh nya adalah lagu radwimps yang berjudul sparkle yang sangat saya sukai, lagu ini dijadikan insert song dalam moment mendebarkan dan klimaks cerita kimi no nawa.

 Oke kita kembali ke inti pembahasan, jadi untuk menjadi anime yang keren dan menyenangkan versi saya pribadi, maka faktor musik juga menjadi bagian penting yang cukup kritis.

 Karena lagu-lagu yang dipilih di sebuah anime, akan menggambarkan sebuah feel bagaimana isi cerita animenya.

 Maka keduanya harus memiliki sebuah garis persamaan agar mampu beresonansi dengan baik, antara lagu dan animenya. intinya lagu dan animenya harus nyambung.

 Oke, pembahasan sudah selesai. yang awalnya ingin buat tulisan pendek, akibat dibawa perasaan jadi panjang juga.

 Dan saya yakin kamu penasaran, lalu bergumam dalam hati "judul lagu OP Koe No Katachi apaan sih, dari tadi gak disebutin".

 Yes sengaja saya tahan hingga akhir artikel ini. Jadi Judul OP nya adalah My Generation by The Who.

  Jadi kesan saya mendengar lagu ini itu antara lucu tertawa dan merasa gak habis pikir, kenapa gak nyambung nya bisa sejauh ini. dan di bawah ini adalah cuplikan OP koe no katachi.


 Tapi walau demikian, A Silent Voice ini kekurangan besar dalam music nya dapat sedikit tertutupi oleh ED nya yang berjudul Koi wo Shita no wa by aiko. Dimana lagu ini cukup jelas menggambarkan suasana diri dan hati sosok nishimiya shouko, intinya lagu penutup nya mampu mewakili perasaan sang heroine kita ini, dan sudah saya muat video nya dibawah.

 
Oke mungkin itu saja edisi Coretan anime kali ini, semoga artikel ekstra yang jelasnya gak bakal dicari orang ini dapat menjadi bahan bacaan Menarik dan untuk orang yang lagi Gaje sedang mencari bacaan ekstra. ^_^

Next

Related