Senin, 28 September 2020

60 Istilah-Istilah Yang Ada Di Dalam Dunia Anime


Istilah-Istilah Yang Ada Di Dalam Dunia Anime


 Mengingat masih banyak para anime lovers yang belum tau beberapa bahasa istilah yang sering terdengar dan terlihat di dalam dunia anime, maka dalam kesempatan kali ini saya menyusun  artikel mengenai istilah-istilah yang ada di dalam anime.


 Dan akan saya berikan beberapa contohnya ( jika memungkinkan saya ketahui ). saya yakin kamu memerlukan panduan artikel ini agar memahami makna arti dari sebuah istilah tersebut:


 Oke langsung saja, yang pertama dimulai dari :


01.Anime


 Dimulai dari dasar, kata Anime sendiri untuk mendeskripsikan animasi khusus dari jepang


02.BATCH


 Istilah ini populer dikalangan para downloader anime tipe satu paket komplit, biasanya sepaket anime berupa 1 season penuh ( 12 atau 24 episode ) yang dijadikan satu file compress dengan format zip dan yang populer format rar.


 Dan tentunya team BATCH merupakan orang-orang terpilih yang menahan godaan anime on go ing untuk menunggu tamat, agar puas nonton 1 season dalam satu waktu.


 Dan file BATCH ini juga memudahkan dalam hal untuk mengumpulkan/mengoleksi anime-anime lama.


03.BD


 Singkatan BD adalah Blu-ray Disc, dimana ini merupakan anime versi komersial yang dijual dengan kepingan CD, dimana pada umumnya 1 Volume/CD berisi 3 episode anime BD. untuk anime movie satu keping CD berisi full durasi.


 Dan tentunya versi BD hadir lebih baik daripada anime versi TV airing nya ( kalau ada kesempatan akan saya jelaskan di artikel terpisah )


04.Brocon


  Cinta adik kandung terhadap kakaknya sendiri, baik laki-laki atau perempuan. contoh anime seperti ini ialah Oreimo.


05.Chara


 Sebutan untuk para karakter pemeran yang ada di dalam anime/manga ( biasanya sebutan chara ini populer di anime )


06.Chibi


  Bahasa jepang dengan arti orang pendek atau anak kecil, populer di manga atau anime. Contohnya adalah Nendou Riki yang memanggil Kaidou Shun dengan Julukan "Chibi" di anime saiki kusuo no psi nan.


  Dan Juga Chibi memiliki makna lain, yaitu anime dengan proporsi kepala lebih besar dari bentuk tubuhnya, dan hampir mirip dengan SD ( super deformed ), umumnya anime chibi dibuat untuk joke. contohnya adalah Isekai Quartet.


07.Comiket


 Merupakan Comic Market pameran atau Book Fair yang diadakan di jepang setahun 2 kali, Event ini tentu saja dipenuhi oleh para Otaku bau bawang yang berburu doujin. fanart, galge, visual novel, light novel, dan segala hal yang masih berkaitan dengan anime dan manga.


 Contoh dari Comiket yang paling saya ingat ada di anime Oreimo dan Saenai Heroine No Sodatekata.


08.Cosplay


 Meniru karakter anime yang dimaksud, mulai dari pakaian,penampilan fisik, dan sifatnya mirip dengan yang ditiru.


09.Crossover


 Sebuah seri anime dimana para karakternya merupakan gabungan dari 2 seri atau lebih anime yang sudah ada sebelumnya.


 Contoh anime seperti ini adalah Isekai Quartet.


10.Doujinshi


 Membuat cerita karangan sendiri dengan karakter anime atau manga yang sudah ada atau populer.


11.Ecchi


 Sebutan untuk genre anime dengan muatan erotis di dalamnya, bisa dikatakan kalau anime genre seperti ini merupakan anime vulgar namun batasan nya tidak sampai ke tahap seksual.


 Contoh anime populer dari genre ini adalah Kiss X Sis dan Prison School.


12.Ero


 Sebutan untuk Orang Mesum, contoh besarnya adalah Jiraiya, hingga naruto menyebutnya "Ero Sennin"


13.Eroge


 Singkatan dari kata Erotic Game ( ???????? erochikku gemu? ) Ero-Ga adalah game komputer yang mengandung unsur erotika, dibuat dengan gaya visual seperti anime.


 Yah bisa dikatakan eroge merupakan Visual Novel yang bergenre Ecchi gitu ( bisa jadi isinya H )


14.Figure


 Miniatur patung dari character anime, bisa dikatakan figure merupakan rupa bentuk 3D dari chara favorit di sebuah anime.


15.Fanservice


 Scene atau tragedi di dalam anime yang yang sebenarnya tidak ada hubungan nya dengan cerita dari anime itu sendiri. dan tujuan dibuatkan nya fanservice adalah untuk kepuasan pemirsa/fans.


 Biasanya fanservice identik dengan adegan vulgar/ecchi, padahal makna sebenarnya jauh lebih luas.


16.Fanart


 Karya gambar karakter anime yang dimaksud dari buatan fans, biasanya terinspirasi dari anime/manga favorit masing-masing.


17.Fanfic


 Atau juga disebut fanfiction, adalah alur cerita/plot karangan murni atau modifikasi dari fans, yang sumber penokohan karakternya diambil dari chara anime/manga yang sudah ada.


18.Fujoshi


 Julukan untuk cewek yang suka anime/manga isi ceritanya tentang yaoi


19.Fundashi


Julukan untuk cowok yang suka anime/manga isi ceritanya tentang yaoi


20.Galge


 Pada dasarnya galge ini mirip dengan visual novel karena sama-sama game simulator yang menggunakan alur cerita di dalamnya.


 Namun galge berkembang khusus untuk game tentang simulator berkencan, contoh galge yang terdapat di anime adalah game yang selalu dimainkan Katsuragi Keima ( TWGOK ) dan game yang dimainkan Kirino Kousaka ( Oreimo ).


21.Gore


 Termasuk sub genre horror, dimana Gore merupakan genre yang fokus pada adegan penyiksaan hingga kesadisan membunuh, juga yang paling familiar dari anime gore adalah adegan darah dimana-mana.


22.Harem


 Secara awam, harem merupakan salah satu genre anime, dimana biasanya MC cowok dikelilingi para heroine wanita dalam kehidupan nya, atau sebaliknya heroine cewek dikelilingi para cowok di sekitarnya.


 Namun jika kamu mencari istilah Harem secara professional, maka bisa kunjungi disini.


23.Heroine


 Heroine adalah perempuan atau gadis yang menjadi lawan Tandem dari karakter utama ( Main Character ) itu sendiri, biasanya istilah Heroine ini lebih populer di dalam anime romance, dimana heroine yang dimaksud menjadi tujuan romansa si MC, atau kalau di anime action sang heroine menjadi motivasi utamanya, dan heroine menjadi pasangan duet couple si MC.


24.Hentai


  Genre anime yang lebih Vulgar dan lebih parah dari sekedar Ecchi, dimana hentai merupakan anime yang ada adegan "anu" nya ( hubungan seksual ).


25.Hikkikomori


 Merupakan Nolep ( No life ) tingkat akut kronis karena orang-orang yang mengidap hikikimori merupakan orang yang menarik atau mengasingkan diri dari lingkungan luar serta kehidupan sosialnya.


  Lebih memilih mengurung diri di dalam kamar dan sibuk dengan hobinya sepanjang hari, minggu, bulan, bahkan tahun mereka habiskan di dalam rumah.


 Dimana umumnya Hikikimori merupakan penyakit yang dialami oleh remaja yang ada di jepang.


  Contoh yang ada di dalam anime adalah Sakamoto Ryouta dari anime BTOOOM! , dimana ia  menghabiskan waktu di dalam rumah hanya untuk bermain game.


26.Husbando


 Tokoh MC/ karakter cowok laki-laki yang umumnya mereka tampan dan berani alias macho yang disukai anime lovers/otaku cewek, sesuai namanya, husbando diambil dari nama husband = suami, istilah kebalikan dari waifu.


27.Isekai


 Dengan arti "dunia lain" merupakan subgenre dari LN, VN, manga, anime, hingga Video Game yang ada di jepang, dimana dimensi dunia dalam ceritanya berada diluar kehidupan dunia nyata.


 Pada awalnya isekai termasuk ke dalam genre fantasy, namun karena perkembangan anime, manga, hingga video game yang menggunakan unsur fantasy semakin luas . maka pemahaman isekai pun kini juga berkembang luas.


28.LN ( Light Novel )


 Novel ringan buatan jepang, secara awam LN ini lebih banyak teks untuk menjelaskan ceritanya, dan gambar hanya tampil sesekali terutama pada permulaan chapter.


 Tentu berbalik dengan manga yang justru lebih banyak gambar daripada teks.


 Contoh light novel yang populer adalah sakurasou no pet na kanojo, hataraku maou sama, saekano dan konosuba.


29.Loli


 Julukan untuk orang ( biasanya perempuan ) yang sudah tua, namun memiliki postur tubuh yang mungil, contohnya dewi hestia dari anime Danmachi dan guru Tsukuyomi Komoe dari anime Toaru Majutsu No Index.


 Namun salah kaprah nya, kini istilah loli telah berkembang luas menjadi anak kecil dan mungil dengan wajah moe-moe.


30.Lolicon


 Pecinta anak kecil dengan tubuh mungil dengan wajah moe-moe, mungkin tingkat lolicon terparah setingkat dengan Pedofil.


31.Maid


 Sesuai namanya, Maid adalah seorang pembantu/pelayan rumah. di dalam anime sendiri peran maid cukup luas dimana pakaian ciri khas nya bewarna hitam putih dengan setelan khas ala pembantu.


32.Manga


 Karya fiksi bergambar yang memiliki alur cerita, penamaan Manga ini khusus untuk komik yang berasal dari jepang.


33.Mangaka


 Orang atau kreator asli yang membuat manga/komik dari jepang


34.MC


  singkatan untuk Main Character / karakter utama dalam sebuah cerita anime atau manga.


35.Meganeko


 Julukan untuk karakter perempuan bermata empat / menggunakan kacamata, contohnya adalah Mirai Kuriyama dari anime Kyoukai No Kanata.


36.Mecha


 Sebuah sub genre dari Sci-Fi ( Science Fiction ), dimana mecha umumnya merupakan anime bertema robot tempur, contohnya gundam series dan Code Geass.


37.MOE


 Sebutan untuk seorang perempuan dengan penampilan cantik dan imut dan tentunya masih polos ( umumnya anak perempuan yang belum remaja ).


 tapi arti moe kini telah bergeser pengartian nya menjadi cewek cantik dan imut, tidak peduli masih anak-anak atau remaja.


 contoh moe yang umum diketahui orang ialah pada karakter perempuan anime karya kyoto animation ( hyouka, k-on, kyoukai no kanata dll ).


38.Neet


 (Not Employment, Education, or Training) Istilah sederhananya merupakan seseorang yang pengangguran di dalam rumah tidak punya pekerjaan atau tidak dalam mengenyam pendidikan, yah mereka mengurung diri dalam jangka waktu yang cukup lama.


 Sudah cukup umur tetapi menarik diri dari dunia luar dan bermasyarakat, hal ini membuat para Neet anti-sosial.


 Istilahnya mirip dengan Hikikomori, sebuah penyakit seorang anak remaja yang buruk, karena menjadi beban keluarga.


 contohnya adalah Sakamoto Ryouta dari anime BTOOOM! dan Katsuragi Keima dari anime TWGOK. 


39.Nekomimi


 perempuan dengan ciri khas kucing, mulai dari telinga hingga ekor. Nekomimi hadir di beberapa genre fiksi anime dan manga jepang.


 Contohnya ada Itou Yuuto ( disini contohnya adalah cowok ) dari anime 3D Kanojo Real Girl. karena ia dijuluki "Nekomimi" oleh teman sekolahnya.


40.Nijikon


 Orang yang terobsesi bahkan sampai mencintai karakter 2D kesukaan mereka, baik Anime, manga, game sampai Visual Novel.


 Dimana orang-orang seperti ini sudah tidak dapat membedakan lagi mana yang sekedar fiksi dan mana realitas yang sebenarnya.


 Bahkan di jepang ada juga para pria yang menikahi karakter 2D yang dicintai nya.


41.Otaku


  Bahasa jepang yang ditujukan untuk orang-orang yang menekuni hobinya betul-betul dengan serius, mereka banyak menghabiskan waktu untuk sekedar menekuni hobinya.


  Sebenarnya cakupan istilah otaku itu luas, yaitu segala hal hobi yang ditekuni dengan serius disebut otaku, namun istilah otaku kini kesan nya menjadi sempit. terlebih di luar jepang ( terutama indonesia ).


 Dimana kata otaku untuk menyebut para maniak pecinta Anime, game dan manga.


42.OTP


singkatan dari One True Pairing, yaitu pasangan yang dipilih oleh penggemarnya masing-masing karena merasa cocok disandingkan dan dipasangkan.


 Jadi OTP adalah sebuah pendapat yang mengarah ke usaha menjodohkan pasangan antara si MC dengan heroine utama, atau si MC dengan heroine kedua, hingga MC dengan karakter yang lain.


 Contoh simpelnya adalah kubu OTP raku X onodera dan kubu OTP raku X chitoge dari anime Nisekoi.


 dimana pada masanya dulu, kedua kubu ini saling civil war dengan hebohnya. ( ah jadi kangen masa lalu ^_^ ) .


43.OAD


 Singkatan dari Original Animation DVD, format nya hampir sama dengan OVA dalam bentuk DVD terpisah dari DVD series nya.

 

  Dan biasanya dirilis di waktu delay anime tersebut ketika menunggu sequelnya. Dengan tujuan untuk mengetahui minat para fans penonton nya.


44.OVA


  Singkatan dari Original Video Animation, umumnya dirilis muncul di akhir episode atau juga di awal episode.


 OVA biasanya menceritakan lanjutan dari suatu episode anime ( dimana umumnya antara 1 sampai 5 episode ).


 Ceritanya sendiri relatif, kadang masih terkait dengan cerita utamanya, dan ada pula OVA yang ceritanya melenceng jauh untuk memberikan sebuah cerita ekstra.


 Yang jelas OVA tidak diambil ceritanya dari sumber asli cerita utama.


 Biasanya dirilis di masa delay anime menunggu sequelnya, untuk menjadi tolak ukur studio apakah anime tersebut masih banyak peminatnya atau tidak.


45.Raw


  Sesuai Namanya, RAW artinya mentah. Dimana pada umumnya para pembajak Anime dan Manga memerlukan file RAW ini yang menjadi file utamanya untuk diolah.

 Untuk anime, file raw nya tidak ada teks subtitle dari negara masing-masing, karena itu disinilah peran penting para fansub untuk menerjemahkan dan memberi subtitle bahasa inggris. Dan umumnya dari bahasa inggris baru diterjemahkan fansub lokal menjadi subtitle indonesia.

 Dimana kalau File RAW manga berupa manga hasil scan dan masih bahasa jepang, lalu Fansub menghapus dan mengganti bahasa jepang yang ada di Fukidashi ( Kolom balon teks pada manga ) menjadi bahasa di negara masing-masing fansub.


46.Reverse Harem


 Kebalikan dari Harem, dimana sang cewek umumnya jadi karakter utama, dan ia akan dikelilingi oleh karakter para cowok ( umumnya ikemen semua ) dan anime ini biasanya juga merupakan anime shoujo.


 Contohnya adalah Saiunkoku Monogatari.


47.Reverse Isekai


 Kebalikan dari Isekai, dimana para karakter nya dari dunia lain justru terlempar ke dalam dunia nyata, terutama jepang modern.


 Contohnya adalah Hataraku Maou Sama! dan Re:Creators.


48.Reverse Trap


 Kebalikan dari Trap, dimana karakter ini merupakan perempuan, namun tindakan dan penampilan nya seperti laki-laki, atau juga perasaan karakter tersebut merupakan laki-laki.


  Contohnya adalah Kusunoki Yukimura dari anime Boku Wa Tomodachi Ga Sukunai.


49.SD


 Saya pikir dulu ini merupakan singkatan Sekolah Dasar, ternyata singkatan dari Super Deformed. dimana gambar karakter digambar lebih kecil dari seri utamanya, namun proporsi tubuhnya tetap tampil pas.


 Contohnya adalah Naruto SD, Shingeki! Kyojin Chuugakkou dan Isekai Quartet.


50.San-Jigen


 Sebutan para otaku kepada manusia normal ( 3 dimensi )


51.Seiyuu


 Sebutan untuk seseorang yang bekerja sebagai pengisi suara di jepang, umumnya mereka mengisi suara untuk anime.


52.Siscon


 Seorang lelaki yang menyukai/mencintai adiknya perempuan kandung, adik perempuan tiri, adik perempuan sepupu hingga keponakan perempuan nya sendiri ( jika istilah ini salah mohon kritik nya di kolom komentar ).


53.Shotacon


 Kebalikan dari dari siscon, dimana perempuan remaja hingga dewasa yang menyukai/mencintai adik laki-laki kandung, adik laki-laki tiri, adik sepupu laki-laki hingga keponakan laki-laki.


54.Tankoubon


 Istilah dalam bahasa jepang untuk menyebut terbitan manga dalam bentuk monograf.


  Umumnya manga di jepang dirilis per chapter bervariasi, mulai edisi mingguan hingga bulanan. Dan per chapter manga ini akan digabungkan dengan manga dari seri judul lain dijadikan kumpulan kompilasi manga dalam satu jilid buku.


 Setelah chapter per chapter mulai terkumpul beberapa seri ( dan manga tersebut semakin populer ), barulah pihak penerbit manga mencetak ulang manga dalam bentuk Volume ( 1 jilid manga yang berisi beberapa chapter ).


 Contohnya adalah Weekly shounen jump.


55.Tokusatsu


 Tokusatsu adalah istilah dalam bahasa jepang untuk efek spesial dan sering kali digunakan untuk menyebut film sci-fi/fantasi/horor.


 Contohnya adalah Kamen rider, Godzila dan Ultraman.


56.Trap


 Sesuai artinya, trap artinya jebakan, di dalam anime dan manga, trap adalah karakter jebakan yang kita kira seorang perempuan, ternyata adalah lelaki yang penampilan nya mirip dengan perempuan.


 Contohnya adalah Argyle Felix dari anime Re zero kara hajimaru isekai seikatsu.


57.VN ( Visual Novel )


 disebut juga dengan sound novel, adalah adalah jenis permainan interaksi fiksi, umumnya dirilis untuk game PC, dan sebagian kecil juga dirilis dalam konsol seperti psp.


 Contohnya adalah Visual Novel dari KEY.


58.Waifu


 bahasa jepang untuk kata Wife/istri, dimana umumnya penyuka anime memiliki karakter perempuan waifu nya masing-masing yang ia cintai. mulai dari waifu abadi hingga waifu musiman.



59.Wibu/Weibo/Weaboo


 Sebutan untuk orang-orang diluar jepang yang kecintaan nya sangat tinggi kepada negeri sakura tersebut.


 Dimana semua aspek kehidupan ( budaya, bahasa, etika, hiburan digital dll ) terlihat jelas penuh unsur jejepangan, dan para wibu ini  mati-matian mengidolakan jepang dan ia menganggap jepang adalah yang paling terbaik.


 Orang-orang seperti ini di indonesia sering kita dengar dengan "wibu bau bawang" .


60.Yuri


 Yuri adalah perasaan suka dan cinta kepada sesama wanita ( pengertian awam nya adalah lesbi ).


 Umumnya anime yuri ini memperlihatkan bagaimana sosok seorang perempuan yang menyukai perempuan lain, tapi tak sampai ke adegan vulgar.


 Penutup


 YUP, mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berisi istilah dalam anime maupun manga.


 Jika kamu punya istilah lain yang belum tertulis diatas, silahkan beritahu saya melalui kolom komentar agar saya tambahkan di lain kesempatan.


 Terima kasih sudah menyimaknya dari awal hingga akhir, semoga artikel ini bermanfaat.  ^_^

Next

Next
This Is The Current Newest Page

Related